Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Perawatan dan Perbaikan Sistem Mekanisme Katup Pada Mesin Isuzu
Pengarang : Arief Rizki, Khoirul Anam, Towija
Kata Kunci   :Isuzu 4JB1, mekanisme katup, perawatan mesin, perbaikan, diesel.

PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM MEKANISME KATUP PADA MESIN DAIHATSU ESPASS PICK UP
Arief Rizki1 *, Khoirul Anam1, T TowiJaya1
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhamadiyah Pekajangan Pekalongan Jl.Pahlawan No.10 Gejlig-Kec.Kajen,Kab.Pekalongan
*Email:ariefrizki088@Gemail.com
ABSTRAK

Mesin Isuzu dikenal luas akan keandalannya dan sering digunakan pada kendaraan komersial dan industri. Sistem katup pada mesin ini dirancang untuk menghasilkan kinerja yang tahan lama dan efisien. Namun, perawatan rutin dan perbaikan berkala tetap diperlukan untuk mempertahankan kinerja mesin yang optimal. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi dan prosedur perawatan serta perbaikan pada mekanisme katup mesin Isuzu 4JB1 yang banyak digunakan pada kendaraan niaga ringan. Mesin ini dikenal memiliki keandalan dan efisiensi tinggi, namun tetap memerlukan perawatan berkala untuk menjaga performa optimal. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan mekanik, studi literatur, dan proses identifikasi kerusakan di bengkel praktik. Proses pembongkaran dan perakitan dilakukan secara sistematis untuk menganalisis komponen utama sistem katup, seperti camshaft, rocker arm, push rod, pegas katup, serta katup itu sendiri.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa beberapa kerusakan umum yang ditemukan meliputi keausan bosh katup, celah katup tidak sesuai standar, hingga tekanan kompresi rendah akibat dudukan katup bocor. Perawatan preventif seperti penyetelan celah katup dan penggantian komponen aus terbukti efektif dalam mencegah kerusakan lebih lanjut. Sementara itu, perawatan kuratif diperlukan untuk memperbaiki gangguan yang sudah terjadi guna mengembalikan fungsi sistem katup. Kesimpulannya, perawatan dan perbaikan mekanisme katup yang tepat dapat meningkatkan performa mesin, mengurangi konsumsi bahan bakar, dan memperpanjang umur pakai mesin.

Kata kunci: Isuzu 4JB1, mekanisme katup, perawatan mesin, perbaikan, diesel.

NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Dietsche, K.-H. (2014). History of the diesel engine. https://doi.org/10.1007/978-3-658-03972-1_2

Firmansyah, Firmansyah, Akhmad Pujiono, and Arif Feriansah. 2019. “Analisa Dan Cara Mengatasi Gangguan Mekanisme Katup Pada Mesin Diesel Mitshubishi Ps 100.” Surya Teknika 3(1): 25–33.

Heywood, J. B. (1988). Internal Combustion Engine Fundamentals. McGraw Hill.

Pulkrabek, W. W. (2014). Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine (2nd ed.). Pearson Education

Retainer Valve.http://www.kowlooncn.com/id/valve-retainercolletcf33-diesel engine-parts/)

Saifurrijal. 2009. “Analisis Mekanisme Katup, Trouble Shooting Dan Variasi Celah Katup Masuk Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Isuzu C190.”

Shimokawa, K. (2003). Honda, an Independent Global Automobile Company, Out of the ‘Four Million Units Club.’ https://doi.org/10.1057/9780230554818_7

https://www.johanmekanik.com/2022/02/

https://otomotif.kompas.com//prinsip-kerja-motor-diesel-4-langkah/

https://henduino.github.io

 

https://parts.cat.com/in/catcorp/222-3907

                                                                       

https://www.suzuki.co.id

 

https://www.otospeedcar.com


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia