Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone Dengan Kemampuan Sosialisasi Pada Balita Di PAUD Sari Anggrek Purwosari dan KB Asy Syafi’iyah Pecangakan Kecamatan Comal
Pengarang : Putri Febrianti, Nurul Aktifah
Kata Kunci   :Durasi Penggunaan Smartphone, Kemampuan Sosialisasi, Balita.

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Juli, 2025

ABSTRAK

Putri Febrianti, Nurul Aktifah
Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone Dengan Kemampuan Sosialisasi Pada Balita Di PAUD Sari Anggrek Purwosari dan KB Asy Syafi’iyah Pecangakan Kecamatan Comal


Latar Belakang : Balita didefinisikan sebagai anak berusia satu hingga dibawah lima tahun. Usia balita merupakan golden age untuk bersosialisasi. Penggunaan smartphone yang berlebihan dan tanpa pengawasan dapat menghambat perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan kemampuan sosialisasi pada balita.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan teknik total sampling pada 110 balita berusia 4-5 tahun. Instrumen untuk mengukur durasi penggunaan smartphone dan kemampuan sosialisasi menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan SPSS versi 26 dengan menggunakan Uji spearman rank.
Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan bahwa usia rata-rata responden 5 tahun. Jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki sebanyak 61 responden (55,5%). Durasi penggunaan smartphone sebagian besar 46 responden (41,8%) berada dalam kategori sedang (1-2 jam), 42 responden (38,2%) berada dalam kategori normal, dan 22 responden (20,0%) berada dalam kategori lama (>2 jam). Kemampuan sosialisasi balita sebagian besar 58 responden (52,7%) berada dalam kategori baik. Hasil uji spearman rank menunjukkan adanya hubungan signifikan antara durasi penggunaan smartphone dengan kemampuan sosialisasi pada balita dengan (p-value = 0,002 < 0,05), meskipun keeratan hubungan tergolong cukup (r hitung = 0,291).
Simpulan : Terdapat hubungan antara durasi penggunaan smartphone dengan kemampuan sosialisasi pada balita dengan hubungan cukup, menunjukkan bahwa ada faktor lain seperti pengawasan orang tua juga berperan penting dalam perkembangan sosialisasi anak. Saran untuk membatasi balita dalam penggunaan smartphone.

Kata Kunci : Durasi Penggunaan Smartphone, Kemampuan Sosialisasi, Balita
Daftar Pustaka : 68 (2015-2025)

NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Andi Akifa Sudirman, Dewi Modjo, & Yuyun Nasir. (2023). Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Azzahra Boalemo. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 80–89. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i2.966

Asqia, N., & Rahma, M. (2024). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.757

Asrianti Asrianti, Hariati Lestari, & Fifi Nirmala G. (2024). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget, Pola Asuh Dan Pengawasan Orang Tua Dengan Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Ranomeeto. Vitamin?: Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, 2(2), 10–20. https://doi.org/10.61132/vitamin.v2i2.223

Barr, R., Lauricella, A.R., & Zack, E. (2023). Infant and Toddler Media Use: Associations with Development. Developmental Psychobiology.

 

Batubara, M., Nasution, M. I. M., Syahrin, T. A., Lubis, M. Y., Nujaima, I., & Husna, A. U. (2023). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Communnity Development Journal, 4(4), 7429–7435.

Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah Di TK Pembina Kota Tegal. Jurnal SIKLUS, 295-299.

 

Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.). In S. Tatminingsih, & I. Cintasih, Hakikat Anak Usia Dini.

 

Devina, R. (2018). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Kemampuan Sosiali Anak PraSekolah di TK Aisyiyah 20 Surabaya. UMSurabaya Repository.

 

Efastri, S. M., Lhaura, L., & Islami, C. C. (2022). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget dengan yang Tidak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4461–4470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2296

Fatimah, S., & Hutasoit, M. (2022). Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud Dan Tk Bhakti Siwi Purworejo the Correlation Between Smartphone Use and Development of Children of Preschool Age in Paud and Tk Bhakti Siwi Purworejo. Jurnal Keperawatan Notokusumo (JKN), 10(2), 37–45.

Febriani, S. A., Mastryagung, G. D., & Kurnia, N. R. (2024). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini Di Paud Mutiara Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Medika Usada, 68-75.

 

Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A. R. (2023). Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Education?: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 129–146. https://doi.org/10.51903/education.v3i2.340

Gunawan, M. A. A. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekoloah Di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyunyamik, 1–127.

Hanifah , F., Susilaningrum, R., Harumi, A. M., & Setiyani, A. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Perkembangan pada Anak Prasekolah. Gema Bidan Indonesia, 72-78.

Han, H. (2022). Effects of smartphone addiction on academic performance and learning ability: A study of Korean children. Technology in Society, 70, 102047. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.102047

 

Haryani, W., & Setyobroto, I. (2022). Modul etika penelitian. In Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Jakarta I.

Haq, N. U. (2022). Penggunaan Smartphone Terhadap Perubahan Pola Sosialisasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(2), 304–310. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i2.3427

Hutami, A., Afni Azizah, N., & Norlita. (2023). Kecanggihan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Di Era Modern. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 2023.

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Istiqomah, F., Rahmatia, L., & Pratama, R. (2025). Durasi penggunaan smartphone dan kecanduan pada anak usia sekolah dasar di pedesaan Indonesia. Jurnal Sentri, 11(1), 35–42.

 

Jesica, F., & Hayu, R. (n.d.). Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 0-2 Tahun. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 289-295.

 

Kabali, H.K., et al. (2024). Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young Children. Pediatrics. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10147789

 

Kartika, F., Ridanti, S., & Batubara, K. (2024). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bantan. Jurnal Cerlang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), Kartika, F., Ridanti, S., Batubara, K. (n.d.). P.

Khadijah, & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.

 

Kominfo. (2020, Januari 30). Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-Anak. Retrieved from diskominfo: retrieved from (https://diskominfo.kedirikab.go.id/baca/dampak-negatif-gadget-bagi-anakanak#:~:text=Menggunakan%20gadget%20terlalu%20lama%20dapat,sulit%20tidur%20dan%20susah%20fokus.)

 

Kurniasih, E. (2021). Hubungan Pola Komunikasi Orangtua Dan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 3-4. Journal Keperawatan.

Lillah, L., Erlita, A., Patade, D., Rahmayanti, E. I., Keperawatan, I., & Nusantara, W. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK Dharma Wanita. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 3, 12–17.

Mahfuji, M., & Lastriani, K. (2023). Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-8 Tahun Di Desa Serang Kecamatan Cikarang Selatan. El Banar?: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.153

Masriadi, Samsualam, & Alina, B. (2021). No Title (Cet. I). TRANS INFO MEDIA?: JAKARTA., 2021.

Mukarromah, T. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. 9 Mei, 17(Dampak Gadget), 65.

Mukharis, A., Aniroh, U., & Setyoningrum, U. (2019). Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah?: Sebuah Studi Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memberikan Stimulasi Sosialisasi Pada Anak. Jurnal Keperawatan, 03(01), 21–29.

Mursidah, U. (2023). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Di TK Harapan Bundo Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam Tahun 2023. Padang.

 

Musyarofah. (2017). PEngembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di TK ABA IV Mangli Jember. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122.

Muslikah et al. (2024). Hubungan durasi penggunaan gadget dengan kemampuan mengingat pada anak usia dini (4-6tahun) di TK PGRI Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Kesehatan, 101 - 116.

 

Nareza T, d. (2020, Desember 1). Berapa jam waktu ideal anak gunakan gadget setiap hari? Retrieved from Alodokter: https://www.alodokter.com/berapa-jam-waktu-ideal-anak-gunakan-gadget-setiap-hari#:~:text=Para%20ahli%20menyarankan%20waktu%20maksimal,1%E2%80%932%20jam%20per%20hari.

 

Nevski, E., & Siibak, A. (2022). The Role of Parental Mediation in Children’s Digital Play Experiences. Social Media + Society.

 

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

 

Oktaviani, S., Nisa, J., & Baroroh, U. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembngan Balita. Indonesia Jurnal Kebidanan, 3(2), 44. https://doi.org/10.26751/ijb.v3i2.738

Pardede, A. M., Simamora, R. E., & Gultom, S. D. (2025). Smartphone usage duration and its impact on academic achievement among high school students in Tarutung. Open Journal of Educational Research, 7(2), 22–29.

Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Journal On Teacher Education, 28-34.

 

Pitayanti, A., Kuswanto, & Suryawan, N. W. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia (3-5 Tahun). Jurnal Publikasi Ilmu Psikolog, 28-38.

 

Purwadi, H., & Fitriyani, L. (2023). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia 1-6 tahun di Kota Depok. Malahayati Health Student Journal, 2682-2690.

 

Puspita, S. (2020). MONOGRAF: Fenomena Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

 

Putri, D. A. (2021). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di TK dan PAUD Jogodayuh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Jawa Timur.

 

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Tk Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 5-13.

 

Pardede, A. M., Simamora, R. E., & Gultom, S. D. (2025). Smartphone usage duration and its impact on academic achievement among high school students in Tarutung. Open Journal of Educational Research, 7(2), 22–29.

 

Radesky, J.S., et al. (2023). Media and Young Minds: The Role of Digital Media Use in Social Development. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics.

 

Rahmawati, D., & Supriyadi, T. (2023). Pengaruh Durasi Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Perkembangan Anak.

 

Retalia, Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 139-149.

 

Rismala, M. O., Firdaus, A. D., & Febriani, R. T. (2024). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah (4-5tahun). Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes HangTuah Surabaya, 68-75.

 

Salsabila, S. (2016). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak DI TK Al Azhar Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

 

Satria, E., Aninora, N. R., & Faisal, A. D. (2022). Edukasi Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Umur 3-5 Tahun. Jurnal Ebima, 25-28.

 

Setyatama, & Putri, I. (2024). Buku Ajar Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Indonesia: Mahakarya Citra Utama Group.

 

Sholikhah, L. I. (2023). Pola Asuh Orangtua Menyikapi Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Dini: Konteks Pendidikan Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 22-31.

 

Siregar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., Panma, Y., Hanaruddin, D. Y., Adhiwijaya, A., . . . Renaldi, R. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Indonesia: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

 

Siokal, H., Amiruddin, A., & Lestari, N. (2025). Durasi penggunaan smartphone dan pengaruhnya terhadap interaksi sosial remaja di Desa Borongloe. Jurnal Psikologi Komunitas, 9(1), 55–63.

 

Solehudin. (2022). Metodologi Penelitian Keperawatan : Pengolahan Data Penelitian. Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

 

Sony, A. (2023, Agustus 30). 38,48 Persen Anak Usia Dini di Jawa Tengah Sudah Bermain HP. Retrieved from jatengdaily.com: (https://jatengdaily.com/2023/3848-persen-anak-usia-dini-di-jawa-tengah-sudah-bermain-hp/)

 

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. 125-144.

 

Sudirman, A. A., Modjo, D., & Nasir, Y. (2023). Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Azzahra Boalemo. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Gizi, 80-89.

 

Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan, 8(1), 54. https://doi.org/10.31983/jkb.v8i1.3735

Tim Medis Siloam Hospitals. (2024, Agustus 22). Mengenal Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 1 hingga 5 Tahun. Siloam Hospitals.

 

Triastutik, Y. (2018). Hubungan bermain gadget dengan tingka perkembangan anak usia 4-6 tahun. Jurnal pendidikan.

 

Wahyudi, H., & Eka sari, N. M. (2024). Penggunaan smartphone dan perilaku sosial anak usia dini: A Correlational Study. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 137-148.

 

Yandi, H., Siregar, A. O., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Aanak Usia Dini. 1(2), 269–281

 

Yanto, A. (2023). Analisis Data Penelitian Keperawatan Untuk Tingkat Dasar dan Lanjut. Semarang: UNIMUS Press.

 

Zahro, M. S. (2022). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak usia 4-6 tahun. Jombang: Insan Cendekia Medika Jombang.

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia