Hubungan Kepuasan Pelayanan dengan Motivasi Pasien Melakukan Kunjungan Ulang Program Pengelolaan Penyakit Kronis Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni 1 Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Pratiwi Indriani, Irnawati
Kata Kunci   :Kepuasan, Motivasi, Hipertensi, Diabetes Melitus
Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Univesitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Juli, 2020
ABSTRAK
Pratiwi Indriani, Irnawati
Hubungan Kepuasan Pelayanan dengan Motivasi Pasien Melakukan Kunjungan Ulang Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni 1
Xiii, 6 bab, 90 halaman, 7 tabel , 1 skema, 11 lampiran
Hipertensi merupakan penyakit yang dapat memicu masalah kesehatan yang serius jika tidak terdeteksi lebih dini menyebabkan komplikasi yang berbahaya seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal ginjal sehingga dibutuhkan upaya dalam mencegah dan mengontrol terjadinya komplikasi hipertensi. Diabetes mellitus adalah penyakit kronis progresif yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk melakukan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, mengarah ke hiperglikemia (kadar glukosa darah tinggi).Penelitian ini mendeskripsikan hubungan kepuasan pelayanan dengan motivasi melakukan kunjungan ulang program pengelolaan penyakit kronis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni I. Desain penelitian ini menggunakan deskritif korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan dan motivasi pasien. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan kepuasan pelayanan dengan motivasi melakukan kunjungan ulang program pengelolaan penyakit kronis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwuni I p value 0,032. Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan kepuasan kurang sebanyak 23 responden (47,9%) dan kepuasan baik sebanyak 25 responden (52,1%), motivasi melakukan kunjungan ulang sebanyak 19 responden (60%) memiliki motivasi kurang dan sebanyak 29 responden (60,4%) memiliki motivasi baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi profesi keperawatan untuk menerapkan atau mengimplementasikan serta menginformasikan mengenai kepuasan pelayanan dengan motivasi melakukan kunjungan ulang program pengelolaan penyakit kronis.
Kata kunci : Kepuasan , Motivasi , Hipertensi, Diabetes Mellitus
Pustaka : 45 daftar pustaka, 32 buku, 13 jurnal
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2020 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |