Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di TK Annisa Pekajangan Kabupaten Pekalongan


Pengarang : Verrasonia Yuniastryd Hemas Pradini, Aida Rusmariana


Kata Kunci   :Anak, Perkembangan Kognitif, Prasekolah

Program Studi Sarjana keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024

ABSTRAK
Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di TK Annisa Pekajangan Kabupaten Pekalongan
Verrasonia Yuniastryd H.P, Aida Rusmariana

Latar Belakang: Pada usia prasekolah merupakan tahapan yang membutuhkan nutrisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan baik fisik, intelektual, dan emosional. Status gizi yang kurang dari normal menyebabkan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kolerasi dan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian simple random sampling sebanyak 56 anak usia prasekolah dengan kriteria inklusi dan eksklusi, analisis data dengan variabel univarian dan bivariat dengan menggunakan metode korelasi Gamma.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan data menurut usia hampir sama dengan usia 60 – 71 bulan yaitu sebanyak 54 (96,4%). Berdasarkan jenis kelamin didapatkan data lebih dari separuh 31 (55,4%) dengan jenis kelamin perempuan. Berdasarkan status gizi didapatkan data sebagian besar yaitu 40 (71,4%) dengan status gizi baik. Berdasarkan perkembangan kognitif data didapatkan lebih dari separuh yaitu 32 (57,1%) perkembangan kognitifnya cukup. Hasil penelitian dengan uji Gamma didapatkan hasil p value 0,060 < ( 0,05 didapatkan tidak ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan kognitif.
Simpulan: Anak usia prasekolah yang berstatus gizi baik berkembang dengan sangat baik. Profesi perawat dapat memberikan informasi kepada orang tua tentang status gizi dan perkembangan kognitif.


Kata Kunci: Anak, Perkembangan Kognitif, Status Gizi

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alestari, N. L. P. E. S., & N. M. (2019). Kaitan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Mawar Kelurahan Tlogomas Malang.

Chairilsyah, D. (2018). Monograf: Mengidentifikasi Indikator Kognitif dan Membuat Instrumen Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini.

Dahlan, M. S. (2014). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan (Edisi ke-6). Epidemiologi Indonesia.

Dewi, R. C., Oktiawati, A., & Saputri, L. D. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak, dan Usia Remaja. Nuha Medika.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2019. 3511351(24).

Donsu, J. D. T. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustakabarupres.

Donsu, J. D. T. (2019). Metodologi Penelitian Keperawatan.

Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.

Hardianti, R., Dieny, F. F., & Wijayanti, H. S. (2018). Picky Eating dan Status Gizi pada Anak Prasekolah. 6(2).

Hanum Marimbi. (2018). Tumbuh Kembang, Status Gizi, dan Imunisasi Dasar pada Balita. Nuha Medika.

Jayani, D. H. (2021). Proporsi Anak di Bawah Lima Tahun Penderita Kekurangan Gizi Akut Menurut Kawasan (2020). Databoks. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/23/sebanyak-454-juta-balita-di-dunia-menderita-kekurangan-gizi-akut#:~:text=United%20Nations%20International%20Children%E2%80%99s%20Emergency,memiliki%20layanan%20kesehatan%20gizi%20terbatas.

Kementerian Kesehatan. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Luh Putu Eka, N. S., & Maemunah, N. (2019). Kaitan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Mawar Kelurahan Tlogomas Malang. In Nursing News (Vol. 4, Issue 1).

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah (M. Neherta, M. Biomed, & I. M. Sari, Eds.). Andalas University Press.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). PMK No. 2 Th 2020 tentang Standar Antropometri Anak.

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun).

Munira, S. Li. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

Najiha Nasution, A., Diba, F., Aini Dania, I., & Susanti, M. (2022). JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan): Status Gizi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Panyabungan III. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1). https://doi.org/10.33757/jik.v6i1.509.g229.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (P. P. Lestari, Ed.). Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (P. P. Lestari, Ed.). Salemba Medika.

Putri, P. A. K. K. D. M., Lely, A. A. O., & Evayanti, L. G. (2021). Hubungan Antara Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia 6-24 Bulan.

Putri, R. M., Rahayu, W., & Maemunah, N. (2017). Kaitan Pendidikan dan Pekerjaan Orang Tua dengan Status Gizi Anak Prasekolah.

Ruslianti, Dahlia, M., & Yulianti, Y. (2015). Gizi dan Kesehatan Anak Usia Prasekolah (P. Latifah, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan (Edisi ke-2). Graha Ilmu.

Sit, M. (n.d.). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.). Alfabeta, CV.

Utami, N. W. A. (2016). Modul Antropometri.

Wong, D. L., Hockenberry-Eaton, M., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Schwartz, P. (2009). WONG Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (E. K. Yudha, D. Yulianti, N. B. Subekti, E. Wahyuningsih, & M. Ester, Eds.). Buku Kedokteran ECG.

Yusuf, M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Edisi ke-1). Prenadamedia Group.

Zaidah, U., Rakhmawati, B. F. A., & Kardi. (2021). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Aini Gerung Lombok Barat.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia