PENERAPAN TEKNIK DISTRAKSI AUDIOVISUAL MENONTON FILM KARTUN PADA ANAK PRASEKOLAH YANG MENGALAMI KECEMASAN SAAT PROSEDUR INJEKSI DI RUANG SEKARJAGAD RSUD BENDAN
Pengarang : Elsa Yunika Maysaroh, Siti Rofiqoh, Yuni Sandra Prati
Kata Kunci   :Audiovisual, Injeksi, Kecemasan, Prasekolah
Anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi sering mengalami kecemasan akibat prosedur injeksi. Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan dengan teknik distraksi audiovisual, cara ini efektif menurunkan kecemasan karena dapat mengalihkan perhatian dengan menampilkan tayangan kesukaan sehingga anak fokus terhadap tontonannya dan mengabaikan hal yang membuatnya tidak nyaman. Tujuan studi kasus menggambarkan penerapan terapi audiovisual menonton film kartun terhadap tingkat kecemasan saat prosedur injeksi. Metode penyusunan yang digunakan adalah studi kasus. Subyek studi kasus ini 2 anak prasekolah (3-6 tahun) yang mengalami kecemasan sedang hingga berat dan dilakukan selama 4 hari. Hasil studi kasus ini menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, pada kasus I skala kecemasan HARS dari 25 turun menjadi 10 dan kasus II skala kecemasan HARS dari 28 turun menjadi 13. Kesimpulan studi kasus ini bahwa teknik distraksi audiovisual menonton film kartun dapat menurunkan kecemasan. Saran bagi perawat dapat menerapkan teknik distraksi audio visual selama prosedur injeksi sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kecemasan anak.
Referensi
A. Pulungan, Z. S., Purnomo, E., & Purwanti A., A. (2017). Hospitalisasi Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Anak Toddler. Jurnal Kesehatan Manarang, 3(2), 58. https://doi.org/10.33490/jkm.v3i2.37
Atawatun, L. K., Dirgantari, P., & Triani, B. (2021). Faktor yang berhubungan dengan kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi di rsud sele be solu kota sorong. Journal of Nursing & Hleath, 6(2), 132–141.
Dekanawati, V., Astriawati, N., Setiyantara, Y., Subekti, J., & Kirana, A. F. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Diklat Kepabeanan Terhadap Kepuasan Peserta Pelatihan. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 23(2), 159. https://doi.org/10.33556/jstm.v23i2.344
Dolok Saribu, H. J., Pujiati, W., & Abdullah, E. (2021). Penerapan Atraumatic Care dengan Kecemasan Anak Pra-Sekolah Saat Proses Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 656–663. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.653
Ekasaputri, S., & Arniyanti, A. (2022). Efektivitas Terapi Audio Visual (Film Kartun) Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 57–63. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.699
Ernawati, Sutrisno, & Gandini, A. L. A. (2023). Pengaruh Distraksi Menonton Kartun Terhadap Nyeri Pada Anak Yang Dipasang Infus Di RSD dr.H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. 01(02), 273–280. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/aohj.v1i2.107
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audio Visual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Jurnal of Health Sciences, Vol. 12 No. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.996
Irwan, M. (2020). Penanganan Nyeri Dengan Teknik Distraksi Pada Pemasangan Infus Anak?: Literature Review. Journal of Health Education and Literacy, 4(1), 20–26. https://doi.org/10.31605/j- healt.v2i1
Jupyantari, P., Dewi Norratri, E., Utami, N., & Áisyiyah Surakarta, U. (2023). Penerapan Terapi Story Telling Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah di Bangsal Anggrek RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(7), 164–172. https://journal-mandiracendikia.com/jikmc
Kirono, I. S. S. S. (2019). Pengaruh Distraksi Audiovisual Terhadap Nyeri saat Pemasangan Infus pada Pasien Anak Di IGD RSUD Bangil. Jurnal Keperawatan Indonesia, 3(5), 31–36.
Manulu, L. O., Somantri, B., & Barokah, R. R. (2018). Bermain Terapeutik Puzzle Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Sebelum Pemberian Obat Intravena (Bolus). Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8487(3), 239–252. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/979
Mendri, N. K., & Prayogi, A. S. (2018). Asuhan Keperwatan Pada Anak Sakit & Bayi Resiko Tinggi. Pustalan baru press.
Mulyono, A., Indriyani, P., & Ningtyas, R. (2020). Literatur Review: Pengaruh Terapi Distraksi Audiovisual Pada Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Usia Prasekolah Saat Hospitalisasi. Journal of Nursing and Health, 5(2), 108–115. https://doi.org/10.52488/jnh.v5i2.124
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (ed.); Edisi 5). Salemba Medika.
Pamudi, P. A. S. (2017). Pengaruh Terapi Afirmasi Positif Terhadap Pengaruh Terapi Afirmasi Positif Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Premenopause Di Desa Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/494
Pontoh, B. I., Pangemanan, D. H. C., Mariati, N. W., Sam, U., & Manado, R. (2015). Kandidat Skripsi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran. 3, 13–17.
PPNI, T. P. S. D. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (Edisi 1). Dewan Pengurus Pusat.
PPNI, T. P. S. D. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (Edisi 1). Dewan Pengurus Pusat.
PPNI, T. P. S. D. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (Edisi 1). Dewan Pengurus Pusat.
Radhita, T., Riyana, S., & -, K. (2023). Pengaruh Video Kartun dan Video Animasi terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Informasi Kesehatan & Administrasi Rumah Sakit (IKARS), 2(2), 31–37. https://doi.org/10.55426/ikars.v2i2.220
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Safari, G., & Azhar, H. (2019). Pengaruh Teknik Distraksi Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia 4-6 Tahun Pre Sirkumsisi Di Klinik. Healthy Journal, VII(2), 29–37. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/494
Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit (E. A. Yalestyorini (ed.)). Forum Ilmiah Kesehatan.
Setyaningsih, S., Sukesi, N., & Solechan, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perawat Terhadap Tindakan Perawat Memberikan Injeksi Bolus Iv Sesuai Sop (Standart Operasional Prosedur) Di Ruang Rawat Inap Rsud Ungaran. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 05, 1–9.
Subroto, U., & Satiadarma, M. P. (2017). Pengaruh Urutan Kelahiran pada Kecemasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi X Jakarta Pengaruh Urutan Kelahiran pada Kecemasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi X Jakarta. January 2021. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.371
Supartini, S., Istiqomah, N., Sarifah, S., Mintarsih, S., Keperawatan, P. S., & Kunci, K. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Description of The Anxiety Level of Early Childhood ( School ) In Undergoing Hospitalization Keywords?: 20(2), 145–151.
Sureskiarti, E., & Brutu, M. M. N. K. (2017). Perbedaan Kecemasan Anak Usia Prasekolah Pada Tindakan Injeksi Dengan Diterapkan Dan Tanpa Diterapkan Pemakaian Rompi Bergambar Di Ruang Melati Rsud Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmiah Manuntung, 3(1), 106–115. https://doi.org/10.51352/jim.v3i1.98
Widhyantari, A. A. ., Triana, K. Y., Sari, N. P. D. ., & Sukmandari, N. M. A. (2022). Perbedaan Efektivitas Tehnik Distraksi Audiovisual Menonton Kartun dan Bermain Puzzle terhadap Kecemasan Anak Prasekolah Saat Menjalani Terapi Nebulizer. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 13(1), 109–115.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |