PENERAPAN TERAPI MENULIS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN REMAJA KORBAN BULLYING
Kata Kunci   :kecemasan, remaja korban bullying, terapi menulis
ABSTRAK Penerapan Terapi Menulis terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Korban Bullying Slamet Raharjo1 , Nurul Aktifah2 Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Proses pertumbuhan dan perkembangan remaja kerap mendapat berbagai masalah seperti bullying. Bullying mengakibatkan kecemasan yang berdampak terhadap terhambatnya potensi diri dan terganggunya kehidupan sehari-hari remaja. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan adalah menulis. Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui penerepan terapi menulis terhadap tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Desain pada penulisan karya tulis ilmiah ini berupa studi kasus dengan subyek studi dua responden yang mengalami kecemasan akibat perilaku bullying. Hasil analisa perbedaan tingkat kecemasan setelah diberikan terapi menulis selama delapan kali pertemuan dalam satu minggu menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan diukur menggunaakan skala kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Kesimpulannya adalah penerapan terapi menulis dapat menurunkan tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Saran bagi perawat hendaknya dapat menjadikan terapi menulis sebagai intervensi dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap remaja yang mengalami kecemasanakibat bullying. Kata kunci : kecemasan, remaja korban bullying, terapi menulis
ABSTRAK Penerapan Terapi Menulis terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Korban Bullying Slamet Raharjo1 , Nurul Aktifah2 Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Proses pertumbuhan dan perkembangan remaja kerap mendapat berbagai masalah seperti bullying. Bullying mengakibatkan kecemasan yang berdampak terhadap terhambatnya potensi diri dan terganggunya kehidupan sehari-hari remaja. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan adalah menulis. Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui penerepan terapi menulis terhadap tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Desain pada penulisan karya tulis ilmiah ini berupa studi kasus dengan subyek studi dua responden yang mengalami kecemasan akibat perilaku bullying. Hasil analisa perbedaan tingkat kecemasan setelah diberikan terapi menulis selama delapan kali pertemuan dalam satu minggu menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan diukur menggunaakan skala kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Kesimpulannya adalah penerapan terapi menulis dapat menurunkan tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Saran bagi perawat hendaknya dapat menjadikan terapi menulis sebagai intervensi dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap remaja yang mengalami kecemasanakibat bullying. Kata kunci : kecemasan, remaja korban bullying, terapi menulis
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2021 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |