Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

HUBUNGAN PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI AZZAMIL SCHOOL KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Angga Dwi Teguh Prasetyo, Susri Utami
Kata Kunci   :Gawai, Perkembangan Anak, Anak Usia Dini

Latar Belakang: Perkembangan anak usia dini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktornya yaitu penggunaan gawai. Perkembangan personal sosial, bahasa, motorik kasar dan motorik halus anak dapat terdisrupsi apabila anak terpapar gawai berlebih pada tahapan usia saat perkembangan itu mulai terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunan gawai dengan perkembangan anak usia dini.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi, pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Data diambil dari data sekunder hasil pemeriksaan DDST terakhir di Azzamil School (Bulan Juni 2024) dan Kuesioner penggunaan gawai yang dibagikan kepada orang tua dan dikumpulkan kembali di bulan Oktober. Hasil penelitian diolah menggunakan SPSS dengan uji spearman rank.
Hasil: Penelitian ini didapatkan 60 data DDST dan kuesioner penggunaan gawai, 15 (25%) usia < 2 tahun dan 45 (75%) usia ≥ 2 tahun. penggunaan gawai tinggi 6 (10%). perkembangan anak dengan normal 31 (51,7%) dan perkembangan suspect 29 (48,3%). Setelah dilakukan uji spearman rank didapatkan ρ value = 0,034 < 0,05 artinya ada hubungan antara penggunaan gawai dengan perkembangan anak usia dini.
Simpulan: Terdapat hubungan antara penggunaan gawai dengan perkembangan anak usia dini. Bagi orang tua agar lebih bijak dalam memberikan akses penggunaan gawai untuk anak agar fase krusial perkembangan anak tidak terganggu.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (cetakan 1). Aswaja Pressindo. https://core.ac.uk/download/pdf/45258621.pdf

Abidin, R. (2020). Buku Ajar Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (M. Ridlwan (ed.)). UM Surabaya. https://p3i.um-surabaya.ac.id/assets/files/d8815f2f-54e2-11ed-9add-000c29cc32a6_buku mas ratno_reduced.pdf

Agustin, R. N., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan gadget terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun d. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1667

Agustriana, N., Nurlaili, & Nirwana, E. S. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 208–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i2.4387

Amirudin, & Sumiati. (2022). Peran Pendidikan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pengasuh Anak Usia Dini, 3 No 22, 111–126. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/774/582

Andriani, R. (2022). Overview of Gadget Utilization and Its Effect on Growth and Development in Preschool Children. Mutiara Medika, vol 22 No, hh 6-13. https://doi.org/10.18196/mmjkk.v21i2.11435

Anggraini, N. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7 No 1, 43–54. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/9741/3721

Anggreni, D. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (E. D. Kartiningrum (ed.); Cet I). https://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/EBook/article/view/806

Aulia Septyani, R., Lestari, P., & Suryawan, A. (2021). Penggunaan Gadget pada Anak: Hubungan Pengawasan dan Interaksi Orang Tua terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 121–130. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-02

Baderi, & Nurjanah, D. (2018). Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Interaksi Sosial Anak Usia Prasekolah Berbasis Teori Adaptasi Sister Callista Roy di TK Dharma Wanita Sidoarjo. Jurnal Keperawatan, 15(1), ????????. https://digilib.itskesicme.ac.id/ojs/index.php/jip/article/view/437/0

Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315

Dewi, R. C., Oktiawati, A., & Saputri, L. D. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja (1st ed.). Nuha Medika.

Diana, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. (Di Paud Harapan Bunda Surabaya). J-HESTECH (Journal Of Health Educational Science And Technology), 2(1), 51. https://doi.org/10.25139/htc.v2i1.1660

Elka Fitri, D., Dwi Sagita, M., & Wahyuni, F. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pustaka Keperawatan (Pusat Akses Kajian Keperawatan), 1(2), 67–72. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakakeperawatan.v1i2.337

Erny, E., Prasetyo, O., & Soekanto, A. (2022). The Impact of Using Gadgets at Early Age on The Brain Development of Infants and Children (Literature Review Article). Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 11(2), 183. https://doi.org/10.30742/jikw.v11i2.2225

Fitri, A. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, 11(2), 106. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2026

Fusfitasari, Y., & Eliyanti, Y. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus, Kasar Dan Bahasa Pada Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) Di Puskesmas Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Nursing Journal, 2(1), 1–15. https://www.jurnal.stikesbhaktihusada.ac.id/index.php/INJECTION/article/view/122/pdf

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian (cetakan 1). Zanafa Publishing. https://repository.uin-suska.ac.id/70282/1/METODOLOGI PENELITIAN HARTONO REPOS.pdf

Hartutik, S., Arista, A., & Andriyani, A. (2021). Personal Sosial Anak Pre School di PAUD Fullday dan Reguler di Wilayah Surakarta. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(1), 12–19. https://doi.org/10.30787/asjn.v2i1.829

Heryanto, M. L., Saprudin, A., Yanti, S. D., & Moonti, M. A. (2023). Lama Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Pada Anak Prasekolah. Journal Of Midwifery Care, vol 2, hh.136-144. https://doi.org/https://doi.org/10.34305/jmc.v3i02.740

Hidayat, A. H. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Desa Ujunggurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 317–334. https://doi.org/10.24952/bki.v4i2.6534

I Putu Satrya Indrawangsa, Putra, I. G. I. pratama, Mustika, P. P., & Suryawan, I. W. B. (2024). Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pasien anak di RSUD wangaya. Intisari Sains Medis, 15(1), 344–348. https://doi.org/10.15562/ism.v15i1.1994

Indonesia, A. P. J. I. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Jafri, Y., & Defega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Usia 3 – 6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, vol 3(1), hh.76-83. https://www.jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/573

Kartika, T., Mutiudin, A. I., & Marlina, L. (2022). Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial pada Anak Usia Dini (4-6 Tahun). Jurnal Perawat Indonesia, 6(2), 1002–1011. https://doi.org/10.32584/jpi.v6i2.1160

KBBI, K. B. B. I. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Powered by Digitalocean. Retrieved March 3, 2024, from https://kbbi.web.id/gadget

Kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. https://repositori.kemdikbud.go.id/12860/1/Permendikbud No. 137 Tahun 2014 - SN-PAUD.pdf

Khadijah, & Amelia, N. (2020). perkembangan fisik motorik anak usia dini (1st ed.). kencana.

Khadijah, & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya (Ed 1). CV. Merdeka Kreasi Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=cipQEAAAQBAJ

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. vol 3 No.1, hh.1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Lisnadiyanti, Dewi, N. A., & Handajany, S. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, Vol.4, hh.33-38. https://doi.org/https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.474

Mayenti, F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Jurnal Photon, 9(1), hh. 208-213. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/view/1092

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, Vol 6 No 1, hh.56-66. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Munir, Z., Yulisyowati, & Virana, H. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Profesional, Vol 7 No 1, hh.1-17. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.505

Ni’matuzahro, Fitriati, S., & Sari, A. P. (2023). Psikologi Konsep, Isu, Intervensi Sekolah Peka Mental Health (Ed 1).

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Salemba Medika. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr91jXFEaBlY1YOqhxXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzMEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1705017926/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fapi.penerbitsalemba.com%2Fbook%2Fbooks%2F08-0284%2Fcontents%2Ffc506312-5e09-4027-a661-9ba646dced46.pdf/RK=2/RS=iRK

Pediatrics, A. A. of. (2016). American Academy of Pediatrics Announces New Recommendations for Children’s Media Use. News Wise. https://www.newswise.com/articles/american-academy-of-pediatrics-announces-new-recommendations-for-children-s-media-use

Pradono, J., Hapsari, D., Supardi, S., & Budiarto, W. (2018). Panduan Manajemen Penelitian Kuantitatif (Trihono (ed.)). Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3509/1/Buku_Panduan

Pratama, M. R., & Sudirman, N. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Pinisi Journal Of Art, Humanity And Social Studies, Vol.3 No.5, hh. 136-143. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/download/50801/22818

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan I). https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.4, 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Purnamasari, D. U. (2018). Panduan Gizi dan Kesehatan Anak Sekolah (E. Risanto (ed.); Ed. 1). ANDI.

Purwanti, I. E., Rahmat, N. N., & Yunita, R. (2023). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Motorik Halus dan Pola Tidur Pada Anak Prasekolah di TK Dewi Sartika. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, Vol.2 No 1, hh.39-53. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/JIK-MC/article/view/706

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112

Radesky, J. S., Weeks, H. M., Ball, R., Schaller, A., Samantha Yeo, Durnez, J., Tamayo-Rios, M., Epstein, M., Kirkorian, H., Coyne, S., & Barr, R. (2020). Young Children’s Use of Smartphones and Tablets. American Academy Of Pediatrics. https://doi.org/https://doi.org/10.1542/peds.2019-3518

Ranti, A. P., & Mahyuddin, N. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa (Menyimak dan Berbicara) Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal. Journal of Childhood Education, Vol 6 No2, hh.516-535. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.xxxxx”

RI, K. K. (2016). Stimulasi, Deteksi dan lntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrO7zMhtqBlQuwGhQpXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1705060001/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fbanpaudpnf.kemdikbud.go.id%2Fupload%2Fdownload-center%2FBuku%2520SDIDTK_1554107456.pdf/RK=2/RS=Rcqp1Cpeqq4BaCXf.iI

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). KBM INDONESIA. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book

Salem, V. E. T., Fathimah, S., Sidik, S., & Hasrin, A. (2021). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu Di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 561–566. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2305

Sapardi,  vivi syofia. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. MENARA Ilmu, XII(80), 137–145. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.634

Sarwono, A. E., & Handayani, A. (2021). Metode Kuantitatif (1st ed.). UNISRI Press. https://sirisma.unisri.ac.id/berkas/42CETAK_FIX_metode kuantitatif_new.pdf

Sherwood, L., Mandera, L. I., & Hartanto, H. (2018). Fisiologi Manusia Dari Sel Ke Sistem (Y. J. Suyono, M. Iskandar, V. Isella, F. Susanti, Michael, N. Sanjaya, L. Agustina, & S. Agustin (eds.); Ed.9). EGC.

Sina, I. (2022). Metodologi Penelitian (A. T. Putranto (ed.)). https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/556926-metodologi-penelitian-72cc3525.pdf

Soetjiningsih, Ranuh, G., & Suyono, Y. J. (2015). Tumbuh Kembang Anak (ed 2). Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Statistik, B. P. (2023). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022 (D. S. Keuangan, T. Informasi, & Pariwisata (eds.)). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan 27). Alfabeta.

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik (edisi 1). UNY Press. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131568302/penelitian/2.Buku Referensi; PERKEMBANGAN MOTORIK; ISBN;978-602-556-47-9.pdf

Suryani, L., Elida, Harlina, Apriani, D., Setiowati, I., Yeny, & Supriatin, T. (2023). Media Pembelajaran Digital Untuk Anak Usia Dini (p. 294 hlm). Deepublish Digital.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (cet 1). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=O0xWEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Syaifuddin, Rizka, & Ro’isah. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Pekembangan Motorik pada Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun di TK Anggrek 97 Kabupaten Jember Mahasiswa Program Studi Pofei Ners , Universitas Hafshawaty Pesantren Zainul. Jurnal Mahasiswa Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 2(4), 56–66. https://doi.org/http: //doi.org/10.59841/jumkes.v2i4.1719

Syapitri, H., Amila, & Aritonang, J. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (A. H. Nadana (ed.); 1st ed.). Ahlimedia Press. http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/29/1/Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan.pdf

Wiwin, N. W. (2021). Deteksi Dini Perkembangan Anak Menggunakan Instrumen DDST. Pena Persada Redaksi. https://dspace.umkt.ac.id/bitstream/handle/463.2017/3078/Buku DDST.pdf?sequence=1

Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4, hal. 260-264. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939

Yannuansa, N., Mutrofin, A., Samudra, A., Ramadhani, R., & W, H. K. (2020). Pengaruh Gadget Pada Anak-Anak (Issue 55). LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG. https://eprints.unhasy.ac.id/43/8/HUMAIDILAH-Buku Pengaruh Gadget Untuk Anak-Anak.pdf

Yulsyofriend, Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. vol 3 no.1, hh 67-80. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.3.1.67-80

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8, 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Zain, Z. M., Jasmani, F. N. N., Haris, N. H., & Nurudin, S. M. (2022). Gadgets and Their Impact on Child Development. Mcmc, 6. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082006


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia