Survei Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di MIS Karangjompo Tirto Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Muhammad Hisyam Zaen, Gilang Nuari Panggraita, Risdia
Kata Kunci   :Minat, Pembelajaran, Pendidikan jasmani
ABSTRAK
Muhammad Hisyam Zaen, 2024. "Survei Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Mis Karangjompo Tirto Kabupaten Pekalongan". Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Pembimbing 1 Gilang Nuari Panggraita M.Pd. Risdiani M.S.I Pembimbing 2.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih melakukan kegiatan lain ketika proses pembelajaran berlangsung yang tercermin dari kurangnya partisipasi belajar, keterlibatan, dan keaktifan siswa. Dengan mempelajari pendidikan jasmani secara serius atau sungguh-sungguh, siswa mendapatkan banyak manfaat yang diperoleh misalnya dapat meningkatkan kebugaran jasmaninya. Karena tujuan pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa adalah untuk mengembangkan anak secara keseluruhan melalui aktivitas fisik tidak hanya melalui fisik saja, tetapi juga secara mental, sosial, emosional, intelektual, dan kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MIS Karangjompo Tirto Kabupaten Pekalongan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei dengan angket yang digunakan untuk mengambil data,teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel 128 siswa yang memiliki kriteria siswa yang sehat secara jasmani dan rohani, siswa kelas atas MIS Karangjompo Tirto Kabupaten Pekalongan, instrumen yang dalam penelitian ini menggunakan angket dengan validitas 0,930 dan reliabilitas sebesar 0,926. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian yang terdiri dari pernyataan dengan jawaban berskala, diubah nilainya menjadi skor dengan memperoleh hasil berada pada kategori "sangat tinggi" sebesar 8,59% (11 siswa), kategori "tinggi" sebesar 21,87% (28 siswa) kategori "sedang" sebesar 39,06% (50 siswa), kategori "rendah" sebesar 21,87% (28 siswa), kategori "sangat rendah" sebesar 8,59% (11 siswa).
Berdasarkan dari analisis hasil data maka dapat disimpulkan bahwa tingkat minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berada dalam kategori sedang.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman Yusuf Pjt, D. M. S. (2022). Minat belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas V SD negeri pematang sijonam. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(1), 1–7.
Adnyana, K. S. (2023). Edukasi?: Jurnal Pendidikan Dasar Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada. 4(1), 61–70.
Aka, K. A., & Kediri, U. N. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn. 1, 35–46.
Andi Achru p. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. III(36), 205–215.
Andriyanto, T. (2016). Minat Siswa Kelas IV dan Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan kesehatan SDN Sendangharjo Sleman Yogyakarta. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 5.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.
Astari, R. A. (2018). Pengaruh Minat Baca Dan Peran Dosen Pembimbing Terhadap Keberhasilan Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi. 11–39.
Astuti, W. (2020). Pengantar Ilmu Pendidikan, Hakikat Pendidikan. Wuri Astuti.
Atifah, U. (2022). Ummu Atifah, (2020). Minat Siswa Kelas VIII D.
Bhakti, C. P., Kumara, A. R., & Safitri, N. E. (2017). Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling. 11–19.
Burta, F. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Compact Disk (VCD) terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI pada Materi Tajwid Kelas VIII SMP Negeri 1 Perhentian Raja Kabupaten Kampar. 1, 430–439.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru Rabukit Damanik. 8(2).
Devianti, R. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. 03(02), 67–78.
Farizal, N. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV dan V SD Muhammadiyah Karangkajen 4. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 1–9.
Fitron, M., & Negeri, U. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. 2(5), 264–271.
Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 327–335. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004
Hutauruk, A., Munthe, S., Malau, J., Belajar, B., & Gratis, K. (2023). English Course For Young Learners at SDN 040536 Partibi Lama. 4(2), 2213–2217.
Indrapangastuti, D. (2020). Karakteristik siswa sd.
Irwandi. (2019). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga di SMA Negeri 2 Camba Kabupaten Maros oleh Irwandi (Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar, Tahun 2019).
Khotimah Nurlaida, D. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28–31.
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. 3, 69–80.
Ksanjaya, R. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 6094–6099.
Kusumo, S. (2016). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas iv sdn se-gugus nyi ageng serang semarang.
Magdalena, I. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. 3, 334–346.
Magdlena. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. 2.
Marlia, Y. (2013). Pengaruh Pembelajaran Materi Ketenagakerjaan dan Pengangguran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar, UIN Suska Riau. 7–26.
Maulana, K., Fathan, A., Andriani, K. M., Nurjanah, M., & Zaqiyatul, R. (2022). Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ) untuk Sekolah Dasar. 4(5), 6914–6921.
Mega widya putri. (2020). Permainan Circuit Lokomotor pada Siswa-siswi Sekolah Dasar. Jurnal MUI?: Muhammadiyah.
Milya Sari, Dan, M., & Pengumpulan, I. (2013). Daftar cocok Skala Daftar dan Tabel Angket. 1–28.
Muis, A., Santosa, A. B., & Semarang, U. S. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa , Motivasi Belajar terhadap Keterlibatan Siswa di Sekolah Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. 6, 16173–16189.
Muliani, R. D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional Pinton Setya Mustafa Universitas Islam Negeri Mataram. Masgumelar & Mustafa, 2020, 8(June), 68–80.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan di Indonesia. 3(2), 422–438.
Muzayanah, K. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPA kelas MI Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah MI MA’ARIF 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018 Oleh?: Khoirul Muzayanah.
Nazirun, N., Gazali, N., Fikri, M., Penjaskesrek, J., & Riau, U. I. (2019). Minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di smp ylpi pekanbaru. 6(2).
Nurwidia, V., & Utami, A. S. (2023). Indikator Keberhasilan Pelaksanaan Rencana Pengajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jurpendis: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 26–30.
Prayogo, A. (2021). Jurnal Penjaskesrek, Survei Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Beladiri Pencak Silat di SMK Texmaxo Karawang. 8(1), 1–16.
Pristiwanti, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.
Pura, U. D. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan?: Meta-Analisis. 2, 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Rahim, M. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar.
Renaldi. (2022). Makalah faktor faktor yang mempengaruhi belajar (kelompok 10). https://www.slideshare.net/Winda010293/makalah-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-belajar-kelompok-10
Risal, D., Solok, C., Susanti, F., Marahmi, F. L., & Marlius, D. (2022). Buying Intention dilihat dari Celebrity Endorsement dengan Self Brand Connection Sebagai Variabel Mediasi Pada Smartphone Oppo. 06(01), 1–18. https://doi.org/10.31575/jp.v6i1.394
Rume, K. M. (2021). Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sigi.
Safitri, F. (2023). Analisis Tingkat Kesiapan Belajar Siswa Ditinjau dari Hasil Belajar Kelas IV SDN 07 Megang Sakti.
Saktia, D. (2023). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 11 Nomor 02 Tahun 2023 Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Siswa di SMAN 1 Puri Mojokerto Dimas Saktia Arisena Ramadhan *, Advendi Kristiyandaru. 11.
Saleh, M. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 30 Makassar. 4(20), 55–62.
Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas , Fungsi dan Peran Guru Profesional.
Sari, D. A. (2018). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Mengunjungi Perpustakaan di SMP N 2 Trimurjo.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Jurnal basicedu, Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. 5(5), 4045–4052.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. 1–10. https://doi.org/10.33654/pgsd
Sumiati. (2019). Survei Minat Belajar Siswa Terhadap Sarana dan Prasarana Olahraga SMAN 3 Pangkep Kabupaten Pangkep. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada sekolah dasar. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508.
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. 2(3), 43–56.
Trimulya, M. (2015). Pengaruh Kompetisi dalam Kegiatan Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. 30–51.
Yestiani, D. K., Zahwa, N., & Tangerang, U. M. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran. 4, 41–47.
Zaturahmi. (2017). Literatur Lingkungan Belajar sebagai Pengelolaan Kelas Sebuah Kajian.
Zulvira, R. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. 5, 1846–1851.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |