PENERAPAN TERAPI MENULIS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN REMAJA KORBAN BULLYING
Pengarang : Slamet Raharjo, Nurul Aktifah, Mokhamad Arif
Kata Kunci   :kecemasan, remaja korban bullying, terapi menulis
ABSTRAK
Penerapan Terapi Menulis terhadap Tingkat Kecemasan
Remaja Korban Bullying
Slamet Raharjo1
, Nurul Aktifah2
Program Studi Diploma Tiga Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Proses pertumbuhan dan perkembangan remaja kerap mendapat berbagai masalah
seperti bullying. Bullying mengakibatkan kecemasan yang berdampak terhadap
terhambatnya potensi diri dan terganggunya kehidupan sehari-hari remaja. Salah satu
metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan adalah menulis.
Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui penerepan terapi menulis
terhadap tingkat kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Desain pada
penulisan karya tulis ilmiah ini berupa studi kasus dengan subyek studi dua
responden yang mengalami kecemasan akibat perilaku bullying. Hasil analisa
perbedaan tingkat kecemasan setelah diberikan terapi menulis selama delapan kali
pertemuan dalam satu minggu menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan
diukur menggunaakan skala kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS).
Kesimpulannya adalah penerapan terapi menulis dapat menurunkan tingkat
kecemasan pada remaja yang menjadi korban bullying. Saran bagi perawat hendaknya
dapat menjadikan terapi menulis sebagai intervensi dalam memberikan asuhan
keperawatan terhadap remaja yang mengalami kecemasanakibat bullying.
Kata kunci : kecemasan, remaja korban bullying, terapi menulis
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2021 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |