Pendahuluan: Kemampuan koordinasi merupakan salah satu aspek penting pada
anak karena mempengaruhi perkembangan gerak anak. Koordinasi mata dan tangan
membutuhkan kekuatan otot besar dan dilakukan secara bersamaan dan dipengaruhi
oleh tingkat kemampuan setiap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak berkebutuhan khusus,
khususnya anak tunagrahita usia 7–10 tahun.
Metode: Desain penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan teknik
pengukuran. Sampel diperoleh menggunakan metode purposive sampling dengan
jumlah 25 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan alat
ukur lempar tangkap bola tenis yang memiliki nilai validitas sebesar 0,818 dan nilai
reliabilitas sebesar 0,956.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengukuran lempar
tangkap bola tenis tidak ada responden berkategori sangat baik, sebanyak 2
responden (8%) berkategori baik, 4 responden (16%) berkategori cukup, sebanyak
15 responden (60%) berkategori kurang dan 4 responden (16%) berkategori sangat
kurang.
Diskusi: Sebagian besar hasil pengukuran koordinasi mata dan tangan pada anak
masih tergolong buruk. Sebagian besar responden mengalami kesulitan
mengarahkan bola ke arah sasaran dan sering kali tidak tepat dalam menangkap
bola karena kecepatan reaksi tangan yang
lebih lambat dan kurangnya konsentrasi anak dalam melihat arah datangnya bola.
Adatul’aisy, R., & Puspita, A. (2023). Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 82–93.
Adenikheir, Annisa. (2021). Koordinasi dan daya ingat anak tunagrahita ringan setelah pemberian brain gym. 3(3), 545–553.
Afiata, N. G., Indarwati, ., & Leni, A. S. M. (2022). Pengaruh Balance Strategy Exercise Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Physio Journal, 2(1), 19– 22.
Aida Farida. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah, IV(2), 2338–2163.
Anggara, T. (2017). Hubungan Koordinasi Mata Kaki, Daya Ledak Otot Tungkai Dan Percaya Diri Dengan Hasil Lari Sprint 100 Meter Pada Atlet Pplp Bangka Belitung. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 135–146.
Apriany, D., Yanti, C. (2021). Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Kebutuhan Khusus (Pendekatan SDKI, SLKI, DAN SIKI). Yogyakarta: Deepublish. Apriyanto, Rosalina Wardan Tirto., Ika Novitaria Marani. Hubungan Koordinasi Mata, Tangan, dan Kaki Terhadap Kemampuan Dig pada Atlet Bola Voli
Putri (2020). Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol . 4 Januari 2020. 4(2).
Ardi, R. K., Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2022). Implementasi Standing Stork Test Secara Daring Untuk Mengukur Aspek Kebugaran Jasmani Keseimbangan Siswa Smpn 1 Bangkalan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2531–2538.
Bagaskoro, A., & Nugraheningsih, G. (2022). Analisis Tingkat Kemampuan Keseimbangan pada Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Tunagrahita pada SLB Citra Mandala Bekasi Timur. GYMNASIA: Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 1(1).
Balayi, E., Sedaghati, P., & Ahmadabadi, S. (2022). Effects of Neuromuscular Training on Postural Control of Children with Intellectual Disability and Developmental Coordination Disorders: Neuromuscular Training and Postural Control. BMC Musculoskeletal Disorders, 23(1), 1–10.
Budiman, I. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Peningkatan Keseimbangan Dinamis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 933–942.
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. FItrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42.
Ghani, M. Al, Parlindungan, D., & Yulianingsih, I. (2020). Hubungan Power Otot Lengan Koordinasi Mata Tangan dan Rentang Tangan dengan Hasil Servis Atas Pada Pemain Bola Voli Universitas Muhammadiyah Jakarta. Riyadhoh?: Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 47.
Hardiansyah. (2019). Profill Gross Motor Skill dan Fina Motor Skill pada Anak Usia 6-7 Tahun. Skripsi.
Hidayatullah, M. T., Hariyanto, E. (2024). Hubungan antara keseimbangan dan kelincahan pada anak sekolah dasar. GYMNASIA: Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keseshatan. 4(2), 63.
Irvan, I., Kamaruddin, I., & Fachrul, F. (2022). Kemampuan Fisik Aspek Keseimbangan Dan Koordinasi Mata Tangan Pada Anak Tunagrahita Di SLBC YPPLB Makassar. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 6(1), 84.
Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2).
Kamil, N. (2023). Peningkatan kemampuan koordinasi mata dan tangan anak usia dini melalui kegiatan membatik dengan lilin. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 18(1), 165–176. Kawatama. (n.d.). Panduan Tes Koordinasi Tangan dan Mata/Lambung Tangkap Bola (Modifikasi) › Asesmen Kebugaran | Kemendikbud. Diakses pada 12 Oktober 2024.
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40.
Kurniawan, M. R. (2016). Hubungan antara Koordinasi Mata dan Tangan dengan Akurasi Pukulan Jarak Jauh pada Olahraga Woodball. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Memisevic, H., & Djordjevic, M. (2018). Visual-Motor Integration in Children With Mild Intellectual Disability: A Meta-Analysis. Perceptual and Motor Skills, 125(4), 696–717.
Mardiansyah. Ramadhan, R. A., & Suryani R. (2024). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus dan Klasifikasinya. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 165-166.
Pahlepi, N., Lubis, P. H. M., & Oktariyana, O. (2023). Hubungan Antara Koordinasi Mata-mata dan Kelentukan Togok Dengan Hasil Pukulan Clear pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bulutangkis di SMP Negeri 4 Muara Enim. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 187–201.
Putra, I. G. E. S., Khoeriyah, S. M., Lubis, D. P. U., & Istichomah. (2021). Pengaruh Metode Bermain Bola Basket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Usia 10-12 Tahun. Jurnal Kesehatan, 12(2), 285–289. Putri, O. S.,
Artistia, P., Nurhaliza, N., & Andriani, O. (2024). Karakteristik Dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional Dan Akademik. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, 2(1), 100.
Rochyadi, E. (2015). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Modul.
Rosmaya, I., Sulaeman, S., & Purwati, N. H. (2019). Pengaruh Video Interaktif dan Media Gambar terhadap Kemampuan Merawat Diri pada Anak Tunagrahita. Journal of Tekenursing. 1(1), 21.
Setiawan, A. A., Syafrial, S., & Defliyanto, D. (2019). Analisis Kemampuan Koordinasi Dan Kecepatan Reaksi Siswa Tuna Grahita Dan Autis (Studi Kasus Di SLB Negeri Autis Center) Kota Bengkulu. Kinestetik, 3(1), 19–28.
Setiawan, I., Gansar, D., Wijayanti, S., & Annas, M. (2024). Pengaruh Permainan Lempar Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Mata Tangan Dan Kaki Siswa Tunagrahita. Indonesian Journal for Physical Education and Sport. 5(2), 565– 573.
Sopyan, A. M. (2018). Dampak Latihan Bounce and Catch Terhadap Peningkatan Koordinasi Mata-Tangan. Universitas Pendidikan Indonesia
Tarigan, E. (2019). Efektivitas metode pembelajaran pada Anak Tunagrahita di SLB Siborong-Borong. Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 56–63.
Triana, D. D., Husni, E. (2017). Senam Otak Berbasis Gerak Tradisi Koordinasi Asimetris Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sarwahita, 14(01), 10–20.
Trimarta, B. Sutisyana, A. Prabowo, A. (2024). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 4 Kota Bengkulu. Sport Gymnatics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 49–58.
Valentini, N. C., Ramalho, M. H., & Oliveira, M. A. (2014). Movement Assessment Battery for Children-2: Translation, reliability, and validity for Brazilian children. Research in Developmental Disabilities, 35(3), 733–740.
Widarti, R., & Fatarudin, R. (2018). Manfaat Ankle Strategy Exercise Terhadap Keseimbangan Statis Pada Lansia di Posyandu Lansia Ngudi Waras Dusun Bugel Sukoharjo. The 7th University Research Colloqium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 2012, 392–399
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |