ABSTRAK
Penerapan Terapi Coloring Body Part Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Ruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Sri Endang Setyaningsih1 . Siti Rofiqoh2
Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi sering mengalami kecemasan. Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan adalah dengan terapi Coloring Body Part. Permainan ini dapat membuat anak lebih fokus mengenal aneka bentuk gambar Body Part, sehingga dapat mengalihkan anak dari rasa cemas. Tujuan studi kasus menggambarkan penerapan terapi Coloring Body Part terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Metode penyusunan yang digunakan adalah studi kasus dengan subyek studi 1 anak prasekolah usia 3 tahun yang mengalami kecemasan berat dengan skor Preschool Anxiety Scale (PAS) 69. Intervensi diberikan berupa terapi Coloring Body Part dilakukan sebanyak 1x sehari selama 4 hari. Hasil studi kasus ini menunjukan penurunan tingkat kecemasan, pada hari pertama kecemasan PAS 69 (Cemas berat) hingga hari keempat turun menjadi 12 (Tidak cemas). Kesimpulan studi kasus ini bahwa terapi Coloring Body Part dapat menurunkan kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi perawat dapat menerapkan terapi Coloring Body Part selama hospitalisasi sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kecemasan anak usia prasekolah.
Kata Kunci : Coloring Body Part, Hospitalisasi, Kecemasan, Prasekolah
DAFTAR PUSTAKA
Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitaslisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101-108.
Lustyawati, S., & Lentera (2018). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun). Jurnal ummi.ac.id. https://doi.org/10.37150/jl.v3i1.216
Budianto, A., Irianto, G., & Noerkayatmi, E. (2020). Pengaruh Terapi Coloring Body Part Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (The Effect of Coloring Body Part Therapy Towards Pre-School. Jurnal Kesehatan. Academia.edu.
Laeli, F., Irdawati, I., & Oktiva, YD. (2023). Penatalaksanaan Terapi Bermain Mewarnai terhadap Tingkat kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah.. Prosiding Seminar Nasional. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/semnaskep.
Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal tematik, 8 (2), pp. 190-199.
Idris, M., & Reza, M. (2018). Efektifitas Terapi Bermain (Mewarnai) terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah di Ruang Melati RSUD Kota Bekasi. Jurnal Afiat, 4(2), 583-592
Kementerian Kesehatan RI, (2021). Buku Kesehatan Ibu Dan Anak. Jakarta: Kemenkes RI.
Nurjanah, S. (2021). The Effectiveness of play therapy: Coloring Against Anxiety Reduction In Pre School Children Who Experince Hospitalization. Jurnal Aisyah Jurnal ilmu kesehatan.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (ed.); Edisi 5). Salemba Medika.
Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan prosedurnya. http://repository.UIN Malang.ac.id.//1104/1/studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.
PPNI, T. P. S. D. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (Edisi 1).
Dewan pengurus pusat.
PPNI, T. P. S. D. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (Edisi 1).
Dewan pengurus pusat.
PPNI, T. P. S. D. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (Edisi 1).
Dewan pengurus pusat.
Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit (E. A. Yalestyorini (ed.)). Forum Ilmiah Kesehatan.
Sari, F.S. (2017). Kecemasan Anak Saat Hospitalisasi. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
Simamora, F. A., Siregar, H. R., Hidayah, A., & Batubara, N. S. (2021). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan anak Usia Sekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal).6(1), 14–21. https://doi.org/10.51933/health.v6i1.397
Sulistyorini, Ariani, S.,&Kholifah.(2024). Tingkat Stress Orang Tua dalam Menghadapi Anak Toddler (Usia 1-3 Tahun) yang Dirawat di Rumah Sakit. The Indonesian Journal of Health Science.15(2), 129-138. DOI:10.32528/tijhs. v15i2.1087.
Yazia, V., & Suryani, U. (2024). Pengaruh Terapi Mewarnai terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi di Ruang Rawat Inap Anak. Jurnal Keperawatan, 16(4), 1381–1392. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i4.2202.
Vanny, T. N. P., Agustin, W. R., & Rizqiea, N. S. (2020). Gambaran Ketakutan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan 'Aisyiyah, 7(2), 13-17.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |