Minat Pembelajaran PJOK Pada Siswa Di SMP Nusantara Gondang Wonopringgo
Pengarang : Afif Tri Ramadhansyah, Mega Widya Putri, M. Riski Adi Wija
Kata Kunci   :Minat, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
ABSTRAK
Afif Tri Ramadhansyah, 2024. “Minat Pembelajaran PJOK Pada Siswa Di SMP
Nusantara Gondang Wonopringgo”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Jasmani. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Pembimbing 1 Mega
Widya Putri, S.Pd., M.Or. Pembimbing 2 Dr. M. Riski Adi Wijaya,
M.Pd.
Sekolah SMP Nusantara Gondang wonopringgo merupakan sekolahan yang
terletak di Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Peneliti telah
melakukan observasi sejak tanggal 16 Januari 2024 tentang proses pembelajaran
PJOK. Mengacu proses pembelajaran dalam minat siswa di SMP Nusantara
Gondang Wonopringgo kurang memiliki minat, masih banyak anak yang bermalasmalasan, kurangnya pemahaman siswa tentang pentingnya tubuh bugar, padahal
jika siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) maka siswa akan memperoleh tubuh yang
bugar.
Tujuan penelitian ialah menganalisis minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di SMP
Nusantara Gondang Wonopringo. Dalam desain yang digunakan penelitian ini
menggunakan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa
tinggi atau bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran PJOK. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMP Nusantara Gondang Wonopringgo Kabupaten
pekalongan sebanyak 206 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah total sampling adalah siswa kelas 7-9 dengan total 206 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Kuesioner atau angket untuk mengukur minat dalam pembelajaran PJOK. Adapun
rumus pengolahan data menggunakan frekuensi acuan norma (PAN).
Hasil penelitian bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran
pendidikan jasmani, olahraga, dan Kesehatan pada siswa di SMP Nusantara
Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan berada kategori “Sangat Rendah”
sebesar 6,79% (14 siswa), kategori “Rendah” sebesar 28,64% (59 siswa), kategori
“Sedang” sebesar 30,09% (62 siswa), kategori “tinggi” sebesar 27,66% (57 siswa),
dan kategori “Sangat Tinggi” sebesar 6,79% (14 siswa).
Berdasarkan hasil tersebut maka minat pembelajaran PJOK pada siswa
berada pada kategori “sedang” dengan persentase 30,09% dengan jumlah frekuensi
62 siswa.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Farikha, Iffati, and Vega Candra Dinata. 2022. “Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Pjok Selama Kegiatan Plp Secara Daring.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan 1(8): 1525–34.
Gunawan. 2019. “Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran Penjas Pada Sma Negeri 22 Gowa.” Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.
Pendidikan, Jurnal et al. 2021. “Pendidikan Diharapkan Dapat Menumbuhkan Potensi Dan Cara Berpikir. Menentukan Tingkat Sumber Daya Manusia Yang Lebih Baik Dikenal Sebagai Pembangunan Pendidikan. Pendidikan Bertujuan Untuk Membuat Lingkungan Dan Proses Pembelajaran Yang Memungkinkan Siswa.” 1(1): 9–15.
Suprianto, I Wayan, H. Wahjoedi, and Ni Luh Putu Spyanawati. 2021. “Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Sport & Tourism 2(1): 8.
Agustina, N. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta. Paradigma, 19(1), 61–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/download/154 0/ 1310
Aissya, A. N., Risdiani, R., Yusuf, J., & ... (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Tactikcal Games Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang. Unimuda Sport …, 65–71. https://unimuda.ejournal.id/unimudasportjurnal/article/view/4698%0Ahttps://unimuda.ejournal.id/unimudasportjurnal/article/download/4698/1718
Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Aryulia, V. (2021). Pengaruh Minat Belajar, Kepercayaan Diri, Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah Danbullying Terhadap Perilaku Belajar Kelompok Kelas Viidi Smp N 6 Kota Solok. Horizon, 1(2), 409–419. https://doi.org/10.22202/horizon.2021.v1i2.4822
Auliya, A. T., Alimron, A., & Mardeli, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masalah Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri
20 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(3), 219–233. https://doi.org/10.19109/pairf.v3i3.7046
Avipah, P. N. (2023). Self- Efficacy Dan Hubungannya Terhadap Karakteristik Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. PROXIMAL?: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 243–248.
Contoh, B., Issa, J., Tabares, I., Objek, P. B. B., Hasil, L., Informasi, T., Aradea, Ade Yuliana, H. H., Pattiserlihun, A., Setiawan, A., Trihandaru, S., Fisika, P. S., Sains, F., Kristen, U., Wacana, S., Diponegoro, J., Jawa, S., Indonesia, T., Putra, R. L., Hidayat, B., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019).
64
Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108. http://e-journal.sarimutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183
Dewi, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bina Buana Semesta. JEBI) Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 16(1), 21. www.jurnal.stiebi.ac.id
Effendi, A., & Sasminta Christina Yuli Hartati. (2018). Penerapan Permainan Tradisionalterhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Sdn Pelem Ii Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan , 06(01), 45–49. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal- pendidikanjasmani/issue/archive45
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal
Soedirman, 1–17.
Firdaus, M., Nurdiansyah, N., & Basuki, S. (2021). Minat Siswa Kelas Viii Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smp Negeri 2 Martapura. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 103–106. https://doi.org/10.20527/mpj.v2i2.910
Hardiansyah. (2022). Indonesion Journal of Sport Science and Coaching Interest of Class IX Students of SMP Islam Al Falah Jambi in Participating in PJOK Learning minat siswa , diantaranya sebagian siswa yang tidak membawa pakaian olahraga , meningkatkan minat siswa , dengan m. 04(01), 25–36.
Hasanah, S., & Muzaffar, A. (2022). Minat Siswa Kelas IX Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 100– 109. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19355
Hidayat, M., Kresnadi, H., & Ghasya, D. A. V. (2022). Korelasi Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar Mujahidin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(6), 199. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55339
Iverson, B. L., & Dervan, P. B. (n.d.). sebenarnya mengandung tiga unsur yaitu unsur kognisi (mengenal), emosi (perasaan), dan konasi (kehendak).Minat.
Jasmani, S.-P., Rekreasi, K., & Olahraga, F. I. (2020). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa smp negeri di madiun Nur Ayu Oktaviani *, Sapto Wibowo. 7– 18.
Journal, S. P. O. R. T. (2023). Journal of S.P.O.R.T.
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Metode Pembelajaran terhadap Minat dan PerananPrestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Mahpudin. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5564696
65
Malinta, sunandar sakria. (2020). Pendidikan, Jurusan Kesehatan, Jasmani Rekreasi, D A N Keolahragaan, Fakultas Ilmu Makassar, Universitas Negeri Minat, Survei Siswa, Belajar Malinta, Sunandar Sakria.
Marissa, N. (2022). Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 32. https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.276
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Survei minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga bola basket pada siswa smp negeri 27 makassar.
Nabila, Y., Wijaya, M. R. A., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2023). Profil Kebugaran Jasmani Pesilat Remaja Berprestasi di Kota Pekalongan. Unimuda
Sport | Journal, | 4(1), | 17–23. https://unimuda.e | ||||
journal.id/unimudasportjurnal/article/view/4340 | |||||||
Nasution, | S. | (2017). | Variabel | penelitian. | Raudhah, | 05(02), | 1–9. |
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182
No, V., Mata, B., Pjok, P., Xi, K., Pekalongan, S. M. A. N., Panggraita, G. N., Putri,
M. W., Tresnowati, I., & Riski, M. (2023). Jurnal Ilmu Keolahragaan Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Dan Kualitas Tidur Terhadap Hasil Jurnal Ilmu Keolahragaan. 6(2).
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Dewi, S. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Kelas Iv Mi Hidayatul Muta’Alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108– 116. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.170
Nursyamsiah, N. (2022). Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kreativitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kabupaten Sarolangun. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(3), 57–61. https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i3.562
Oknaryana, O., & Irfani, O. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 261. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.13152
Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924
Pjkr, P., Kabupaten, D. I., & Tahun, K. (2017). Tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa plt the basic level of the guided practice field students of physichal , health and recreation education study program in. 1–9.
Prasetya, R. P. E. S. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani OLahraga Dan Kesehatan Di Sma Se-kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 157–160.
66
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal*pendidikan*jasmani/iss u e/archive
Pratiknyo, K. (2013). Penerapan Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Ngagelrejo II / 397 Surabaya ) Kubu Pratiknyo Anung Priambodo
Abstrak. Pendidikan | Olahraga | Dan | Kesehatan, | 1(3), | 641– |
644. | https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan |
jasmani/article/view/4699/6983
Prayuga, Y. A. P. A. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal UNSIKA, 1052–1054. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Redondo, F., & Making, H. (n.d.). Peran Guru Pendidikan (Fernando.R.H.M) 1.
3, 1–9.
Rudy Subyantoro. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih. Fahima, 1(1), 95–108. https://doi.org/10.54622/fahima.v1i1.18
Safitri, F. (2023). Analisis tingkat kesiapan belajar siswa ditinjau dari hasil belajar
kelas iv sdn 07 megang sakti.
Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga, 1(1), 12. Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55– 62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. 2(3), 43–56.
Tangerang, U. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. 2, 278–288.
Tanujaya, C. (2017). Perancangan standart operational procedure produksi pada perusahaan coffeein. 2(April).
Trimulya, M. (2015). Pengaruh kompetisi dalam kegiatan belajar terhadap motivasi berprestasi siswa. 30–51.
Widodo, A. (2018). Makna dan peran pendidikan jasmani dalam pembentukan insan yang melek jasmaniah/ter-literasi jasmaniahnya. Motion: Jurnal Ri
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |