Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Praktik Keluarga dalam Merawat Penderita Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Nunung Wulandari, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :Pengetahuan, Praktik, Gangguan Jiwa
Penderita gangguan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan dunia. Penderita gangguan jiwa membutuhkan keluarga untuk merawat. Pendidikan kesehatan dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan praktik keluarga dalam merawat penderita gangguan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan praktik keluarga dalam merawat penderita gangguan jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian menggunakan pra eksperimental. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian adalah keluarga yang memiliki penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Karanganyar Kabupaten Pekalongan sebanyak 50 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pengetahuan tentang perawatan penderita gangguan jiwa sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebesar 11 dan sesudah sebesar 16,46. Rerata nilai praktik dalam perawatan penderita gangguan jiwa sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebesar 8,36 dan sesudah sebesar 12,52. Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan (Ï: 0,000) dan praktik (Ï: 0,000) keluarga dalam merawat penderita gangguan jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Insitusi kesehatan disarankan membuat kebijakan tentang program kesehatan jiwa dengan memberikan pendidikan kesehatan pada keluarga agar dapat merawat penderita gangguan jiwa.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |