Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) SMA Muhammadiyah Se- Kabupaten Pekalongan
Pengarang : M.azkal Azkiya, Mega Widya Putri, Idah Tresnowa
Kata Kunci   :Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Pekalongan
ABSTRAK
M Azkal Azkiya, 2024 : Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehata (PJOK) SMA
Muhammadiyah Se-Kabupaten Pekalongan. Pembimbing 1 Mega
Widya Putri, S. Pd., M.Or. Idah Tresnowati M. Pd Pembimbing 2.
Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di
sekolah, baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah
Menengah Atas (SMA). Pada hakikatnya pendidikan jasmani adalah pendidikan yang
melalui aktivitas jasmani guna mencapai tujuan pendidikan yang menyeluruh (Widodo,
2018), jadi pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan yang mengembangkan
keterampilan motorik siswa dengan bermain, berolahraga serta melakukan aktivitas
jasmani yang dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan belajar. Selain itu, tujuan
pendidikan jasmani juga mengarah pada tiga aspek diantaranya aspek afektif, kognitif dan
psikomotor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum merdeka
belajar dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasipada mata pelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran PJOK dapat berjalan sesuai dengan
program kerja yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Dalam proses pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PJOK di SMA
Muhammadiyah se-Kabupaten Pekalongan mulai dari guru mempersiapkan
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan pelaksanakan pembelajaran baik daring
maupun luring menggunakan kurikulum merdeka pebajar namun pada saat membuat
evaluasi pembelajaran guru masih mengkombinasikan dengan kurikulum sebelumnya.
Maka peneliti dapat mengambil Kesimpulan bahwa implementasi kurikulum
Merdeka belajar dalam pembelajaran. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di
SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan dan SMA Muhammadiyah 2
Pekajangan selama kurang lebih dua tahun ini sudah berjalan dengan cukup baik.
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan,
SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Pekalongan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA Afgani, J. (2019). Analisis Kurikulum Matematika. Modul Pengembangan Kurikulum, 1–34. Agus, M., & Bambang, A. J. (2021). Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/SMK Untuk Kelas X. Argita Endraswara. (2013). Metode penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Asadullah, M. N., & Maliki. (2018). Madrasah for girls and private school for boys? The determinants of school type choice in rural and urban Indonesia. International Journal of Educational Development, 62, 96–111. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2018.02.006 Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61 Basuki, K. (2019). Studi Deskriptif. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 68–74. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403 Fadli, U. S. (2023). Oleh. Ummu Syarifah Fadli NIM. 31501900134. Fauziah, A. A., Hakim, L., & Hawing, H. (2022). Kebijakan Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 di Kabupaten Bone. Kybernology : Journal of Government Studies, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.26618/kjgs.v2i1.8432 Febriati, E. W. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pjok Di Smp Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Seminar Nasional KeIndonesiaan VII, November, 844–849. Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236– 243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243 Hafid, A., Amran, M., & Rosmalah, R. (2021). Gambaran Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Prodi PGSD FIP UNM. Seminar Nasional LP2M UNM, 621–633. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25308%0Ahttps://ojs.unm.ac. id/semnaslemlit/article/download/25308/12683 Hananingsih, W., & Imran, A. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1593 Hernita Ulfatimah. (2020). Implementasi Tabungan Baitullah Ib Hasanah Dan Variasi Akad Pada Pt. Bni Syariah Kantor Cabang Pekanbaru. In Skripsi (Issue 201310200311137). Hidayat, A. W. (2018). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Pendidikan 71 Agama Islam di SDN Demangan Yogyakarta. Tarbiyatuna, 9(2). https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2268 Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. 233–240. Kartika, I. M. (2010). Kurikulum-1.Pdf. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra Denpasar, Nd, 1–7. https://scholar.google.com/citations?user=BV1LoYgAAAAJ&hl=en&oi=sra Komang Wahyu Wiguna, I., & Adi Nugraha Tristaningrat, M. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 20. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi Kusumawardhana, B., Hudah, M., & ... (2022). Pendampingan Pembuatan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Mgmp Pjok Sma Kota Semarang. Seminar Nasional …. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3504%0Ahttps://c onference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/download/3504/2185 Kusumawati, M., Abidin, D., Haqiyah, A., Mylsidayu, A., Basri, H., Faiz Ridlo, A., Iskandar, T., Lasma Siregar, Y., Diana Mamesah, E., Aini, K., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., & Keguruan dan Ilmu, F. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–9. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/index LNOR SAIDAH. (2018). Penelitian substansi. 1–23. Lohr, L., & Gall, J. E. (2005). Curriculum, plans, and processes in instructional design: International perspectives. Educational Technology Research and Development, 53(3), 105–106. https://doi.org/10.1007/bf02504802 Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174 Mathematics, A. (2016). Buku Guru Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan. 1–23. Muricata, D. J. A. (2016). Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Entrepreneurship: Studi Kasus di Pondok Pesantren Asy-Syifa’ Cumedak, Sumber Jembe-Jember. 15–53. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3979 Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268 Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141– 147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248 Nasution, S. W. (2021). Prosiding Pendidikan Dasar Url: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan 72 Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181 Ngurah Arya Yudaparmita, G., Gerak Dasar AUD Halaman, K., & Ngurah Arya Yudaparmita Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, G. (n.d.). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Jasmani Berdasarkan Sudut Pandang Merdeka Belajar. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 2022. Nugroho. (2019). Pertimbangan Guru Dalam Memberikan Penilaian Mata Pelajaran Pjok Berdasarkan Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Bagi Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman Teacher Considerations in Giving Study Assessment of Physical Education Based on Cognitive, Afecti. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1–10. Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 219–228. https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331 Prastowo, A. (2018). Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 111–125. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2567 Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222 Ramadhanti, M. P., & Musringudin, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 47–52. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.49838 Rimbani, R. M. (2017). Bab Iii Metodologi Penelitian [Pdf]. 20–32. http://repository.unpas.ac.id/32645/5/BAB III.pdf Setya Mustafa, P., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA) |, 3(2), 422–438. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika Shunhaji, A., Syaidah, K., & ... (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan AlQur’An Dan Qur’Anic Parenting DalamMeningkatkan Kecerdasan Spiritual: Analisis Kualitatif Pada Anak Usia Dini di Lembaga Tahfiz Al-Qur’an Usia Dini Istiqomah Bekasi Jawa Barat. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 2(7), 2801–2821. https://psikologi.uma.ac.id/kurangnya-peran-orang-tua-terhadappendidikan-anak/. Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136 Sutikno, Y. (2016). Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran di Kelas. Jurnal Maitreyawira, 4(1), 36–41. Widodo, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah. Jendela Olahraga, 3(1). https://doi.org/10.26877/jo.v3i1.2059 Yoon, C. (2014). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan 73 Kesehatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Yuliawan, E., Samsudduha, A., & Saputra, A. (2023). Tanjung Jabung Timur Implementation Of The Independent Learning Curriculum At Sma Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Universitas Jambi , [email protected] Universitas Jambi , [email protected] Universitas Jambi , [email protected]. 2(1), 1–8. Gani, Alif Atalia. (2023). Apakah yang Dimaksud dengan Perangkat Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka? Ini Pemaparan Lengkapnya!. (Diakses pada 2 Juni 2023) https://.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr2616385390/apakah-yang-dimaksud-dengan-perangkat-pembelajarandalam-kurikulum-merdeka-ini-pemaparan-lengkapnya?page=2 Seriliceus (2021). Afektif – Pengertian, Penilaian, Fungsi ( Diakses pada 17 Mei 2021) https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/afektif/
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |