Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENGGUNAAN KOSMETIK KRIM PEMUTIH WAJAH PADA REMAJA KOTA DAN KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Fatkhul Azam, Wulan Agustin Ningrum
Kata Kunci   :Media sosial, pengetahuan, perilaku, kosmetik, remaja

Media sosial telah menjadi sumber utama informasi bagi remaja, termasuk dalam hal pemilihan dan penggunaan kosmetik. Namun, tidak semua informasi yang tersebar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif dan keputusan peggunaan produk kosmetik yang kurang aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap pengetahuan penggunaan kosmetik krim pemutih wajah pada remaja di Kota dan Kabupaten Pekalongan serta untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja di Kota dan Kabupaten Pekalongan dalam menggunakan kosmetik. Metode yang digunakan adalah studi cross sectional. Responden yang digunakan adalah 384 remaja yang berusia 15-24 tahun dari Kota dan Kabupaten Pekalongan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mencakup pengetahuan dan perilaku yang diukur dengan uji chi square menggunakan statistical package for the social science (SPSS) software version 25. Analisis data dilakukan melalui uji univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 86,6% responden menggunakan platform media sosial Tiktok. Sebanyak 361 (6,0%) responden tidak mengetahui efek bahaya dari pemakaian hidrokuinon, Sebanyak 29 (7,6%) responden tetap menggunakan kosmetik cream pemutih wajah walaupun ilegal. Media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan remaja mengenai krim pemutih wajah dengan nilai p-value sebesar 0,000. Sementara media sosial juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku remaja dalam menggunakan krim pemutih wajah dengan nilai p-value sebesar 0,010.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Adelia, D., & Susilarini, T. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Skin Care Emina pada Remaja Putri. Psikologi Kreatif Inovatif, 3(3), 28–37. https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v3i3.3028

Agustina, A., Hm, C., & Ed, M. (2019). Analisa Kualitatif Asam Retinoat pada Sediaan Krim Malam di Pasar Klaten dengan Metode Kromatografi Lapis. 14(02), 136–140.

Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Andy Muharry, Nissa Noor Anashr, Dadan Yogaswara, & Faisal Fadila Noorikhsan. (2023). Kampanye Generasi Sehat: Meningkatkan Kesadaran Dan Pengetahuan Remaja Tentang Stunting. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(2), 143–151. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i2.2201

Arief, J., Hakim, R., & Indonesia, S. (2014). Studi Dampak Arsen ( As ) dan Kadmium ( Cd ). 3(1), 1–6.

Arsyad, D. H. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN KOSMETIK PEMUTIH KULIT PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN. 9, 356–363.

Arvanitha, S. (2019). Peranan Akun Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kompleks Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar (Studi Kasus Usaha Yang Terdaftar Pada Gofood). Skripsi, 8.

Asmaradewi, Y. (2019). Peran Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Cafe Mas Bro. Skripsi, 1–137. B. 131.15.0140-15-FILE-Komplit-20190214121456.pdf

Bai, Y. (2024). Adolescent Cosmetic Consumption: Exploring Societal Influences, Safety Concerns, and Post-Pandemic Market Shifts. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 108(1), 140–145. https://doi.org/10.54254/2754-1169/108/20242028

Bimantara, A. S. (2020). STUDI PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PENGGUNAAN KOSMETIKA PEMUTIH KULIT PADA MAHASISWI UNIVERSITAS JAMBI.

Binti, N., & Kadir, A. (2023). Department of Nursing Faculty of Medicine. 1(February), 1–17.

BPOM, R. (2021). Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 12 Tahun 2023 Tentang. Bpom Ri, 11, 1–16.

Dewi, Endiana, I. D. M., & Arizona, I. P. E. (2019). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage dan Rasio Profitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(November), 1689–1699.

Edaniati, 2015. (2015). pengetahuan (0,000) < α (0,05), P. 36, 8–31.

Erasiska, X., Subardi, B., & Hanifah, T. A. (2017). Analisis Kandungan Logam Timbal, Kadmium Dan Merkuri Dalam Produk Krim Pemutih Wajah. Jom Fmipa, 2(1), 91–99.

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259–272. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801

Fatmawati, S., Situmorang, A., Pitria, A. N., & Rosyidah, N. S. (2021). Chimica et Natura Acta Analisis Timbal Pada Pensil Alis dan Perona Mata Lokal Yang Beredar di. 9(2), 50–57.

Fauzan, T. U., & Fadhil, A. (2025). Media Sosial dan Perubahan Interaksi Sosial Pelajar?: Perspektif Sosiologi Pendidikan. 3(4), 547–558.

Haerani, A. (2017). Krim Pemutih dan Penyimpanannya,Program Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjajaran, Sumedang. Farmasetika, 2(2), 1–4.

Hakim, R. A., & Riofita, H. (2024). Pemanfaatan marketplace Facebook Sebagai Media Pemasaran Online. Jurnal Strategi Bisnis Dan Keuangan, 5(4), 29–42.

Hendriyani, I., Nurbaety, B., Fitriana, Y., & Tri, E. (2023). Analisis Kandungan Hidrokuinon dalam Krim Wajah yang Beredar di Klinik Kecantikan di Kota Mataram. 4(1), 55–60.

Hilmi, I. L., Rianoor, N. P., & Gatera, V. A. (2022). The Correlation Between Knowledge and Attitude Toward the Behavior of Choosing Facial Skincare Through Social Media in One of University in Karawang-West Java’ Students. Jurnal Farmasi Indonesia, 19(2), 203–212. http://journals.ums.ac.id/index.php/pharmacon

Indriani, N. (2024). PENGARUH PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN SISWI PONDOK PESANTREN IBNU ABBAS WIRADESA YANG MENGALAMI ANEMIA PADA PEMBERIAN SUPLEMEN ZAT BESI. Αγαη, 15(1), 37–48.

Iskandar, B., Eni, S., & Sidabutar, B. R. (2021). Formulasi dan Evaluasi Lotion Ekstrak Alpukat ( Persea Americana ) sebagai Pelembab Kulit. 6(1), 14–21.

Isnaeni, N., & Dwirini, N. (2023). Studi dan Karakterisasi Bahan Baku Resorsinol sebagai calon Baku Pembanding dan Pengembangan Metode Analisis Penetapan Kadar Resorsinol dalam Bahan Baku. 3(2), 106–117.

Istiqomah, M., Widara, R. T., Permata, A., & Anjani, M. (2023). Journal of Pharmaceutical and Health Research Analisis Kuantitatif Hidrokuinon pada Krim Pemutih di Kota X Menggunakan Spektrofotometri UV – Vis Journal of Pharmaceutical and Health Research. 4(3), 356–363. https://doi.org/10.47065/jharma.v4i3.4417

Kalangi, S. J. R. (2014). Histofisiologi Kulit. Jurnal Biomedik (Jbm), 5(3), 12–20. https://doi.org/10.35790/jbm.5.3.2013.4344

Kembuan, M. V, & Tanudjaja, G. N. (2012). Peran vitamin c terhadap pigmentasi kulit.

Khalifahani, R. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Asi Dan Mp-Asi Terhadap Resiko Kejadian Stunting Di Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur Skripsi. Skripsi, 105.

Kotler, 2016. (2019). Hubungan Respontimeperawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Daerah Sanana Kabupaten Kepulauan Sula. Journal Of Community and Emergency, 7(1), 66–76.

Lailaturrohmah, S., & Lutviyani, A. (2021). The effect of education on knowledge and attitudes in using halal cosmetic products. Journal of Halal Product and Research, 4(2), 83. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.4-issue.2.83-89

Lestari, I. A., Septiyanti, & Sumiaty. (2022). Gambaran Penggunaan Kosmetik Krim Wajah Dengan Kejadian Iritasi Kulit Pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2019. Window of Public Health Journal, 3(5), 877–888. https://doi.org/10.33096/woph.v3i5.167

Lubis, N. A., & Jusuf, N. K. (2024). (2024). MEDIA DERMATO-VENEREOLOGICA INDONESIANA. 51(3).

Malihah, N. (2019). Tiktok dalam perspektif al-qur’an. Jurnal At-Tahfizh: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 40–57.

Mitmesser, S. H., Ye, Q., Evans, M., & Combs, M. (2016). Determination of plasma and leukocyte vitamin C concentrations in a randomized , double ? blind , placebo ? controlled trial with Ester ? C ®. SpringerPlus. https://doi.org/10.1186/s40064-016-2605-7

Mubarok, A. H., Andrian, M. D., Syarif, M. A., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Platform Zedemydalam Ketercapaian Pembelajaran Mahasiswa dengan Metode Cross-Sectional(Studi Kasus: Mahasiswa SI ITS). INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 13(1), 61–79.

Muthoharoh, A., Dinata, A. F., Ningrum, W. A., & Permadi, Y. W. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaaan Obat Antibotik Amoksisilin Pada Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Pekalongan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 182–189. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.651

Ningrum, W. A., Syarifah, N., Zuhana, N., & ... (2021). Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Tindakan Pengobatan Mandiri Penyakit Kutu Air. Proceeding of The …, 215–221. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1326

Njonge, T. (2023). Influence of Psychological Well-Being and School Factors on Delinquency , During the Covid-19 Period Among Secondary School Students in Selected Schools in Nakuru County?: Kenya. VII(2454), 1175–1189. https://doi.org/10.47772/IJRISS

Nurdiana, R., & Effirisanti, Y. (2022). Pengaruh Brand Image Produk Kosmetik Ms Glow Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen, 6(1), 287–298.

Nurfitriah, N. H. (2024). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan krim pemutih wajah pada masyarakat di Kota Denpasar Provinsi Bali. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Obat, B. P., & Indonesia, M. R. (2015). Waspada Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya “Teliti Sebelum Memilih Kosmetika.” Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia.(2015). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor, 18.

Pekalongan, P. K. (2015). Kondisi Umum Geografis. https://pekalongankab.go.id/website/pemerintahan/deskripsi-wilayah/kondisi-geografis

Pemerintah Kota Pekalongan. (2020). Website Resmi Pemerintah Kota Pekalongan. Depok.Go.Id, 1–2. https://www.depok.go.id/sejarah#:~:text=Depok berawal dari sebuah Ke camatan,Indonesia (UI)%2C serta meningkatnya

Pratama, F. I., & Hakiman, H. (2023). Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam Kelas VII Madarasah Tsanawiyah Nurul Islam II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, 33(1), 1–12.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950 

Qoriati, Y., Indah, R., Pitaloka, K., & Nirmala, A. (2024). Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswi terhadap Penggunaan Krim Pemutih Wajah. 2(1), 121–127.

Rahmatullah, S., Bagus Pambudi, J., Wahyu Permadi, Y., & Agustin Ningrum, W. (2024). Kepercayaan Diri Dalam Kejadian Acne Vulgaris Di Smk Muhammadiyah 1 Pemalang. 30(2), 427–438. https://doi.org/10.33503/paradigma.v29i3

Rihatmadja, R. (2015). Anatomi dan faal kulit. Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin (7th Ed). Jakarta: Penerbit FKUI.

Rina Juliana, Resekiani Mas Bakar, & Andi Nasrawati Hamid. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. PESHUM?: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(6), 1067–1079. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i6.2381

Rindi Novitri Antika. (2020). Peningkatan Pemahaman Remaja Tentang Bakteri Ropionibacterium Acnes Bagi Kesehatan Kulit. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 557–562. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.3499

Sapma Apriliana, N., & Priyo Utomo, E. (2019). Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi, 13(2), 179–190. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art5

Sim, S., & Lee, K. (2021). A Study on the Factors of Cosmetics Purchasing Behavior for Adolescents. Journal of the Korean Society of Cosmetology, 27(4), 920–931. https://doi.org/10.52660/jksc.2021.27.4.920

Soyata, A., & Chaerunisaa, A. Y. (2021). Whitening Agent?: Mekanisme, Sumber dari Alam dan Teknologi Formulasinya. Majalah Farmasetika, 6(2), 169. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v6i2.28139

Supriningrum, R., & Jubaidah, S. (2019). Penyuluhan Kosmetika Aman dan Identifikasi Merkuri dalam Kosmetika. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(2 SE-Articles), 136–141. https://doi.org/10.24903/jam.v3i2.505

Susanti, S. ., Puspitasari, C. . dan, & Ridwan, S. (2024). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Terkait Penggunaan Kosmetika Pada Remaja Di Pondok Khusus Putri Al- Halimy Lombok Barat. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(9), 1483–1488.

Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2022). Peran Perilaku Guru dalam Menciptakan Disiplin Siswa. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 1–7. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i4.467

TngPackaging. (2023). Ingin Kulit Cerah dan Sehat? Kenali Jenis-Jenis Cream Wajah. https://www.tngpackaging.co.id/ingin-kulit-cerah-dan-sehat-kenali-jenis-jenis-cream-wajah/

Umardi, R. I., & Ade Yuliar, M. M. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Taman Balekambang Surakarta. Skripsi, 33(1), 1–12.

Vestabilivy, E. (2019). Influence Of Knowledge And Use Of Whitening Cosmetics On STIKes Persada Husada Indonesia Students’ Facial Skin Abstrak. Jurnal Persada Husada Indonesia, 6(20), 30–40. http://jurnal.stikesphi.ac.id/index.php/kesehatan

View, R. G. (2023). Facial Skincare Market Size, Share & Trends Analysis Report By Product Type (Skin-whitening & Anti-ageing, Facial Creams), By Gender (Male, Female), By Distribution Channel, By Region, And Segment Forecasts, 2023 - 2030. Distribution Channel. https://www.grandviewresearch.com/industry-analysis/facial-skincare-market-report#

Wulandari, A., Teodhora, T., & Windiarto, H. S. (2024). Gambaran Tingkat Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Kosmetik Di Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Inkofar, 7(2), 96–100. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v7i2.298

Yohanes G, M. D. P., Cesarina Silaban, Diana Irawati, N. R., Nurhayati Siagian, Sharely Nursy Siringoringo, E. S., Arlien Jeannete Manoppo, Nining Indrawati, D. N., & Cicielia Ernawati Rahayu, Sulastri, R. A. S. (2017). Dasar Dasar Ilmu Biomedik Struktur dan Fungsi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Yoo, J.-J., & Kim, H.-Y. (2010). Use of Beauty Products among U.S. Adolescents: An Exploration of Media Influence. Journal of Global Fashion Marketing, 1(3), 172–181. https://doi.org/10.1080/20932685.2010.10593069

Ziveria, M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Efektif Pendukung Kegiatan Perkuliahan di Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe.

Zumarthana, A. S., Oktaviani, N. K. D., Imelda, V. P., Putri, M. A., Kartikasari, Y., Sari, P. F., Candraningsih, T. E., Rasyada, N. A., Ozora, M. H., Idayati, D. I., Kurniawan, T. T. A., & Yuda, A. (2024). Pengetahuan dan Perilaku terkait Penggunaan Produk Pemutih Kulit pada Remaja Putri di Indonesia. Jurnal Farmasi Komunitas, 11(1), 22–29. https://doi.org/10.20473/jfk.v11i1.54484


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia