Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Peran Guru dengan Kejadian Bullying pada Murid Sekolah Dasar di SDN 01 Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan


Pengarang : Tegar, Susri Utami


Kata Kunci   :Guru, Bullying, Sekolah Dasar

Latar Belakang : Bullying merupakan tindakan perundungan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok yang memiliki tujuan untuk menindas untuk memperoleh kekuasaan. Bullying sering terjadi dilingkungan sekolah dikarenakan terdapat sebuah interaksi antar individu maupun kelompok. Dampak dari bullying di sekolah menimbulkan dampak bagi korban seperti korban mengalami depresi dan mengalami penurunan akademik.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran guru dengan kejadian bullying pada murid sekolah dasar di SDN 01 Bebel kecamatan wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi korelasional dengan rancangan cross sectional. Alat ukur yang digunakan menggunakan Kuesioner Teachers’ Responses to Bullying Questionnaire (TRBQ) dan kuesioner Bullying. analisa data menggunakan uji spearman rank.

Hasil : Hasil dari penelitian ini terdapat sebanyak 145 responden. Mayoritas responden mengatakan peran guru tinggi sebanyak 125 (86,2%) dan mayoritas responden pernah melakukan kejadian bullying rendah sebanyak 121 (83,4%). Selain itu hasil korelasi penelitian ini menunjukan nilai signifikansi (p value = 0,000 dan r = 0, 338).

Simpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara peran guru dengan kejadian bullying . Diharapkan perawat dapat memberikan edukasi mengenai bullying kepada murid sekolah dasar.

Kata Kunci : Guru, Bullying, Sekolah Dasar
Daftar Pustaka : 42 (2017 – 2024)

Referensi

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA - Press UIN Sunan Kalijaga.

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Ananda, R. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan?: Telaah Terhadap Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Andini, L. S., & Kurniasari, K. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(3), 99–105. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2021.v4.99-105

Anggreni, D. (2022). Buku Ajar?: Metodologi Penelitian (Eka Diah K). STIKes Majapahit Mojokerto. https://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/EBook/article/view/806/812

Ariani, A. P. (2014). Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Nuha Medika.

BPS Provinsi Jawa Tengah. (n.d.). Retrieved March 23, 2024, from https://jateng.bps.go.id/indicator/30/1026/1/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html

Devita, Y., & Dyna, F. (2019). Analisis Hubungan Karakteristik Anak Dan Lingkungan Keluarga Dengan Perilaku Bullying. Health Care?: Jurnal Kesehatan, 7(2), 15–21. https://doi.org/10.36763/healthcare.v7i2.24

Dewi, A. A. (2017). Guru Mata Tombak Pendidikan?: (second edition) (Rendi Sifu). CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=vnJsDwAAQBAJ&pg=PA15&dq=13+peran+guru&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwio9tOJobKDAxXCoGMGHaIUAy8Q6wF6BAgKEAU#v=onepage&q=13 peran guru&f=false

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, P. P. dan K. B. (2022). DATA KEKERASAN PEREMPUAN & ANAK PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018-2022 (s.d. FEBRUARI). https://dp3a.semarangkota.go.id/

Fitria, S., & Dwi, T. (2023). Bullying dan Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Sosial pada Remaja di Aceh. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 1–9. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/syifaulqulub/article/view/5934

Haryani, wirowo.,  dan I. S. (2022). Modul Etika Penelitian (T. Purnama (Ed.)). Jurusan Kesehatan Gigi Poltekes.

Indrawati, P. (2023). Gambaran Kejadian Bullying di Sekolah Menengah Pertama. Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Bullying incident, physical bullying, verbal bullying, relational bullying. http://repository.unissula.ac.id/30081/

Irmayanti, N. (2022). Bullying Dalam Perspektif Psikologi?: Teori Perilaku. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Iswadi. (2020). Profesi Kependidikan. IN MEDIA.

Khoirunnisa, M. L., Maula, L. H., & Arwen, D. (2018). Hubungan Tindakan Bullying Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Pgri 1 Tangerang. Jurnal JKFT, 3(2), 59. https://doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1286

Lestari, I. (2018). Perkembangan Anak Usia SD (Sitepu (Ed.)). UNJ Press.

Malinggato, L. G. (2018). Hubungan Peran Guru dan Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sekolah SMP Negri 8 Manado. https://repo.unikadelasalle.ac.id/1193/

Marsono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif?: Langkah-langkah Menyusun Skripsi, Tesisi atau Disertai Menggunakan Tekik Analisis Jalur (Path Analysis) dilengkapo Contoh Aplikasinya Edisi 2. penerbit IN MEDIA.

Muspita, A. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH. 2(April), 31–38.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Nur, R., & Pakudu, R. (2022). TAHAP PERKEMBANGAN AFEKTIF ANAK USIA DINI. 2.

Nurhayati, G. E. V. Y. L. (2020). Tindakan Bullying Dengan Tingkat Kecemasan Pada Remaja. Jurnal Sehat Masada, XIV(2), 207.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (edisi 4). Salemba Medika.

Nurussama, A. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(8), 510–520.

Patras, Y. E., & Sidiq, F. (2020). Dampak Bullying Bagi Kalangan Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue1page12-24

Restu. (2023). Data KPAI Kasus Bullying Makin Meningkat 226 di 2022, Korban Terbanyak Siswa SD. Wartabanjar.Com. https://wartabanjar.com/2023/10/01/data-kpai-kasus-bullying-makin-meningkat-226-di-2022-korban-terbanyak-siswa-sd/

Ririn, R. N. D. (2023). Hubungan Orang Tua dan Guru dalam Mencegah Bullying. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 110–116. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1739

Rohman, M. Z. (2020). Hubungan Antara Usia, Tingkatan Kelas, dan Jenis Kelamin dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. The 3rd Universty Research Colloquium 2016, 526–532.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (Tri Koryat). PENERBIT KBM INDONESIA.

Saparina, Titi, Fitri Yanti, M. G. N. (2020). Buku Ajar Manajemen Data menggunakan Aplikasi Epilnfo dan SPSS (Guepedia (Ed.)). Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=ztdMEAAAQBAJ&pg=PA91&dq=univariat+adalah&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwikz5Ll-buEAxXj3jgGHVHsAuQQ6wF6BAgMEAU#v=onepage&q=univariat adalah&f=false

Setyawan, D. A. (2022). Statistika Kesehatan Analisis Bivariat pada Hipotesis Penelitian (W. Setyaningsih (Ed.)). Tahta Media.

Sina, I. (2022). Metodologi Penelitian (Agung Tri Putranto (Ed.)). Penerbit Widina Bhakti Persada.

Sri Hertinjung, W., & Karyani, U. (2022). Profil Pelaku Dan Korban Bullying Di SD. Jurnal Kesehatan , 2011, 1–8.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf (Setiyaawam). Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualidatif dan R&D (Sutopo (Ed.)). ALFABET, CV.

Supriyanto. (2021). Stop Perundungan/ Bullying yuk?! (A. Ismail (Ed.)). Direktorat Sekolah Dasar.

Uno, H. B. (2016). Tugas Guru Dalam Aspek Pembelajaran?: Aspek yang Memengaruhi. PT Bumi Aksara.

van Gils, F. E., Colpin, H., Verschueren, K., Demol, K., ten Bokkel, I. M., Menesini, E., & Palladino, B. E. (2022). Teachers’ Responses to Bullying Questionnaire: A Validation Study in Two Educational Contexts. Frontiers in Psychology, 13(March), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.830850

Van Harling, Vina N, Dalviana, Abdun Nafi, Astuti Samosir, W. L. (2023). Desain Pendidikan dan Pembelajaran Transformatif Konsep dan Implementasi di Sekolah Dasar (N. Oktavia (Ed.)). Pustaka Peradaban. https://books.google.co.id/books?id=WKDNEAAAQBAJ&pg=PA28&dq=peran+guru+menurut+ki+hajar+dewantara&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwjRrqCt15mEAxVtyjgGHRKYBb0Q6wF6BAgLEAU#v=onepage&q=peran guru menurut ki hajar d

Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 25. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.25-28

 

Yusmansyah, S. L., & Mayasari, S. (2019). Bentuk dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying Forms and Factors Causing Bullying Behavior. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 22–36.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia