Program Studi Sarjana Manajemen
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
ABSTRAK
Kristin Retno Sari1
, Djauhar EP2
, M. Arifiyanto3
Pengaruh Promo Tanggal Istimewa, Diskon Flash Sale, dan Metode
Pembayaran Paylater Terhadap Keputusan Pembelian Konsumsi Pada Shopee
di Wilayah Pekalongan
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terutama internet, telah mengubah
pola hidup masyarakat, termasuk dalam aktivitas belanja. Belanja online semakin
diminati di Indonesia karena efisiensi dan kemudahannya. Sebanyak 59,3%
pengguna internet di Indonesia berbelanja online setiap pekan, menjadikan
Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat belanja online tertinggi. Shopee
menjadi platform e-commerce dengan jumlah transaksi pembelian tertinggi pada
tahun 2023, didukung oleh inovasi teknologi dan strategi promosi yang menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promo tanggal istimewa,
diskon flash sale, dan metode pembayaran paylater terhadap keputusan pembelian
konsumen pada shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promo
tanggal istimewa, diskon flash sale, dan metode pembayaran paylater terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Shopee. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Dengan
sampel 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promo tanggal istimewa,
diskon flash sale, dan metode pembayaran paylater berpengaruh positif signifikan
secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Shopee.
Penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran
dan promosi yang efektif untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen
pada Shopee.
Kata Kunci: Shopee, Promo Tanggal Istimewa, Diskon Flash Sale, Metode
Pembayaran Paylater, Keputusan Pembelian Konsumen
Aah Koriah, Holiawati, & Nofryanti. (2024). Company Performance Memoderasi Pengaruh Company Transparency, Corporate Social Responsibility, Karakteristik Eksekutif terhadap Tax Avoidance: pada Perusahaan Sektor Energy yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2018–2022. *Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6*(5), 4239–4253. [https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1617](https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1617)
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen pada Smartphone: Harga dan Promosi. *Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3*(1), 301–313. [https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876](https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876)
Afina, R. (2023). Pengaruh Promo Rutin Tanggal Istimewa Shopee terhadap Perilaku Impulse Buying dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Generasi Milenial di Kelurahan Padukuhan Kraton Kota Pekalongan.
Amin, Fadilah, N., Garancang, S., & Kamaluddin Abunawas. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. *Journal PILAR: Perspective of Contemporary Islamic Studies, 14*(1), 15–31.
Anggraini, N. A., & Pradananta, G. (2024). Pengaruh Sistem Pembayaran Paylater terhadap Keputusan Pembelian. *JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6*(3), 1438–1445. [https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23358](https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23358)
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado. *Jurnal EMBA, 9*(2), 663–674.
Annur, C. M. (2024). 10 Negara dengan Persentase Pengguna Internet yang Sering Belanja Online Tertinggi (Januari 2024). *DataBoks.* [https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/e909aa002dda25e/indonesia-masuk-jajaran-10-negara-paling-sering-belanja-online](https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/e909aa002dda25e/indonesia-masuk-jajaran-10-negara-paling-sering-belanja-online)
Arfah, & Yenni. (2022). *Keputusan Pembelian Produk.* PT Inovasi Pratama Internasional.
Chelsea Natalia Pohan, & Soedarsa, H. G. (2024). Analysis of Factors That Influence Consumer Decisions in Purchasing Products Online at Shopee (Case Study of FEB Students of Bandar Lampung University). *Jurnal Internasional Akuntansi, Manajemen, Ekonomi dan Ilmu Sosial, 2*(2), 382–391. [https://doi.org/10.61990/ijamesc.v2i2.188](https://doi.org/10.61990/ijamesc.v2i2.188)
Eka Putri, N., & Ambardi, A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme dan Promo Tanggal Kembar terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pengguna Shopee di Tangerang Selatan). *Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1*(3), 282–294. [https://doi.org/10.55606/jubima.v1i3.1932](https://doi.org/10.55606/jubima.v1i3.1932)
F. Santika, E. (2025). Tak Ada Bukalapak, Ini 5 E-commerce RI dengan GMV Terbesar. *DataBoks.* [https://databoks.katadata.co.id/perdagangan/statistik/678272b342544/tak-ada-bukalapak-ini-5-e-commerce-ri-dengan-gmv-terbesar](https://databoks.katadata.co.id/perdagangan/statistik/678272b342544/tak-ada-bukalapak-ini-5-e-commerce-ri-dengan-gmv-terbesar)
Fadila, S., & Apriani, W. (2023). Analisis Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Transmart Tuparev Karawang. *Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1*(2), 239–259. [https://doi.org/10.55606/jubima.v1i2.1591](https://doi.org/10.55606/jubima.v1i2.1591)
Fajrussalam, H., Hartiani, D., & ... (2023). Analisis Pembayaran Paylater dalam Aplikasi Shopee menurut Perspektif Islam. *Attadib: Journal of ..., 6*(2), 265–290. [https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/1270](https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/1270)
Ghozali, I. (2013). *Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21.* Universitas Diponegoro.
Hidayat, Ghozali, I., & Wahyu. (2013). Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. *Jurnal Manajemen dan Bisnis,* 153–164.
Hikmah, J. (2020). Paradigm. *Computer Graphics Forum, 39*(1), 672–673. [https://doi.org/10.1111/cgf.13898](https://doi.org/10.1111/cgf.13898)
Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee. *Jurnal Economina, 3*(2), 314–328. [https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203](https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203)
Iskandar, M. N., & Utomo, S. B. (n.d.). Pengaruh Flash Sale, Diskon, dan Content Marketing terhadap Pembelian Impulsif Toko Online Trendbright.
Jannah, K. A. M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, & Sari, K. N. A. M. E. (2022). *Metodologi Penelitian Kuantitatif.* Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir. (2019). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating, dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. *Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10*(13), 38–51. [www.indotelko.com](http://www.indotelko.com)
Kosasih, Fadili, D. A., & Fadilah, N. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Dealer Arista Johar. *Jurnal Manajemen, 10*(3), 1135–1148.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). *Principles of Marketing* (Edisi 12). Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). *Manajemen Pemasaran.* PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). *Marketing Management.* Pearson Prentice Hall.
Kristin, J., Widiyanti, M., Shihab, M. S., & Rosa, A. (2024). The Influence of Online Consumer Reviews, Prices, and Consumer Trust on Online Purchase Decisions for Skincare Products on Shopee. *Enrichment: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2*(5), 1–7.
Kusumasari, I. R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Diskon, dan Subsidi Gratis Ongkir terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Marketplace Shopee. *Jurnal Bisnis Indonesia, 13*(2), 16–28.
Lamb, & W, C. (2001). *Pemasaran.* Salemba Empat.
Leonard, S., & Tarigan, A. (2023). Pengaruh Metode Pembayaran Transfer Bank, ShopeePay, Shopee Paylater, Cash On Delivery terhadap Keputusan Pembelian dalam Aplikasi Shopee. *Jurnal Digismantech, 3*(1). [http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v3i1.5221](http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v3i1.5221)
Mussaffa, S. S., Kashira, F. B., Praya, M., Hakim, K., Fayadh, R. I., & Maesaroh, S. S. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif terkait dengan Penggunaan Flash Sale dan Pembayaran Spaylater di Kota Tasikmalaya. *Jambura, 6*(2), 593–600.
Ningrum, & Ayu, W. (2023). Pengaruh Affiliate Marketing dan Promo “Tanggal-Tanggal Istimewa” terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Studi pada Mahasiswa Kota Medan) [Universitas Sumatera Utara]. [https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/87494](https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/87494)
Ningsih, & Rahayu, E. (2010). *Perilaku Konsumen.* Nora Media Enterprise.
Nofri, O. P., & Wijaksana, T. I. (2021). Analisa Pengaruh Promosi Tanggal Istimewa dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Marketplace Shopee (Studi di Provinsi Sumatera Barat). *E-Proceedings of Management, 8*(6), 8514–8522.
Norhilaliah, E. S. A. (2024). Pengaruh Program Flash Sale dan Cashback terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Pengguna TikTok Shop. *Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 6*(1), 51–57.
Nurakhmawati, Ridha, Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee terhadap Kepuasan Pelanggan. *Koopetisi: Jurnal Ilmiah Manajemen,* 191–204.
Oktavia, E. T., & Hanifa, N. (2023). Hubungan Promo Tanggal Istimewa terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Shopee. *Independent: Journal of Economics, 2*(2), 79–91. [https://doi.org/10.26740/independent.v2i2.50068](https://doi.org/10.26740/independent.v2i2.50068)
Otovianti, D., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Pembeli di Wendy’s. *Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5,* 134–146.
Purnamasari, Anggraeni, R. D., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Metode Pembayaran Paylater. *Jurnal Manajemen, 13*(3), 420–430.
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur ShopeePaylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. *TARGET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4*(1), 39–50. [https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016](https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016)
Ramadhanti, Prastyatini, S., & Yuli, S. L. (2023). Pengaruh Diskon Flash Sale dan Biaya Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee dengan Minat Beli sebagai Variabel Moderasi. *Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi,* 1030–1039.
Ratama, N., Munawaroh, & Mulyati, S. (2022). Sosialisasi Penggunaan E-commerce dalam Perkembangan Bisnis di Era Digital. *Abdi Jurnal Publikasi, 1*(1), 6–12. [https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index](https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index)
Rika Widianita, D. (2023). Pengaruh Potongan Harga dan Pembayaran Shopee Paylater terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bandung. *AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 8*(1), 1–19.
Rolando, B., Rantetandung, D. C. D., Winaya, N. N. T., Studi Manajemen, P., Ilmu Manajemen dan Bisnis, F., Dinamika Bangsa, U., Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, P., & Ekonomi, F. (2024). Hubungan Penawaran Khusus pada Tanggal Istimewa terhadap Keputusan Pembelian di Platform E-Commerce Shopee. *Journal Management & Economics Review (JUMPER), 1*(8), 315–328.
Sari, I. P., Makhrian, A., & Sari, E. V. (2023). Pengaruh Fitur Pembayaran Shopee Paylater dalam Media E-Commerce Shopee terhadap Kepercayaan Belanja Online pada Mahasiswa FISIP Universitas Bengkulu. *Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 7,* 105–114.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. *Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7*(1), 44–57.
Sawitri, P., Nurhajati, & Basalamah, M. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale 12.12, dan Tagline Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian Barang di Marketplace Shopee. *E-Jurnal Riset Manajemen, 12*(2), 985–9985. [http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7111](http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7111)
Shopee, I. (2022). Bagaimana Cara Menggunakan SPayLater? Ikuti Langkahnya Berikut! *Shopee.* [https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/cara-menggunakan-spaylater/](https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/cara-menggunakan-spaylater/)
Stialanisa, D., & Tobing, R. (2023). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir dan Metode Pembayaran Paylater terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna E-Commerce di Indonesia. *Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 3*(2), 245–257. [https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2306](https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2306)
Sugiyono. (2016). *Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).* Alfabeta.
Sugiyono. (2017). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.* Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). *Prosedur Penelitian, 2*(3), 211–213.
Sunyoto, & Danang. (2013). *Perilaku Konsumen: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen.* CAPS.
Swastha, D. B., & T. H. Irawan. (2008). *Pemasaran dan Perilaku Konsumen* (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.
Sya’idah, E. H. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. *JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5*(3), 204. [https://doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1106](https://doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1106)
Tarisa Aulia, L., & Ahluwalia, K. P. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. *Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2*(2), 58–69.
Widianto, T., & Octaviani, A. (2020). Analisa Sikap Belanja Online dan Harga terhadap Keputusan Belanja Konsumen pada Event Flash Sale Shopee. *Excellent, 7*(1), 37–46. [https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.624](https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.624)
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |