Remaja Indonesia semakin tertarik pada budaya Pop Korea. K-Pop, musik pop dari Korea Selatan, telah menarik banyak penggemar di Indonesia. Kecintaan terhadap K-Pop sering kali mendorong pembelian produk terkait, sehingga penting bagi penggemar K-pop untuk memahami cara mengelola keuangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol diri, literasi keuangan, dan inklusi keuangan terhadap perilaku keuangan penggemar K-pop di Indonesia. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan disebarkan lewat Google Forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kontrol diri, literasi keuangan, dan inklusi keuangan berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Implikasi dari penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang sehat di kalangan komunitas penggemar
Ade Gunawan, U. S. (2022). Pengaruh Kontrol Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. SEMINAR NASIONAL MULTIDISIPLIN ILMU, 1-25.
Akbar, A. (2023, januari 20). Mau Nonton Konser K-Pop Di Jakarta? Siapin Uang Segini. Diambil kembali dari Cnbcindonesia: https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20230130110521-72-409217/mau-nonton-konser-k-pop-di-jakarta-siapin-uang-segini
Anggraeni, R. (2023, September 11). Ramai Anak Muda Belanja Photocard K-Pop Pakai Pinjol dan Paylater, Ekonomi Ingatkan Resikonya. Diambil kembali dari Finansial.bisnis.com: https://finansial.bisnis.com/read/20230911/563/1693681/ramai-anak-muda-belanja-photocard-k-pop-pakai-pinjol-dan-paylater-ekonom-ingatkan-risikonya
Annur, C. M. (2022, Juli 26). Mayoritas Penggemar K-Pop dan K-Drama Hanya Nikmati Konten Gratisan. Diambil kembali dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/26/mayoritas-penggemar-k-pop-dan-k-drama-hanya-nikmati-konten-gratisan
Annur, C. M. (2023, Maret 10). Mayoritas Fans Korea Mau Beli Produk Yang Dipromosikan Idola. Diambil kembali dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/10/tsurveyid-mayoritas-fans-korea-mau-beli-produk-yang-dipromosikan-idola
azizah, N. s. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 92-101.
Dina, S. (2023, Januari 2). Penggalangan Dana Oleh Fans K-Pop. Diambil kembali dari Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/sabiladina/63b2dd3408a8b533e83486a3/penggalangan-dana-oleh-fans-k-pop
Dzurrotun Nasihah, A. L. (2019). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1-6.
Fajar Rohmanto, A. S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Lifestyle Hedonis, Dan Sikap Keuangan Pribadi Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, BIsnis dan Manajemen), 1-48.
FARISYI, M. Z. (2024). Pengaruh Fintech E-Wallet dan Literasi Keuangan. repository.uinsaizu.ac.id.
herawati, u. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal ilmiah akuntansi dan humanika, 127.
Hermawan, E. A. (2023, Oktober 23). Pengaruh Budaya K-Pop Terhadap Anak Remaja Masa Kini Di Indonesia. Diambil kembali dari Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/evelynangelina/65321ca8edff767cb9657162/pengaruh-budaya-k-pop-terhadap-anak-remaja-masa-kini
Iman, D. (2023, November 03). Penggemar K-pop di Indonesia Capai Rekor "Luar Biasa Cepat" Galang Dana untuk Palestina. Diambil kembali dari VOA: https://www.voaindonesia.com/a/penggemar-k-pop-di-indonesia-capai-rekor-luar-biasa-cepat-galang-dana-untuk-palestina/7339338.html
kim, Y. (2021, Juli 30). K-Pop Kembali Cetak Rekor Dengan 7,5 Milyar Tweet. Diambil kembali dari blog.x.com: https://blog.x.com/in_id/topics/insights/2021/kpop-kembali-cetak-rekor-dengan-7-5-milyar-tweet
Lantican, F. (2020, November 30). Riset Terbaru Ungkap Uang Yang Biasa Dihabiskan Penggemar K-Pop Demi Idolanya. Diambil kembali dari Vice.com: https://www.vice.com/id/article/xgzwy3/harga-merchandise-k-pop-yang-dibeli-penggemar-k-pop-asia-tenggara
M.Farid zulfiadi, M. s. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku keuangan Pada Mahasiswa PTKIN Di Jawa Timur. JIMEA (Jurnal Ilmiah MEA Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 1-14.
Maela, N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Repository ump.
Manurung, H. L. (2023, Juni 23). Photocard, Diversifikasi Investasi Ala Kpopers. Diambil kembali dari Honorary Reporters: https://honoraryreporters.korea.net/board/detail.do?articlecate=1&board_no=11808&tpln=10
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling.
Mutawally, F. W., & Haryono, N. A. (2019). Pengaruh Financial Literacy, Risk Perception, Behavioral Finance dan Pengalaman Investasi Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Surabaya. Jurnal ilmu manajemen.
Ni Wayan Novi Budiasni, M. D. (2023). Pentingnya Literasi Keuangan, Locus Of Control dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Sektor UMKM. Journal of Economic, Business and Accounting, 1-7.
OJK. (2022, November 22). Siaran Pers: Survei National Literasi dan Inklusi Keuangan. Diambil kembali dari Ojk.go.id: https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Prambors. (2023, April 04). Daftar Negara Penggemar K-Pop Terbanyak, Indonesia Konsisten No 1. Diambil kembali dari pramborsfm.com: https://www.pramborsfm.com/lifestyle/konsisten-indonesia-masih-jadi-peringkat-pertama-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia
Ridwan, M. F. (2020, Desember 28). K-Pop Yang Kini Menjadi The New Pop Culture. Diambil kembali dari kumparan.com: https://kumparan.com/fajriridwan789/k-pop-yang-kini-menjadi-the-new-pop-culture-1urzdrxsQRY
rohmah, F. n. (2023, Januari 3). Lebih Dari 16 Persen Fans K-Pop Pernah Jadi Korban Penipuan. Diambil kembali dari tirto.id: https://tirto.id/lebih-dari-16-persen-fans-k-pop-pernah-jadi-korban-penipuan-gAzN
Salsabilla, R. (2023, oktober 03). Fans K-Pop Paling Royal, Rela Habiskan Rp142 Juta Demi Idola. Diambil kembali dari Cnbc indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230925154329-33-475366/fans-k-pop-paling-royal-rela-habiskan-rp142-juta-demi-idola
Salsyabilla Marsya Putri Erin Syahrial, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, dan Perilaku Konsumtif terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Penggemar K-pop. Bandung Conference Series: Business and Management, 1-7.
Silviana Veriwati, D. T. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1-12.
Sri wahyuni abdurrahman, S. o. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia), 1-7.
Sufyati HS, A. L. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 1-16.
Sulistyowati, F. &. (2022). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Player Call Of Duty: Mobile. Jurnal kajian ilmiah.
Triadanti. (2019, February 26). Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans K-Pop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota? Diambil kembali dari Idn times: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota
Widya, A. (2021, Agustus 23). Perlukah Saving Money Challenge Ala Fans K-Pop? Ini Kata Penggemar. Diambil kembali dari Parapuan.co: https://www.parapuan.co/read/532852277/perlukah-saving-money-challenge-ala-fans-kpop-ini-kata-penggemar#google_vignette
Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Jurnal upi-yai, 36.
Winessa, A. (2023, Juli 29). Cara Beli Merchandise K-Pop Di Weverse Shop, Bisa Bayar Pakai E-Wallet. Diambil kembali dari fame.grid.id: https://fame.grid.id/read/463846960/cara-beli-merchandise-kpop-di-weverse-shop-bisa-bayar-pakai-e-wallet?page=all
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |