Pendahuluan: Media sosial merupakan suatu wadah untuk melakukan aktivitas sosial seperti komunikasi, berbagi foto atau video, dan mencari sebuah informasi. Media sosial memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif media sosial seperti memberikan akses informasi yang cepat dan mudah. Dampak negatif media sosial seperti adiksi terhadap media sosial dan dapat meningkatkan perilaku bullying.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan pendekatan cross-sectional dan sampel sebanyak 267 siswa di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner OBVQ untuk perilaku bullying dan kuesioner BSMAS untuk penggunaan media sosial. Analisis univariat pada data numerik menggunakan nilai mean, median, dan modus. Sedangkan data kategorik menggunakan distribusi frekuensi. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji korelasi spearman rank.
Hasil: Sebanyak 1 responden (0,4%) teridentifikasi adiksi tinggi dan hanya pelaku, 9 responden (3,4%) teridentifikasi adiksi ringan dan hanya korban, 19 responden (7,1%) teridentifikasi adiksi sedang dan hanya korban, 3 responden (1,1%) teridentifikasi adiksi tinggi dan hanya korban, 25 responden (9,4%) teridentifikasi adiksi ringan dan merupakan keduanya, 156 responden (58,4%) teridentifikasi adiksi sedang dan merupakan keduanya, 45 responden (16,9%) teridentifikasi adiksi tinggi dan merupakan keduanya, 8 responden (3,0%) teridentifikasi adiksi sedang dan bukan keduanya, 1 responden (0,4%) teridentifikasi adiksi tinggi dan bukan keduanya. Di mana nilai ρ value = 0,073.
Simpulan: Tidak ada hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku bullying di SMP Salafiyah Kota Pekalongan.
Rekomendasi: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi SMP Salafiyah Kota Pekalongan dalam penanganan adiksi media sosial dan pencegahan perilaku bullying.
Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Perilaku Bullying, Remaja
Daftar Pustaka: 55 (2012-2024)
Adikara, G. J., Muhfizaturrahmah, & Wardani, S. (2021). Remaja cakap digital “Panduan menjadi generasi z lihai bermedia digital.” Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Amelia, T. (2022). Kiat-kiat mengatasi gangguan media sosial pada remaja. UI Publishing.
Ananta, A., & Suhadianto. (2021). Buku saku anti bullying “Stop bully.” Untag Surabaya Press.
Andreassen, C. S., Billieux, J., Griffiths, M. D., Kuss, D. J., Demetrovics, Z., Mazzoni, E., & Pallesen, S. (2016). The relationship between addictive use of social media and video games and symtoms of psychiatric disorders: A large-scale cross-sectional study. Psychology of addictive behaviours: journal of the society of psychologist in addictive behaviours, Volume 30(No 2).
Andreassen, C. S., Brunborg, G. S., Torsheim, T., & Pallesen, S. (2012). Development of a Facebook addiction scale. Psychological Report.
Anwar, A., Salam, R., & Lahmuddin. (2024). Efek penggunaan media sosial terhadap perilaku komunikasi remaja. As-Syar’?: Jurnal Bimbingan dan Konseling Keluarga, Volume 6(No.3).
Aslan, I. (2020). Academic studies in social, human and administrative sciences-II. Gece Kitapl???.
Budhi, S. (2016). Kill bullying?: Hentikan kekerasan di sekolah. CV Penerbit Artikata.
Budiman, A., & Asriyadi, F. (2021). Perilaku bullying pada remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. CV. Pena Persada.
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah. (2024, Juli 15). Jumlah anak (usia 0-18 tahun) korban kekerasan per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2022-2023. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyNiMy/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
Ere, H., Haskas, Y., & Yusnaeni. (2024). Hubungan lingkungan sekolah dengan perilaku bullying di kalangan pelajar SMP Negeri 12 Makasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, Volume 4(No. 2).
Fahham, A. M. (2024). Kekerasan pada anak di satuan pendidikan.
Fatwa, A. A. S. (2023). Stop bullying! Panduan Islam mencegah perilaku bullying berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pustaka Syahrul Fatwa.
Gonçalves, F. G., Peixoto, B. N., Heldt, E., Rodrigues, G. A., Filipetto, M., & Guimarães, L. S. P. (2016). Construct validity and reliability of olweus bully/victim questionnaire– Brazilian version. Psicologia: Reflexão e Crítica.
Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., & Mahayana, D. (2020). Adiksi media sosial dan gadget bagi pengguna internet di Indonesia. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, Volume 14(No. 1).
Hamdanah, & Surawan. (2022). Remaja dan dinamika; Tinjauan psikologi dan pendidikan. K Media.
Hapsari, A. (2019). Buku ajar reproduksi: Modul kesehatan reproduksi remaja. Wineka Media.
Harahap, A. S., Nabila, S., Sahyati, D., Tindaon, M., & Batubara, A. (2024). Pengaruh media sosial terhadap perilaku etika remaja di era digital. Indonesian Culture and Religion, Volume 1(No.2).
Hasgimianti, Habibah, S., Alfiah, & Purnama. Deccu Berlian. (2022). Tingkat adiksi penggunaan media sosial remaja?: Studi deskriptif. Educational Guidance and Counseling Development Jounal , Volume 5(No.2).
Hidayat, A. A. A. (2018). Metodologi penelitian keperawatan dan kesehatan. Penerbit Salemba Medika.
Jannah, M., Alfiandi, R., & Novitayani, S. (2023). The correlation between social media addiction and fear of missing out among nursing students. Jurnal Ilmu Keperawatan, Volume 11(No 2).
Kasanah, S. U., Rosyadi, Z., Punggeti, R. N., Arifin, F., Yasin, M., Nurlaeli, Mansyur, Meita, N. M., Krismayanti, Y., & Maemunah, S. (2022). Pendidikan anti bullying. CV. Basya Media Utama.
Khoiriyah, Z. A., & Tarsidi, D. Z. (2022). Social media detox: An effort to fight social media addiction and the fear of missing out (FOMO). Ichelss.
Kurniawan, W., & Agustini, A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan Dan Keperawatan. CV. Rumah Pustaka.
Kusumawaty, I., Achmad, V. S., Ginting, D. S., Yunike, Indriyani, D., Martiningsih, W., Solehudin, & Lalla, N. S. N. (2022). Metodologi penelitian keperawatan. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Langingi, & Tumiwa, F. F. (2020). Buku ajar metodologi penelitian keperawatan. CV. AA. Rizky.
Lesmana, A. S., & Fathurrahman, F. (2024). Siswa SMPN 73 Tebet nekat terjun dari lantai 3, Polisi: Korban frustasi dijauhi teman kelas. Suara.com.
Monggilo, Z. M. Z., Kurnia, N., Wirawanda, Y., Desi, Y. P., Sukmawati, A. I., Anwar, C. R., Wenerda, I., & Astuti, S. I. (2021). Modul cakap bermedia digital. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.
Nursalam. (2020). Metodologi penelitian ilmu keperawatan: Pendekatan praktis. Penerbit Salemba Medika.
Rachman, A. (2021). The effect of social media addiction on student phubbing behavior. International Journal of Arts and Social Science, Volume 4(No 3).
Rahmawati, D., Lumakto, G., Ameliah, R., Viendyasari, M., Negara, R. A., Adinda, A., & Bachna, S. (2022). Kejahatan cyberbullying. Program Studi Hubungan Masyarakat Program Vokasi Universitas Indonesia.
Rudi, T. (2017). Keamanan berinternet bagi anak dan remaja. Anti Bullying Indonesia.
Rusito. (2021). Teknologi internet: Dasar internet, internet of things (iot), dan bahasa html. Yayasan Prima Agus Teknik.
Sabri, L., & Hastono, S. P. (2022). Statistik kesehatan. PT. Rajagrafindo Persada.
Saputri, N. D. (2024). Pengaruh teknologi dan media sosial terhadap perubahan perilaku Remaja. Jurnal Pendidikan Berkarakter, Volume 2(No.1).
Sijebat, Y. G. M., Siahaan, P. G., Purba, N. R., Gajahmanik, S. E., & Taufik, T. A. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku sikap siswa melakukan tindakan bullying dalam perspektif kebhinekaan. Majalah Ilmiah Methoda, Volume 13(No. 3).
Siregar, I. M., Nursiti, D., & Tobing, L. (2021). Sosialisasi penanggulangan kecanduan internet pada mahasiswa teknologi laboratorium medis Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, Volume 2(No. 2).
Siregar, M. H., Indriawati, R., Panma, Y., Hanaruddin, D. Y., Adhiwijaya, A., Kbar, H., Agustiawan, Nugraha, D. P., & Renaldi, R. (2021). Metodologi penelitian kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sudah Dong. (2015). Buku panduan melawan bullying. Sudah Dong.
Sugihartati, R. (2024). Media sosial dan tindak kekerasan remaja. Media Indonesia.
Sugiyono, & Puspandhani, M. E. (2020). Metode penelitian kesehatan. Alfabeta, CV.
Suib, & Safitri, A. (2022). Perilaku bullying remaja dipengaruhi lingkungan sekolah dan pengetahuan. Jurnal Keperawatan, Volume 7(No. 2).
Sumaryati, I. U., Sirodj, D. A., & Gadama, M. (2024). Adaptasi Indonesia bergen social media addiction scale. Jurnal Psikogenesis, Volume 12(No.1).
Supriyatno, Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono, Bachtiar, G., Widiastuti, E., Widjiningsih, R., Rahma, A. N., & Arlym, R. U. (2021). Stop perundungan/bullying yuk! Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Thahir, A. (2022). Psikologi perkembangan. Pustaka Referensi.
Triastuti, E., Adrianto, D., & Nurul, A. (2017). Kajian dampak penggunaan media sosial bagi anak dan remaja. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
United Nations Children’s Fund. (2020). Perundungan di Indonesia: Fakta-fakta kunci, solusi, dan rekomendasi. United Nations Children’s Fund. https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/Fact%20Sheet%20Perkawinan%20Anak%20di%20Indonesia.pdf
United Nations Children’s Fund. (2021). Profil remaja 2021. United Nations Children’s Fund. https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil%20Remaja.pdf
United Nations Educational Scientific and Cultural Organization. (2019). Behind the numbers: Ending school violence and bullying. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
We are social. (2024). Digital 2024 Global overview report “The essential guide to the world’s connected behaviours.” https://wearesocial.com/uk/blog/2024/01/digital-2024/
We are social Indonesia. (2024). Digital 2024 Indonesia “The essential guide to the latest connected behaviours.” https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Wicaksono, M. A. H., Hibatulloh, K. J., & Ningrum, V. M. P. (2021). Hubungan penggunaan sosial media dengan perilaku bullying pada remaja di SMK Sepuluh November Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1(No.5).
Widayanti, T., Rahayu, B. A., & Sutono. (2022). Media sosial sebagai platform cyberbullying di masa pembelajaran jarak jauh. Health Sciences and Pharmacy Journal, Volume 6(No. 2).
Wirmando, Anita, F., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying pada remaja. Nursing Care And Health Technology, Volume 1(No.3).
Wulandari, R., & Netrawati. (2020). Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Volume 5(No. 2).
Wulandari, R., & Putri, D. Y. (2023). Literatire review of bullying assessment: A critical review of the inventory of bullyiing scale in schools. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial, Volume 12(No.2).
Yanuarita, I., & Wiranto. (2018). Literasi kecakapan hidup?: Mengenal media sosial agar tak menyesal. Badan Pengembangan dan Penggunaan Bahasa.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |