GAMBARAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MEKANISME KOPING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 KAJEN
Pengarang : Retno Cahyoningrum, Hana Nafiah
Kata Kunci   :Kepercayaan diri, Mekanisme Koping, Remaja
Gambaran Kepercayaan diri Dan Mekanisme koping pada Remaja di SMP Negeri 1 Kajen
Pendahuluan: Fase remaja adalah fase perpindahan dari fase anak- anak ke fase dewasa. Masa remaja adalah masa dimana akan mulai memikul tanggung jawab yang baru dan hal yang baru, maka remaja juga harus mempu membuat keputusan sesuai keinginanya sendiri, hal ini didukung dengan rasa percaya diri yang dimiliki remaja. Penelitian ini bertujuan untuk gambaran karakteristik remaja, gambaran kepercayaan diri dan gambaran mekanisme koping pada remaja di SMP Negeri 1 Kajen.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskrisptif kuantitatif dengan teknik pendekatan yang digunakan cross sectional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling kelas sebanyak 6 kelas yang berjumlah 195 siswa dan siswi di SMP Negeri 1 Kajen. Kuesioner variabel kepercayaan diri menggunakan self Esteem Questionnare (ASQ) dengan uji validitas r hitung ≥ 0.361 dan reliabilitas nilai alpha 0,86 dan kuesioner mekanisme koping menggunakan problem focused coping (COPE) yang diadopsi dari Atiqoh qonita adam dengan uji validitas r ˃ 0,30 dan nilai reliabelitas 0.826. Analisa data yang digunakan adalah univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dan persentase kepercayaan diri dan mekanisme koping.
Hasil: Hasil penelitian pada karakteristik memaparkan responden berusia 12- 14 tahun dengan rata- rata usia 13.01. Mayoritas berjenis kelamin perempuan berjumlah 114 (58.5%) dengan status pernikahan orang tua masih menikah 175 (89.7%) dan tinggal bersama ayah dan ibu 164 (84.1%) kemudian kepunyaan teman dekat yang sebagian besar remaja memiliki teman dekat yaitu 192 (98.5%). Pada variabel gambaran kepercayaan diri berada dikategori sedang 188 (96.4%) dan gambaran mekanisme koping adaptif 127 (65.1%).
Simpulan: Hasil penelitian diharapkan sebagai pencegahan dan peningkatan kesehatan remaja dengan program pembinaan di sekolah seperti Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai deteksi dini permasalahan remaja
Kata Kunci: Kepercayaan diri, Mekanisme Koping, Remaja
Daftar pustaka: 57 (2015- 2024)
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Agustin, L., Mukhlis, & Widianingsih, Y. (n.d.). Studi komparatif tentang kepercayaan diri remaja di Panti Asuhan Aisyiyah dan Muhammadiyah dengan remaja yang tinggal bersama orang tua lengkap. Psikologi.
Ali, M. (2017). Mekanisme Koping pada Remaja. vol 02 no, 156–160.
Andriyani, J. (2019). 37 | jurnal at-taujih. 2(2), 37–55.
Annisa Febriana, & Sigit Mulyono. (2022). Dukungan Informasional dan Emosional Keluarga dalam Perilaku Pemanfaatan Layanan Kesehatan Reproduksi Remaja. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(3), 385–391. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i3.676
Ardyani, B., & Putri, G. K. (2021). Mekanisme Koping Pada Remaja Di Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 1(1), 43–50. https://journal.khj.ac.id/index.php/ijons/article/view/10
Arifa Retnowuni, A. ’Linda Y. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif pada Remaja yang Tinggal di Pesantren. Journal Of Holistic Nursing Science, Vol. 6 No.
Barari, W. R. (2019). Optimisme dan Strategi Koping pada Remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial. Acta Psychologia, Volume 1 N, Halaman 106-114.
Barokatun Nikmah, N. S. (2021). Literature Review: Membangun Keluarga Harmonis Melalui Pola Asuh Orang Tua. Volume 2 N.
Buanasari, A. (2021). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa Pada Kelompok Usia Remaja. TOHAR MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=PytMEAAAQBAJ
Bunga nurika. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kepercayaan diri Remaja yang Mengunggah Foto Selfie di Instagram.
Busro, M. (2018). Teori- teori Manajemen Sumber daya Manusia (1st ed.). maret 2018.
Candra Ari Ramdhanu, Yaya Sunarya, N. (n.d.). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri. 2019.
Chika, R., & Saprudin, D. rudi. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive RESTRUCTURING. Pengabdian Dan Penelitian Dalam Masyarakat, vol 1 no 1, 111–119.
ciptiasrini, uci, andiana kanendyah putri. (2018). sosial budaya, koping dan dukungan sosial terhaadap remaja kelas vii di smpn 276. Jurnal Keperawatan, 000(99), 479–486.
Citra Wahyuni, E. Y. C. (2020). Hubungan antara Dukungan Teman Sebaya dengan Kepercayaan diri Berbicara didepan Umum pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Malahayati, Volume 2,.
Devi wulansari. (2015). Perbedaan Problem Focused Coping antara Siswa Akselerasi dan Siswa Reguler di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Dhea Octa Ningtyas , Laila Putri Ananda, Luthfi Sri Handayani, Ruwita Erinasari, H. H. P. (2023). Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Dengan Orang Tua Merantau. Psikologi.
Diana Ariswanti Triningtyas. (2016). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual.
Diana Savitri Hidayati. (2018). Family Functioning dan Loneliness pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Vol. 06, N.
Elma Nengsi, R., Febrian Nasution, A., & Fajar Saputra, R. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Self Confidence terhadap Kesehatan Mental Siswi SMA 1 Kecamatan Seluma. DAWUH?: Islamic Communication Journal, 4(2), 46–51. https://doi.org/10.62159/dawuh.v4i2.1094
Emria Fitri, Nilma Zola, I. I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Volume 4 N, hlm 1-5.
Futuhatul Inayah, R. A. (2020). Peran Coping yang Berfokus pada Masalah dan Regulasi Diri terhadap Kecemasan Siswa SMA Menghadapi Ujian Semester. Vol. 2.
Hamdanah, & Surawan. (2022). Remaja dan Dinamika (Muslimah (ed.); 1st ed.). 2022.
Heru Sriyono. (2017). Efektifitas Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah untuk Meningkatkan Kepercayaan diri siswa. vol 4 nomo.
Ihsan ‘Abdul Jaliil, Yulia Irvani Dewi, S. W. (2022). Mekanisme Koping dan Prestasi belajar Mahasiswa yang Ikut dan yang Tidak Ikut Organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia.
Imamah, I. N., Mulyaningsih, & Asiska. (2021). Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Pada Siswa Full Day School. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1–10.
Indah, S. eka W., Fitri, A. indah, & Yenni, P. (2023). Ketrampilan Dasar Praktek Kebidanan (1st ed.). Agustus 2023.
Intan Faizah, A. A. Z. (2021). Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent) dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Remaja di Desa Banyutengah Panceng Gresik. Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, Vol. 02 No.
Kardiatun, T. (2021). Body Shaming Dengan Harga Diri Dan Mekanisme Koping Remaja. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 12(1), 13–23. https://doi.org/10.54630/jk2.v12i1.143
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Marcdante, K. J., & Kliegmen, R. M. (2021). Ilmu Kesehatan Anak Esensial (8 (ed.)). 2021.
Meliana, N., Mustika, I., & Alawiyah, T. (2022). Gambaran Kepercayaan diri Siswa Kelas VII di SMPN 2 Cimahi. vol 5 no 5.
Mubin, F., & Muhammad. (2024). Buku Ajar Keperawatan Jiwa 1 (1st ed.). Januari 2024.
Musmiah, sri bulan, Y.Nuryani, Rustaman, & Saefudi. (n.d.). Selamat datang masa remaja (N. Dwi (ed.); 1st ed.). Desember 2019.
Ni Luh Agustini Purnama, Marcellina Rasemi Widayanti, Ignata Yuliati, Y. K. (2024). Pengaruh Mekanisme Coping Terhadap Stres Remaja. Vol 16 No.
Nirwana, A. B. (2015). Psikologi Ibu,Bayi,dan Anak (J. Budi (ed.); 2nd ed.). juni 2015.
Nurrahman, A. B., & Chairani, L. (2024). Strategi Koping Remaja Mengatasi Kesepian. 7(2), 38–49.
Nursalam. (2017). Metodologi penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (L. peni Puji (ed.); 2nd ed.). 2017.
Pratiwi, mita putri, Fitriani, N., & Setiyadi, I. (2021). hubungan kejadian bullying dengan self esteem (harga diri) dan resiliensi pada remaja. Journal of Nursing.
Putri, M. (2018). Hubungan Kepercayaan diri dan dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying di MTSN Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung Tahun 2017. Vol. XII.
Rachmah, E., & Rahmawati, T. (2019). Hubungan Pengetahuan Stress Dengan Mekanisme Koping Remaja. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 595–608. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.517
Rahmatullah, ibnu husen. (2022). Sekuntum Essay Pendidikan Dasar. 3 Agustus 2022.
Ratnaningsih, T., Indatul, S., & Peni, T. (2019). Buku Tumbuh Kembang dan Stimulasi (1st ed.). 2019.
Resti Ikhda Syamsiah , Retno Lestari, L. Y. (2022). Hubungan Gaya Koping Remaja dan Keterlibatan Orang Tua dengan Resiliensi pada Remaja Selama Pandemi COVID?19. Jurnal Kesehatan Vokasional, Vol. 7 No.
Riski Novilia, A. B. (2021). Hubungan Faktor Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Vol 2, No.
Soekidjo, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). 2018.
Statistik, B. P. (2021). Jumlah Penduduk Kabupaten Pekalongan menurut Umur dan Jenis kelamin. https://pekalongankab.bps.go.id/indicator/12/250/1/jumlah-penduduk-kabupaten-pekalongan-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html#
Sudarman, A. I. made, Wayan, T. N., & Ahmad, F. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. 2021.
Sulaiman, H., Purnama, S., Andi, H., & Saleh, H. (2020). Psikologi Perkembangan Anak Remaja (N. Asri (ed.); 1st ed.). maret 2020.
Sulistyorini, marella ardelia, & Sarajar, dewita karema. (2024). Problem Focused Coping dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir UKSW yang Menyusun Tugas Akhir.
Timmy Gardini, R. Sri Martini Maelani, dan S. H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Tari dan Jenis Kelamin terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Vol. 4, No. https://doi.org/DOI: 10.37985/murhum.v4i2.301
Tri Dewantari, H. M. (2018). Hubungan Keterampilan Sosial dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMPSN 8 Yogyakarta. 165–170.
UNICEF (United Nations Children’s Fund). (2021). Profil Remaja 2021. Unicef, 917(2016), 1–2. https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil Remaja.pdf
Uswatun Hasanah, M. S. (2023). Kepercayaan Diri Pada Remaja Awal Ditinjau Dari Dukungan Sosial Keluarga Di Smp Negeri 2 Lhokseumawe. Journal of Helathcare Technology and Medicine, Vol 9 No.
Yuni Fitriyani. (2016). Pengaruh Dukungan Orang tua terhadap Kepercayaan diri Siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun ajaran 2016/2017.
Zahra, C. Fatimatuz, and F. K. (2015). Coping stress pada remaja broken home." Proceeding Seminar Nasional Selamatkan Generasi Bangsa Dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Vol. 13.
Zwagery, R. V., Safithri, E. A., & Latifah. (2020). Psikologi Perkembangan (Ngalimun (ed.); 1st ed.). 2020.
DAFTAR PUSTAKA
Agustin, L., Mukhlis, & Widianingsih, Y. (n.d.). Studi komparatif tentang kepercayaan diri remaja di Panti Asuhan Aisyiyah dan Muhammadiyah dengan remaja yang tinggal bersama orang tua lengkap. Psikologi.
Ali, M. (2017). Mekanisme Koping pada Remaja. vol 02 no, 156–160.
Andriyani, J. (2019). 37 | jurnal at-taujih. 2(2), 37–55.
Annisa Febriana, & Sigit Mulyono. (2022). Dukungan Informasional dan Emosional Keluarga dalam Perilaku Pemanfaatan Layanan Kesehatan Reproduksi Remaja. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(3), 385–391. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i3.676
Ardyani, B., & Putri, G. K. (2021). Mekanisme Koping Pada Remaja Di Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 1(1), 43–50. https://journal.khj.ac.id/index.php/ijons/article/view/10
Arifa Retnowuni, A. ’Linda Y. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif pada Remaja yang Tinggal di Pesantren. Journal Of Holistic Nursing Science, Vol. 6 No.
Barari, W. R. (2019). Optimisme dan Strategi Koping pada Remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial. Acta Psychologia, Volume 1 N, Halaman 106-114.
Barokatun Nikmah, N. S. (2021). Literature Review: Membangun Keluarga Harmonis Melalui Pola Asuh Orang Tua. Volume 2 N.
Buanasari, A. (2021). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa Pada Kelompok Usia Remaja. TOHAR MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=PytMEAAAQBAJ
Bunga nurika. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kepercayaan diri Remaja yang Mengunggah Foto Selfie di Instagram.
Busro, M. (2018). Teori- teori Manajemen Sumber daya Manusia (1st ed.). maret 2018.
Candra Ari Ramdhanu, Yaya Sunarya, N. (n.d.). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri. 2019.
Chika, R., & Saprudin, D. rudi. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive RESTRUCTURING. Pengabdian Dan Penelitian Dalam Masyarakat, vol 1 no 1, 111–119.
ciptiasrini, uci, andiana kanendyah putri. (2018). sosial budaya, koping dan dukungan sosial terhaadap remaja kelas vii di smpn 276. Jurnal Keperawatan, 000(99), 479–486.
Citra Wahyuni, E. Y. C. (2020). Hubungan antara Dukungan Teman Sebaya dengan Kepercayaan diri Berbicara didepan Umum pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Malahayati, Volume 2,.
Devi wulansari. (2015). Perbedaan Problem Focused Coping antara Siswa Akselerasi dan Siswa Reguler di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Dhea Octa Ningtyas , Laila Putri Ananda, Luthfi Sri Handayani, Ruwita Erinasari, H. H. P. (2023). Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Dengan Orang Tua Merantau. Psikologi.
Diana Ariswanti Triningtyas. (2016). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual.
Diana Savitri Hidayati. (2018). Family Functioning dan Loneliness pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Vol. 06, N.
Elma Nengsi, R., Febrian Nasution, A., & Fajar Saputra, R. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Self Confidence terhadap Kesehatan Mental Siswi SMA 1 Kecamatan Seluma. DAWUH?: Islamic Communication Journal, 4(2), 46–51. https://doi.org/10.62159/dawuh.v4i2.1094
Emria Fitri, Nilma Zola, I. I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Volume 4 N, hlm 1-5.
Futuhatul Inayah, R. A. (2020). Peran Coping yang Berfokus pada Masalah dan Regulasi Diri terhadap Kecemasan Siswa SMA Menghadapi Ujian Semester. Vol. 2.
Hamdanah, & Surawan. (2022). Remaja dan Dinamika (Muslimah (ed.); 1st ed.). 2022.
Heru Sriyono. (2017). Efektifitas Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah untuk Meningkatkan Kepercayaan diri siswa. vol 4 nomo.
Ihsan ‘Abdul Jaliil, Yulia Irvani Dewi, S. W. (2022). Mekanisme Koping dan Prestasi belajar Mahasiswa yang Ikut dan yang Tidak Ikut Organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia.
Imamah, I. N., Mulyaningsih, & Asiska. (2021). Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Pada Siswa Full Day School. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1–10.
Indah, S. eka W., Fitri, A. indah, & Yenni, P. (2023). Ketrampilan Dasar Praktek Kebidanan (1st ed.). Agustus 2023.
Intan Faizah, A. A. Z. (2021). Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent) dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Remaja di Desa Banyutengah Panceng Gresik. Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, Vol. 02 No.
Kardiatun, T. (2021). Body Shaming Dengan Harga Diri Dan Mekanisme Koping Remaja. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 12(1), 13–23. https://doi.org/10.54630/jk2.v12i1.143
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Marcdante, K. J., & Kliegmen, R. M. (2021). Ilmu Kesehatan Anak Esensial (8 (ed.)). 2021.
Meliana, N., Mustika, I., & Alawiyah, T. (2022). Gambaran Kepercayaan diri Siswa Kelas VII di SMPN 2 Cimahi. vol 5 no 5.
Mubin, F., & Muhammad. (2024). Buku Ajar Keperawatan Jiwa 1 (1st ed.). Januari 2024.
Musmiah, sri bulan, Y.Nuryani, Rustaman, & Saefudi. (n.d.). Selamat datang masa remaja (N. Dwi (ed.); 1st ed.). Desember 2019.
Ni Luh Agustini Purnama, Marcellina Rasemi Widayanti, Ignata Yuliati, Y. K. (2024). Pengaruh Mekanisme Coping Terhadap Stres Remaja. Vol 16 No.
Nirwana, A. B. (2015). Psikologi Ibu,Bayi,dan Anak (J. Budi (ed.); 2nd ed.). juni 2015.
Nurrahman, A. B., & Chairani, L. (2024). Strategi Koping Remaja Mengatasi Kesepian. 7(2), 38–49.
Nursalam. (2017). Metodologi penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (L. peni Puji (ed.); 2nd ed.). 2017.
Pratiwi, mita putri, Fitriani, N., & Setiyadi, I. (2021). hubungan kejadian bullying dengan self esteem (harga diri) dan resiliensi pada remaja. Journal of Nursing.
Putri, M. (2018). Hubungan Kepercayaan diri dan dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying di MTSN Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung Tahun 2017. Vol. XII.
Rachmah, E., & Rahmawati, T. (2019). Hubungan Pengetahuan Stress Dengan Mekanisme Koping Remaja. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 595–608. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.517
Rahmatullah, ibnu husen. (2022). Sekuntum Essay Pendidikan Dasar. 3 Agustus 2022.
Ratnaningsih, T., Indatul, S., & Peni, T. (2019). Buku Tumbuh Kembang dan Stimulasi (1st ed.). 2019.
Resti Ikhda Syamsiah , Retno Lestari, L. Y. (2022). Hubungan Gaya Koping Remaja dan Keterlibatan Orang Tua dengan Resiliensi pada Remaja Selama Pandemi COVID?19. Jurnal Kesehatan Vokasional, Vol. 7 No.
Riski Novilia, A. B. (2021). Hubungan Faktor Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Vol 2, No.
Soekidjo, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). 2018.
Statistik, B. P. (2021). Jumlah Penduduk Kabupaten Pekalongan menurut Umur dan Jenis kelamin. https://pekalongankab.bps.go.id/indicator/12/250/1/jumlah-penduduk-kabupaten-pekalongan-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html#
Sudarman, A. I. made, Wayan, T. N., & Ahmad, F. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. 2021.
Sulaiman, H., Purnama, S., Andi, H., & Saleh, H. (2020). Psikologi Perkembangan Anak Remaja (N. Asri (ed.); 1st ed.). maret 2020.
Sulistyorini, marella ardelia, & Sarajar, dewita karema. (2024). Problem Focused Coping dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir UKSW yang Menyusun Tugas Akhir.
Timmy Gardini, R. Sri Martini Maelani, dan S. H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Tari dan Jenis Kelamin terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Vol. 4, No. https://doi.org/DOI: 10.37985/murhum.v4i2.301
Tri Dewantari, H. M. (2018). Hubungan Keterampilan Sosial dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMPSN 8 Yogyakarta. 165–170.
UNICEF (United Nations Children’s Fund). (2021). Profil Remaja 2021. Unicef, 917(2016), 1–2. https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil Remaja.pdf
Uswatun Hasanah, M. S. (2023). Kepercayaan Diri Pada Remaja Awal Ditinjau Dari Dukungan Sosial Keluarga Di Smp Negeri 2 Lhokseumawe. Journal of Helathcare Technology and Medicine, Vol 9 No.
Yuni Fitriyani. (2016). Pengaruh Dukungan Orang tua terhadap Kepercayaan diri Siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun ajaran 2016/2017.
Zahra, C. Fatimatuz, and F. K. (2015). Coping stress pada remaja broken home." Proceeding Seminar Nasional Selamatkan Generasi Bangsa Dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Vol. 13.
Zwagery, R. V., Safithri, E. A., & Latifah. (2020). Psikologi Perkembangan (Ngalimun (ed.); 1st ed.). 2020.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |