Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI MEDIA BIDANG MIRING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KASEPUHAN 05 KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG


Pengarang : Bejo Sapto Utomo, Risdiani, Idah Tresnowa


Kata Kunci   :Media Bidang Miring, Guling Depan, Senam Lantai, Hasil Belajar

Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Januari 2024
ABSTRAK
Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Media Bidang
Miring Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kasepuhan 05 Kecamatan Batang
Kabupaten Batang
Bejo Sapto Utomo, Risdiani, M.S.I. Ida Tresnowati, M.Pd.
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IV SDN
Kasepuhan 05 kecamatan Batang Kabupaten Batang pada mata Pelajaran PJOK
khusunya materi senam lantai guling depan, Penelitian Tindakan kelas ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK,
khusunya pembelajaran senam lantai guling depan melalui media bidang miring.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Tindakan kelas, di SDN
Kasepuhan 05 Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Dengan Subyek penelitian
terdiri dari 21 siswa kelas IV. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, dan
dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru SDN Kasepuhan 05
Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media bidang miring
pada pembelajaran senam lantai guling depan pada siswa kelas IV SDN
Kasepuhan 05 Kecamatan Batang Kabupaten batang tahun Pelajaran 2023/2024.
Menunjukan peningkatan hasil belajar, dilihat dari nilai pretest kategori tuntas 5
siswa atau 23.8% dan yang tidak tuntas 16 siswa atau 76.2% pada siklus 1
didapatkan hasil ketuntasan 13 siswa atau 61.9%, yang tidak tuntas 8 siswa atau
38.1%, dan siklus 2 didapatkan hasil ketuntasan 19 siswa atau 90.5% sedangkan
yang belum tuntas 2 siswa atau 9.5%. Hasil ini menunjukan sesuai dengan apa
yang sudah ditargetkan yaitu ketuntasan minimal 80%. Dengan demikian hasil ini
membuktikan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan yang dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih < 0,05, dari penjabaran
hasil diatas maka penelitian ini dikatakan berhasil. Peneliti berharap hasil
penelitian dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Media Bidang Miring, Guling Depan, Senam Lantai, Hasil Belajar.

Undergraduate Program in Physical Education
Faculty of Health Sciences
University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
January 2024
ABSTRACT
Bejo Sapto Utomo1, Risdiani, M.S.I2. Ida Tresnowati, M. Pd3
Improving Learning Outcomes on Forward Roll in Gymnastics Using Inclined
Plane Media for the Fourth-Grade Students at SD Negeri Kasepuhan 05, Batang
District, Batang Regency
The study based on low learning outcomes of the fourth-grade students at SD
Negeri Kasepuhan 05, Batang District, Batang regency at the subject of Physical,
Sport, and Health Education in term of forward roll in gymnastics. This class
action research aims to improve their learning outcomes at the subject stated above
using inclined plane media. The subject of this study was 21 students in the fourthgrade
by using two cycles, collaboratively conducted between the researcher and
the teacher of SDN Kasepuhan 05, Batang District, Batang Regency. The test was
applied as the data collecting technique and the instrument as well.
The result stated applying inclined plane media of forward roll in gymnastics on
the fourth-grade students of SDN Kasepuhan 05 at the area stated above in the
Academic Year 2023/2024 has improved the learning outcomes. Judging from the
pretest scores in the complete category, 5 students or 23.8% and those who did not
complete were 16 students or 76.2% in cycle 1. The results showed that 13
students or 61.9% did not complete, 8 students or 38.1% did not complete.
Meanwhile, in cycle 2, the results obtained were 19 students or 90.5% complete,
while 2 students or 9.5% were incomplete. This result shows that it is in line with
what has been targeted; a minimum of 80% completeness. Therefore, it proved
there is a significant improvement of learning outcomes, with a value 0,000 which
means more than < 0,05. Thus, it is expected that the result of the study could be
a reference for further researcher.
Keywords: inclined plane media, forward roll, gymnastic, outcome learning

Referensi

Adrianto, S. (2022). Mengapa Media Pembelajaran Itu Penting. Aranca Pratama. Antoni, M. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Miring

Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang Dan Tingkat Kecemasan. 07.

Arifin, A. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga, Dan Kesehatan Sd/Mi Kelas V.

Br. Sinuraya, J. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Senam Lantai Dengan Menggunakan Permainan 3 Pos. In Wikipedia Bahasa Indonesia,EnsiklopediaBebas.

Https://Id.Wikipedia.Org/W/Index.Php?Title=Olahraga&Oldid=24107312

Eka, L. Y. (2016). Penerapan Strategi React (Relating, Experience, Appliying, Cooperating, And Transfering) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar.

Fatkhurohman, F. (2022). Penggunaan Media Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri Plosowangi. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 276–281. Https://Doi.Org/10.51878/Elementary.V2i4.1721

Husdarta, J., & Saputra, Y. M. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Alfabeta,Cv.

Jasiah, J. (2021). Mahir Menguasai (Penelitian Tindakan Kelas) Dalam 20 Hari. Makadada, F. A. (2023). Senam Lantai Keterampilan Guling Depan. Teguhdanarajaya.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktek.

Ganding, 44(8), 1–87.

Muhajir Gunawan, A. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga , Dan Kesehatan Untuk Smp Kelas Viii.

Muhajir, M. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Mukti, F. N., Sunanto, S., Hidayat, M. T., & Susanto, R. U. (2023). Pengaruh Penggunaan Matras Bidang Miring Terhadap Peningkatan Kemampuan Guling Depan Pada Mata Pelajaran Pjok Di Sdn 2 Nglurup Ponorogo. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 530–535. Https://Doi.Org/10.55681/Nusra.V4i3.1275

Natas Pasar Pasaribu, A. M. (2022). Buku Ajar Senam Dasar.

 

Nggaa, P. N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada Smp. 5(1).

Nur Nasution, Dr. W. (2017). Strategi Pembelajaran.

Oleh, D., & Susanti, F. (N.D.). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas Vi Terhadap Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Di Sd Negeri Gadingan Kecamatan Wates Kabupaten Kulonprogo.

Permendikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Purnomo, S. (N.D.). Upaya Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Guling Belakang Menggunakan Bidang Miring Peserta Didik Kelas X Busana 4 Smk N 4 Yogyakarta.

Riyanto, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Alat Bantu Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 1 Ngampelkulon Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. 3(2).

Roji Dan Yulianti, R. Eva. (2017). Buku Guru, Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Untuk Smp/Mts Kelas Viii.

Sandika, T. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.

Sanjaya, Prof. Dr. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Saripudin, A. (2008). Persiapan Uasbn Ipa Untuk Sd/Mi.

Septiana, R. A., Kurnia, D., & Friskawati, G. F. (2022). Pengembangan Video Assignment Based On Motion Analysis (Vabma) Pada Pembelajaran Senam Lantai. Physical Activity Journal, 4(1), 13. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2022.4.1.6145

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media.

Sudarwanto, D. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Guling Belakang Kaki Tekuk Dengan Media Alat Bantu Bidang Miring Dan Media Aktif. 03.

Tresnowati, I. (2023). Belajar Senam Lantai. Satria Publiser.

Wahyuningsih, E. (N.D.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Modifikasi Media Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas X-1 Sma Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Wiyono, W. (2023). Peningkatan Prestasi Siswa Tentang Senam Lantai Melalui Penggabungan Kekuatan Dua Orang Penjaskes. Patria Eduacational Journal (Pej), 3(2), 184–188. Https://Doi.Org/10.28926/Pej.V3i2.1076

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia