ANALISIS KEPUASAN WEBSITE E-LEARNING NEW GENERATION (ELANG) DENGAN SISTEM EUCS (END USER COMPUTING SATISFACTION)
Pengarang : Riza Fahlevi, Alfa Yuliana Dewi, Aslam Fatkhud
Kata Kunci   :Kepuasan Pengguna; Website; EUCS.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna Sistem ELANG (Elearning New Generation) pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna Sistem ELANG. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna Sistem ELANG tergolong tinggi dengan nilai rata-rata kepuasan pengguna sebesar 4.3 (pada skala Likert 5 poin). Lima faktor utama dalam teori EUCS (End User Computing Satisfaction) terbukti secara signifikan mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna Sistem ELANG, yaitu: Konten (X1), Akurasi (X2), Format (X3), Kemudahan (X4), dan Kecepatan (X5).
Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk: Melakukan penelitian dengan sampel yang lebih besar dan lebih beragam, Menggunakan teori lain yang relevan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna Sistem ELANG, Mengukur dampak Sistem ELANG terhadap pembelajaran mahasiswa.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna; Website; EUCS.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, R., & Abdillah, L. A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). The Third Bina Darma Conference on Computer Science, 3(4), 692–701. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/2865/109 7
Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.
Baqi, M. H., Setyadi, R., & Purbaya, M. E. (2022). Analisis Kepuasan Sistem Informasi Desa Sidomoro di Kabupaten Kebumen Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 211. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3984
Endrayanto, Poly dan V. Wiratna Sujarweni. 2012. Statistika untuk Penelitian. Graha Ilmu: Yogyakarta hlm.83.
Erlika, Y., Wijaya, F. K., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). Jusifo (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 29–40. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3858
Martono, Nanang. (2012). Metode Penelitian kuantitatif. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Meha, R. H. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyanti Siregar, M. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Rumah Pangan Kita Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal JUPITER, 14(2), 356–366.
Pratiwi, J. A., & Indriyanti, A. D. (2022). Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 03(03), 15–23.
Puspitasari, N., Tampubolon, W., & Taruk, M. (2021). Analisis Metode EUCS Dan HOT-FIT Dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Jurnal SITECH?: Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6031
Ramadhan, N. I. A. (2019). Skripsi Evaluasi Kepuasan Pengguna Office Automation System Menggunakan Model End-User Computing Satisfaction Pada Kementerian Badan Usaha Milik Negara
Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157
Sedoxo. (2019). 6 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Sodexo. https://www.sodexo.co.id/faktor-kepuasan-pelanggan
Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645
Syahrum, Salim, Drs. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media : Bandung
Umar, Husein. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Umar, Husein. (2011) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Rajawali Press : Jakarta
Zaenuddin. (2022). Pengertian Analisis, Tujuan & Analisis Menurut Para Ahli. Artikelsiana. https://artikelsiana.com/pengertian-analisis-tujuan-analisis/
LAMPIRAN
BUKU BIMBINGAN SKRIPSI
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, R., & Abdillah, L. A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). The Third Bina Darma Conference on Computer Science, 3(4), 692–701. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/2865/109 7
Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.
Baqi, M. H., Setyadi, R., & Purbaya, M. E. (2022). Analisis Kepuasan Sistem Informasi Desa Sidomoro di Kabupaten Kebumen Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 211. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3984
Endrayanto, Poly dan V. Wiratna Sujarweni. 2012. Statistika untuk Penelitian. Graha Ilmu: Yogyakarta hlm.83.
Erlika, Y., Wijaya, F. K., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). Jusifo (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 29–40. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3858
Martono, Nanang. (2012). Metode Penelitian kuantitatif. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Meha, R. H. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyanti Siregar, M. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Rumah Pangan Kita Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal JUPITER, 14(2), 356–366.
Pratiwi, J. A., & Indriyanti, A. D. (2022). Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 03(03), 15–23.
Puspitasari, N., Tampubolon, W., & Taruk, M. (2021). Analisis Metode EUCS Dan HOT-FIT Dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Jurnal SITECH?: Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6031
Ramadhan, N. I. A. (2019). Skripsi Evaluasi Kepuasan Pengguna Office Automation System Menggunakan Model End-User Computing Satisfaction Pada Kementerian Badan Usaha Milik Negara
Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157
Sedoxo. (2019). 6 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Sodexo. https://www.sodexo.co.id/faktor-kepuasan-pelanggan
Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645
Syahrum, Salim, Drs. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media : Bandung
Umar, Husein. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Umar, Husein. (2011) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Rajawali Press : Jakarta
Zaenuddin. (2022). Pengertian Analisis, Tujuan & Analisis Menurut Para Ahli. Artikelsiana. https://artikelsiana.com/pengertian-analisis-tujuan-analisis/
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |