Pendahuluan: Komunikasi antara perawat dan pasien sangat dibutuhkan dalam pemberian asuhan keperawatan. Komunikasi yang terapeutik akan meningkatkan hubungan saling percaya antara perawat dan pasien. Hubungan saling percaya perawat-pasien yang baik akan mempermudah dalam pemberian asuhan keperawatan, sehingga harapannya dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pasien yang dirawat di ruang rawat inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan jumlah sampel 67 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner komunikasi terapeutik perawat dan kuesioner kepuasan pasien. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji statistik Fisher’s Exact.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar 49 (73,1%) menyatakan komunikasi terapeutik baik, sebagian besar 49 (73,1%) menyatakan puas terhadap komunikasi yang digunakan perawat. Hasil penelitian ini ialah nilai ρ < 0,001 artinya ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Nilai OR = 39,37 yang berarti bahwa perawat yang melakukan komunikasi terapeutik baik berpeluang 39 kali untuk pasien merasa puas dibandingkan dengan perawat yang memiliki komunikasi terapeutik kurang baik. Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Rekomendasi: Perlu adanya pelatihan yang diatur oleh rumah sakit dalam meningkatkan komunikasi terapeutik perawat secara berkala.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Komunikasi Terapeutik, Perawat
Daftar Pustaka: 36 (2015-2024)
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutik, I., Faridi, A., Ramdany, R., Fitriani, R. J., Tania, P. O. A., Rahmiati, B. F., Lusiana, S. A., Susilawaty, A., Sianturi, E., & Suryana. (2021). Metodologi Penelitihan Kesehatan. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2). Yayasan Kita Menulis.
Agil, H. M., Raharja, P., & Rohman, T. (2020). Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Bung Karno RSU Proklasmasi Rengasdengklok Tahun 2020. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia.
Aswad, S., Mulyadi, & Lolong, J. J. S. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. Ejurnal Keperawatan (e-Kp), 3(2), 105457.
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Khusus, Puskesmas, Klinik Pratama, dan Posyandu Menurut Provinsi 2020. Badan Pusat Statistik Indonesia. Diakses dari https://www.bps.go.id
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Tenaga Kesehatan Menurut Provinsi, 2023. In Badan Pusat Statistik Indonesia. Diakses dari https://www.bps.go.id
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2024a). Jumlah Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Khusus, Puskesmas, Klinik Pratama, dan Posyandu Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2023. In BPS Prov. Jawa Tengah. Diakses dari https://jateng.beta.bps.go.id
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2024b). Jumlah Tenaga Kesehatan Menurut Kabupaten, Kota Di Provinsi Jawa Tengah. In BPS Prov. Jawa Tengah. Diakses dari https://jateng.bps.go.id
Basri, B. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Poso. Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice, 1(2), 92–98. https://doi.org/10.55984/leleani.v1i2.71
Cholis, E. N., Rumpiati, R., & Sureni, I. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kecemasan Pasien Hemodialisa di RSUD Dr Harjono Ponorogo. Jurnal Keperawatan Terpadu, 2(1), 16.
Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan. (2024). Jumlah Perawat di Rumah Sakit Kabupaten Pekalongan. Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.
Dinkes Kabupaten Pekalongan. (2023). Laporan Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Tahun 2023. Dinkes Kabupaten Pekalongan.
Djala, F. L. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Journal of Islamic Medicine, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.18860/jim.v5i1.11818
Endra, F. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Zifatama Jawara.
Fardhoni. (2023). Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien. NEM.
Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Gosyen Publishing.
Hidayat, A. A. A. (2018). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan (Edisi 2). Salemba Medika.
Hidayatullah, M. S., Khotimah, H., & Nugroho, S. A. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 8(1), 62–73. https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1022
Kadaria, R. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia.
Kusumawaty, I., Achmad, V. S., Ginting, D. S., Liana, Y., Indriyani, D., Martiningsih, W., Syamsi, N., & Lalla, N. (2022). Metodologi Penelitian Keperawatan. In PT Global Eksekutif Teknologi.
Lotfi, M., Zamanzadeh, V., Valizadeh, L., & Khajehgoodari, M. (2019). Assessment of Nurse–Patient Communication and Patient Satisfaction from Nursing Care. Nursing Open, 6(3), 1189–1196. https://doi.org/10.1002/nop2.316
Munawwaroh, A. I., & Indrawati, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Lerep. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(3), 268–277. https://doi.org/10.15294/ijphn.v2i3.55161
Musliha, & Fatmawati, S. (2017). Komunikasi Keperawatan: Plus Materi Komunikasi Terapeutik. Nuha Medika.
Ngalimun, & Zakiah. (2019). Komunikasi Kesehatan: Konseling dan Terapeutik. Parama Ilmu.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (Edisi 5). Salemba Medika.
Nursalam. (2022). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (Edisi 6). Salemba Medika.
Pangerapan, D. T., Palandeng, O. E. L. I., & Rattu, A. J. M. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), 2(1), 9–18.
Pemerintah Kabupaten Pekalongan. (2022). Survei Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Pekalongan Tahun 2020. Pemkab Pekalongan. https://pekalongankab.go.id/website/images/2021/dokumen/Laporan-SKM-Pemkab-Pekalongan-2020.pdf
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes). (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, 3, 1–80. Diakses dari http://bppsdmk.kemkes.go.id
Prabowo, T. (2018). Komunikasi Dalam Keperawatan (Edisi 1). Pustaka Baru Press.
Sabri, L., & Hastono, S. P. (2022). Statistik Kesehatan (Ed.1). Rajawali Pers.
Santoso, A. P. A., & Wardani, tatiana S. (2021). Pengantar Komunikasi Kesehatan. TIM.
Sucipto, C. D. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan (Ed.1). Gosyen Publishing.
Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metdologi Penelitian. Pusdik SDM Kesehatan.
Transyah, C. H., & Toni, J. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Endurance, 3(1), 88. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2487
Walansendow, V. L., Pinontoaan, O. R., & Rompas, S. S. (2017). Hubungan Antara Sikap dan Teknik Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Eunike RSU GMIM Kalooran Amurang. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 5.
WHO. (2024). Keperawatan dan Kebidanan. World Health Organization. Diakses: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/nursing-and-midwifery
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |