Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH PLAY EXERCISE FLASH CARD TERHADAP INTERAKSI SOSIAL (SOCIABILITY) PADA PENDERITA AUTIS DI SLB WIRADESA


Pengarang : Amelia Afifah Hani, Dzikra Nurseptiani


Kata Kunci   :Autis, Interaksi Sosial (Sociability), Play Exercise Flash Card

Pendahuluan: Anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki berbagai hambatan gangguan kelainan yang diakibatkan dari berbagai faktor penyebab, diantaranya adalah dikarenakan adanya kerusakan bentuk/kondisi organ mata, telinga, fisik/tubuh yang berpengaruh pada gerak, mental emosional dan sosial sehingga mempengaruhi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Autis merupakan gangguan perkembangan neurologis yang sangat komplek/berat dalam kehidupan yang panjang, yang meliputi gangguan aspek interaksi sosial, komunikasi dan bahasa serta gangguan emosi dan persepsi sensori bahkan pada aspek motoriknya. Upaya fisioterapi untuk meningkatkan Interaksi Sosial dapat dilakukan dengan terapi play exercise flash card .
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Play Exercise Flash Card terhadap Interaksi Sosial (Sociability) Penderita Autis di SLB Wiradesa
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini merupakan pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan uji Paired T Test dengan 25 responden.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian Interaksi sosial (sociability) sebelum dilakukan intervensi didapatkan nilai min 17, nilai max 31 dan nilai rata-rata 24,28. Interaksi sosial (sociability) sesudah dilakukan intervensi didapatkan nilai min 15, nilai max 23 dan nilai rata-rata 18,88. Ada pengaruh yang signifikan pada intervensi pengaruh play exercise flash card terhadap interaksi sosial (sociability) penderita autis di SLB Wiradesa dengan nilai p value 0,001 (p <0,05).
Kesimpulan: Pemberian play exercise flash card dapat meningkatkan interaksi sosial (sociability) penderita autis di SLB Wiradesa.
Saran: penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi bagi fisioterapi dalam meningkatkan interaksi sosial (sociability) penderita autis.
Kata Kunci: Autis, Interaksi Sosial (Sociability), Play Exercise Flash Card
Daftar Pustaka: 51(2017-2023)

Referensi

Alimul Hidayat, A. A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan.

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja: Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Dini, 1(1), 1–14.

Anam, A. A., Rahman, F., & Trisnaningrum, D. A. (2021). Program Fisioterapi Berbasis Play Exercise untuk Perkembangan Motorik pada Anak dengan Delay Development: Studi Kasus. Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education IJOPRE, 2(2), 61–70.

Andriyani, S., & Amalia, L. (2021). Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Autism Spectrum Disorder Melalui Dukungan Keluarga Di Kota Bandung. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 9(3), 476.

Anggreni, D. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan.

Azizah, H. M., Widodo, A., & Muazzaroh, S. (2023). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Autisme Spectrum Disordes: Case Report. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 31–41.

Badan Pusat Statistik. (2022). Rekap Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial(PMKS).

Ballerina, R. (2020). Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Among Siwi Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 396–404.

Barus, D. T., Anggraini, C., & Sembiring, F. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Lego Terhadap Interaksi Sosial Anak Autis Di SDLB 017700 Kisaran Naga Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan Tahun 2019. Jurnal Penelitian Keperawatan Medik, 2(2), 68–73. https://doi.org/10.36656/jpkm.v2i2.226

Burhan, N. Z. (2018). Pengaruh Islamic Flashcard Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial dan Pengetahuan Keagamaan Pada Anak Tunagrahita. UIN Allaudin.

Centers for Disease Control and Prevention. (2023). Prevalensi Autisme Lebih Tinggi, Menurut Data dari 11 Komunitas ADDM.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Ferasinta, F. (2020). Perspektif Orangtua Terkait Kemandirian Anak Autis Pada Aspek Sosial. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(2), 102–106. https://doi.org/10.36085/jkmu.v8i2.854

Handojo, Y. (2019). Autisme pada Anak: Metode ABA Basic. https://www.mendeley.com/catalogue/6ecb6c58-84d0-31ab-995c-3e4b0bb560ea/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B07bcadc7-2f47-4ada-b916-aebecd14e2c0%7D

Hati Baculu, E. P., & Andri, M. (2019). Faktor Risiko Autis Untuk Mengurangi Generasi Autis Anak Indonesia. The Indonesian Journal of Health Promotion, 2(1), 5–11.

Heri, M., Purwantara, K. G. T., & Ariana, P. A. (2021). Terapi Applied Behavior Analysis Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autisme Umur 7-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 35–42.

Januar, Zulmuqim, Alrasi, F., Yudelnislastia, & Hadini. (2020). Tanggung Jawab dan Strategi Pendidikan Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Batusangkar International Conference V, 127–136.

Kurniawan, W., & Juvita, M. (2019). Pengaruh Terapi Sensori Integrasi pada Anak Autis yang Mengalami Gangguan Sensori di Pusat Layanan Autis Provinsi Bangka Belitung. 10(1), 96–110.

Laurencia, F. L. (2020). Fasilitas Pengembangan Bakat Anak dan Remaja Penyandang Autis di Surabaya. EDimensi Arsitektur Petra, VIII(Vol 8, No 1 (2020): Februari 2020), 73 – 80.

Mahapatra, S., Khokhlovich, E., Martinez, S., Kannel, B., Edelson, S. M., & Vyshedskiy, A. (2020). Longitudinal Epidemiological Study of Autism Subgroups Using Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC) Score. Journal of Autism and Developmental Disorders, 50(5), 1497–1508. https://doi.org/10.1007/s10803-018-3699-2

Marlina, I., Zakso, A., & Supriadi, S. (2022). Penerimaan Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1), 1–10.

Mulyani, S. (2021). The Effectivity of Playing Therapy on Communication and Social Development on Autistic Children. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 9(2), 62.

Nazir. (2014). Metode penelitian.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Noya, J. E., & Ambarwati, K. D. (2020). Gambaran Interaksi sosial anak autis di Sekolah Inklusi Multi Talenta Samarinda. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(2), 65–78. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i2.2642

Nurfadhillah, S., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebetuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi SDN 3 Cipondoh. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3, 459–465.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. In Salemba Medika (Vol. 5, Issue 1).

Oktaviani, E., Zuraidah, Susmini, & Ibnu Jamaludin. (2023). Implementasi Terapi Bermain Flash Card Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autisme. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 6(1), 56–64.

Parung, C. A. L., & Pandjaitan, L. N. (2022). Integrasi Psikoedukasi dan Flashcards untuk Melatih Komunikasi Pada Anak Autism Spectrum Disorder. Psikostudia?: Jurnal Psikologi, 11(3), 382. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7751

Paseno, M. M., Madu, Y. G., Irwandy, F., Nikolas, A. K., & Parumpa, A. (2022). Pengaruh Terapi Bermain Assosiatif Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 13(2), 219. https://doi.org/10.32382/jmk.v13i2.3095

Putriana Pitaloka, A. A., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. 2(1), 26–42.

Rahim, A., Ningsih, E. H., & Taryatman. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Interaksi dan Komunikasi Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 1(2), 32–38. https://doi.org/10.30738/jipg.vol1.no2.a7163

Rahmah, M., Milfyetty, S., & Fadilah, R. (2021). Efektivitas Neurofeedback Training Terhadap Emosi dan Interaksi Sosial Pada Anak Autis di Pusat Kajian Psikologi Magister Psikologi Pascasarjana Universitas Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 3(1), 57–75.

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40.

Safitri, N., Arsesiana, A., Agustina, V., & Mawarni, R. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap Interaksi Sosial pada Anak Autis di Yayasan Pendidikan Melati Ceria di Kota Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 1–6.

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3).

Soekanto, S. (2017). Sosiologi suatu pengantar. Perpustakaan Nasional. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1137651

Suardi. (2019). Metode Penelitian. Perpustakaan Nasional. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=578184

Sugiarto, A. J., & Rahmawati, I. M. H. (2020). Pengaruh Metode Applied Behaviour Analysis (ABA) Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Jurnal Keperawatan Vol.18, 18(2), 56–62.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Susiloningtyas, L., Fauziyah, N., & Kusuma Wardhani, R. (2021). Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Stimulasi Psikososial Pada Keluarga Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Journal of Community Engagement in Health, 4(1), 141–148.

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559–564.

Tialani, K. T., Solikhin, N. H., & Susilo. (2023). Pengaruh Terapi ABA Pada Anak Terdiagnosa Autism Spectrum Disorder. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6).

Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Genius, 1(1), 34–42.

Ulumudin, I. (2020). Pengembangan Model “Teknik Imitasi” Sebagai Terapi Dasar Untuk Anak Usia Dini Dengan Autisme. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 41–52.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9.

WHO. (2023). Autism. World Health Organization. https://www-who-int.translate.goog/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Yahya, R. E., Anatarsya, A. A., Anayansya, A. A., Gunarto, K., & Maruti, E. S. (2023). Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran. SENASSDRA 48 Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA, 2(2), 48–58.

Yudhiyantoro, B. I., & Pharamita, D. K. (2023). Interaksi Orangtua Kepada Anak Selama Melaksanakan Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2).

Yusuf, A. M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.

Yuswatiningsih, E. (2021). Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Hospital Majapahit, 13(2), 6.

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia