EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET DAN METODE CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA PASIEN ASMA DI POLI PARU RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN
Pengarang : Nisa Umaroh, Dian Kartikasari
Kata Kunci   :asma, booklet, pendidikan kesehatan, pengetahuan
Latar Belakang : Asma termasuk dalam penyakit dalam jangka waktu lama yang sebenarnya tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi tentu saja dapat dilakukan pengobatan untuk memperingan atau mengendalikan frekuensi terjadinya asma sehingga memerlukan pengetahuan untuk mengelola penyakit asma.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap tingkat pengetahuan pada pasien asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan.
Sampel:Penelitian ini menggunakan 20 sampel yang dibagi menjadi dua yaitu 10 kelompok intervensi dan 10 kelompok kontrol dengan menggunakan teknik konvinincence sampling.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment dengan pendekatan pre-post test with control group. Penelitian ini dilaksanakan dari 9 – 24 juni 2023
Hasil : Pada penelitian ini didapatkan hasil dengan uji wilxocon pada metode ceramah yaitu p-value 0,04 (<0,05) artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah. Hasil uji wilxocon pada kelompok intervensi dengan booklet yaitu p-value 0.17 ( >,0,05) yang artinya tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa media booklet kurang efektif untuk meningkatkat pengetahuan daripada metode ceramah pada pasien asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan dengan uji mann whitney p-value 0,033 (<,0,05).
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |