GAMBARAN UPAYA SISWA MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Febriyani Puji Lestari, Dafid Arifiyanto
Kata Kunci   :Upaya siswa, Perilaku bullying
Latar Belakang: Kejadian bullying di Indonesia akhir-akhir ini menjadi salah satu permasalahan dan tren terbesar di kalangan remaja. Menurut data terbaru, 2 dari 3 anak perempuan dan laki-laki berusia 13 hingga 17 tahun pernah mengalami setidaknya satu jenis kekerasan dalam hidup mereka, sementara 41% anak berusia 15 tahun telah mengalami perundungan selama lebih dari beberapa kali setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran upaya siswa dalam mencegah perilaku bullying di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jumlah sampel sebanyak 304 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner upaya siswa dalam mencegah perilaku bullying yang telah di uji validitas menggunakan uji pearson product moment 0, 361 dan reliabilitas cronbach alpha 0, 862. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisa univariat dengan distribusi frekuensi.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin responden adalah perempuan sebanyak 65,8% sedangkan laki laki 34,2%. Pada karakteristik responden berdasarkan usia yaitu 12 tahun 3%, 13 tahun 46,7%, 14 tahun 42,8% dan 15 tahun 7,6%. Sedangkan pada upaya siswa mencegah perilaku bullying dikategorikan upaya siswa baik sebanyak 85,2%, upaya siswa cukup baik yaitu 11,8% dan upaya siswa kurang baik yaitu 3%.
Simpulan: Upaya siswa mencegah perilaku bullying dapat disimpulkan dengan kategori upaya siswa baik sebanyak 85,2%, upaya siswa cukup baik yaitu 11,8% dan upaya siswa kurang baik yaitu 3%.
Referensi
Abdullah, G., & Ilham, A,. (2023). Pencegahan perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 03 (1). ISSN 2809-3291. https://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.175-182.2023
Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan Per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengan. Diakses pada 25 November 2023. Dari (online). https://jateng.bps.go.id/indicator/30/1026/1/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
Budhi, S. (2016). Kill Bullying: Hentikan Kekerasan di Sekolah.
Budi, P. (2023, Desember 11). Perundungan pada Anak ‘Tantangan Bersama di Satuan Pendidikan’. Diakses pada Agustus 8, 2024. Dari (online).https://www.rri.co.id/daerah/477125/perundungan-pada-anak-tantangan-bersama-di-satuan-pendidikan
Direktorat Sekolah Dasar (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk!. Jakarta.
Eddy, R et al., (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran . Bojong, Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM-Anggota IKAPI),14.
Ellyvon, P. (2022, Agustus 14). 4 Penyebab Anak Melakukan Bullying. Diakses pada Febrari 11, 2024. Dari (online). https://www.kompas.com/sains/read/2022/14/193000323/4-penyebab-anak-melakukan-bullying?
Napitulu, E, L. (2022, Oktober 19). Mencegah Perundungan di Sekolah. Diakses pada Agustus 7, 2024. Dari (online).
Fathra, A, N., Jumaini., & Diva, D, L. (2019). Analysis Of Bullying Case Problem In School. Jurnal Keperawatan Soedirman. 14 (2): 126135. ISSN: 1907-6637.e-ISSN:2579-9320. https://doi.org/10.20884/1.jks.2019.14.2.996
Fatimatuzzahro, A. (2023). Efektivitas Terapi Empati untuk Menurunkan Perilaku Bullying. Stiletto Book.
Febriani, S., & Selvia, N, S. (2023). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Bullying Pada Siswa di SDN 81 Kota Bengkulu. Jurnal Ners Generation . Vol. 02, No. 1, pp 21-27.
Irene, A. (2023, Oktober 19). Faktor Psikologis, Penyebab Bullying di Kalangan Remaja. Diakses pada Maret 10, 2024. Dari (online). https://www.rri.co.id/singaraja/kesehatan/407572/faktor-psikologis-penyebab-bullying-di-kalangan-remaja
Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan.Jakarta : Pranada Media Grup.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2023, April 06). Mencegah Perundungan di Lingkungan Pendidikan. Diakses pada Agustus 02, 2024. Dari (online).
Kementerian Kesehatan. (2023, Oktober 07). Stop Bullying Sekarang Juga!. Diakses pada November 30, 2023. Dari (online). https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2820/stop-bullying-sekarang?juga
Kurniawan, W. & Agustini, A. (2021). MetodologiPenelitian Kesehatan dan Keperawatan. Cirebon : Rumah Pustaka.
Moh, Z, R. (2016). Hubungan Antara Usia, Tingkat Kelas Dan Jenis Kelamin Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. The 3rd University Research Colloquium. Hal. 526-532. ISSN 2407-9189
Novi, H., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. Jurnal Keperawatan. Vol. 15, No. 01, Hal. 60-66.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi ke-5. Jakarta: Salemba Medika.
Regi, P, V. (2023, Oktober 10). ‘KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus Pelanggaran Perlindngan Anak Selama 2023, 861 di Lingkungan Pendidikan’. Diakses pada November, 21, 2023. Dari (online). https://amp.kompas.com/nasional/read/2023/10/10/05401641/kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023-861-di
Sapitri, B, A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Guepedia.
Syapitri, H., Amila., & Aritonang, J. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Kota Malang: Ahlimedia Press.
Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.
UNICEF. (2021). Indonesia: Ratusan anak dan remaja menyeruka kebaikan dan diakhirinya perumdungan. Diakses pada Desember, 5, 2023. Dari (online).https://www.unicef.org/indonesia/id/siaran-pers/indonesia ratusan-anak-dan-remaja-menyerukan-kebaikan-dan-diakhirinya perundungan
Uswatun, C., Thika, M., & Dian, S. (2015). Dampak Bullying Pada Mahasiswa Keperawatan Di DKI Jakarta Dalam Perspektif Kesehatan Jiwa. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan. Vol. 5, No. 1. ISSN:1693-6868.
Widiyono, dkk. (2023). Buku Mata Ajar Konsep Dasar Metodologi Penelitian Keperawatan.Kediri: Lembaga Chakra Brahmanda Lentera.
Widodo, S, dkk. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.CV Science Techno Direct.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |