Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT BERDASARKAN PERSEPSI PASIEN PADA MASA PANDEMI COVID19 DI RUMAH SAKIT UMUM KOTA PEKALONGAN


Pengarang : Yuni Mutiara, Nur Izzah Priyogo


Kata Kunci   :Caring, Pasien Rawat Inap, Perilaku

Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Januari, 2022 ABSTRAK Yuni mutiara 1 , Nur Izzah 2 “Gambaran perilaku Caring perawat berdasarkan persepsi pasien pada masa pandemi covid19 di Rumah Sakit Umum KotaPekalongan” Perawat sebagai garda terdepan yang memberikan pelayanan kesehatan, mempunyai peran penting dalam membantu menurunkan angka kejadian virus corona pada masa pandemi. Salah satu peran penting perawat pada masa pandemi adalah sebagai pemberi asuhan keperawatan yang aktif terhadap pasien dengan memberikan Caring yang baik kepada pasien. Penelitian ini mendeskripsikan gambaran perilaku Caring perawat berdasarkan persepsi pasien pada masa pandemi covid19 di Rumah Sakit Umum Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 215 responden. Alat pengumpulan data menggunakan Kuesioner Caring Assesment Tools. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuh, atau sebanyak 148 responden (58,8%) menyatakan Caring perawat terhadap pasien rawat inap baik dan 67 responden (31,2%) menunjukan bahwa Caring perawat terhadap pasien rawat inap kurang baik. Sebanyak 92 responden (42,8%) pada rentang usia 48 – 61 tahun dengan perilaku Caring baik sebesar 62 responden (28,8%). Sebanyak 129 responden (60%) berjenis kelamin laki – laki dengan hasil perilaku Caring baik sebesar 94 responden (43,7%). 94 responden (43,7%) berpendidikan dasar (SD/SMP) dengan hasil perilaku Caring baik sebesar 63 responden (29,3%). Bagi Rumah Sakit diharapkan hasil penelitian ini dijadikan salah satu dasar masukan kepada manjemen Rumah Sakit dalam membuat kebijakan pelayanan keperawatan untuk meningkatkan pelayanan keperawatan yang berkualitas Kata Kunci: Caring, Pasien Rawat Inap, Perilaku Daftar Pustaka : 28 Buku, 5 Jurnal

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2022
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia