Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Literature Review : Studi Deskriptif Kompetensi Dan Kepuasan Kerja Petugas Pelayanan Pre-Hospital Emergency
Pengarang : Anisa Afrilya Ningsih, Benny Arief Sulistyanto
Kata Kunci   :kompetensi; kepuasan kerja; prehospital emergency; EMS; EMT

Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Juli, 2020 ABSTRAK Anisa Afrilya Ningsih1, Benny Arief Sulistyanto, MSN2 “Literature Review : Studi Deskriptif Kompetensi Dan Kepuasan Kerja Petugas Pelayanan Pre-Hospital Emergency” Latar Belakang:Kebutuhan penanganan kegawatdaruratan pra-rumah sakit (pre-hospital emergency) di seluruh dunia semakin meningkat.Masyarakat menghadapi situasi serius/gawat darurat dan resiko cedera serta dapat mengancam jiwa kapanpun dan dimanapun.Maka dari itu petugas pemberi pelayanan pre-hospital diharapkan dapat memberikan pelayanan yang kompeten dalam penanganan kegawatdaruratan di area pre-hospital.Pekerjaan pemberi pelayanan pre-hospital merupakan suatu pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang besar. Kekhawatiran terhadap resiko pekerjaan tersebut akan membuat proses bekerja terhambat dan mempengaruhi kepuasan kerja pada petugas.Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kompetensi dan kepuasan kerja petugas pelayanan pre-hospital emergency dari berbagai referensi.Metode:Penulisan artikel ini menggunakan penelusuran literatur melalui database online yaitu PubMed,Garuda (Garba Rujukan Digital),dan Google Scholar.Literatur diberi batasan dari tahun 2010 – 2020.Hasil:Tiga dari empat artikel menggambarkan kompetensi petugas pelayanan pre-hospital emergency kurang pada tindakan prosedur invansif, memberikan obat, dan mengalokasikan pasien sesuai kategori tiage,imobilisasi tulang belakang,pembidaian,dan pemeriksaan kepala.Empat artikel menggambarkan petugas pelayanan pre-hospital emergency memiliki tingkat kepuasan kerja sedang.Kesimpulan:Dari penelitian ini kompetensi petugas pelayanan pre-hospital emergency memiliki kompetensi yang baik dan kurang di beberapa tindakan dan memiliki tingkat kepuasan kerja sedang,maka dari itu perlu adanya peningkatan pengetahuan yang berkala dan mempertimbangan berabagai faktor sehigga dapat meningkatkan kompetensi dan kepuasan kerja petugas. Kata kunci: kompetensi; kepuasan kerja; prehospital emergency; EMS; EMT Daftar Pustaka : 30 referensi
NASKAH PUBLIKASI
Referensi
-

Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia