Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Kepuasan Pelayanan dengan Motivasi Pasien Melakukan Kunjungan Ulang Program Pengelolaan Penyakit Kronis Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni 1 Kabupaten Pekalongan


Pengarang : Pratiwi Indriani, Irnawati


Kata Kunci   :Kepuasan, Motivasi, Hipertensi, Diabetes Melitus

Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Univesitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Juli, 2020 ABSTRAK Pratiwi Indriani, Irnawati Hubungan Kepuasan Pelayanan dengan Motivasi Pasien Melakukan Kunjungan Ulang Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni 1 Xiii, 6 bab, 90 halaman, 7 tabel , 1 skema, 11 lampiran Hipertensi merupakan penyakit yang dapat memicu masalah kesehatan yang serius jika tidak terdeteksi lebih dini menyebabkan komplikasi yang berbahaya seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal ginjal sehingga dibutuhkan upaya dalam mencegah dan mengontrol terjadinya komplikasi hipertensi. Diabetes mellitus adalah penyakit kronis progresif yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk melakukan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, mengarah ke hiperglikemia (kadar glukosa darah tinggi).Penelitian ini mendeskripsikan hubungan kepuasan pelayanan dengan motivasi melakukan kunjungan ulang program pengelolaan penyakit kronis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni I. Desain penelitian ini menggunakan deskritif korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan dan motivasi pasien. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan kepuasan pelayanan dengan motivasi melakukan kunjungan ulang program pengelolaan penyakit kronis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni I p value 0,032. Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan kepuasan kurang sebanyak 23 responden (47,9%) dan kepuasan baik sebanyak 25 responden (52,1%), motivasi melakukan kunjungan ulang sebanyak 19 responden (60%) memiliki motivasi kurang dan sebanyak 29 responden (60,4%) memiliki motivasi baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi profesi keperawatan untuk menerapkan atau mengimplementasikan serta menginformasikan mengenai kepuasan pelayanan dengan motivasi melakukan kunjungan ulang program pengelolaan penyakit kronis. Kata kunci : Kepuasan , Motivasi , Hipertensi, Diabetes Mellitus Pustaka : 45 daftar pustaka, 32 buku, 13 jurnal

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia