Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Peresepan Elektronik Terhadap Persepsi Pasien Dan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi RSUD Bendan Kota Pekalongan


Pengarang : Aldila Putri Virgasari, Yulian Wahyu Permadi


Kata Kunci   :farmasi, instalasi, kepuasan, persepsi, resep

Saat ini sudah ada banyak rumah sakit yang menggunakan sistem peresepan elektronik. Peresepan elektronik atau e-prescribing adalah sistem pembuatan resep yang ditunjukan untuk pasien dengan menggunakan teknologi software komputer yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan peresepan elektronik terhadap persepsi dan kepuasan pasien di instalasi farmasi RSUD Bendan Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan 111 responden. Analisis data menggunakan analisis chi-square dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian uji chi-square ini didapatkan nilai p 0,008 pada hubungan antara E-Resep dengan persepsi yang artinya terdapat hubungan, hubungan antara E-Resep dengan tingkat kepuasan terhadap dimensi kehandalan sebesar 0,257, daya tanggap sebesar 0,185, jaminan sebesar 0,638, bukti fisik sebesar 0,044, kepedulian sebesar 0,677 yang artinya tidak terdapat hubungan. Hasil penelitian uji korelasi berganda didapatkan nilai Sig. F Change 0,021 yang artinya terdapat hubungan antara E-Resep dengan persepsi pasien dan kepuasan pasien, namun tingkat hubungan tersebut rendah

Referensi

Alfikri, F., Lilik, S. and Karyanta, N.A. (2015) ‘Hubungan antara kestabilan emosi dengan konsep diri pada jamaah pengajian haqqul amindi Surakarta’, Jurnal Ilmiah Psikologi candrajiwa, 4(1 Jun).

 

Amalia, V. et al. (2020) ‘Persepsi dan Perilaku Swamedikasi Penyakit Jamur Kulit di Kelurahan Panjang Wetan Kota Pekalongan Tahun 2020’, Medical Sains: Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 5(1), pp. 1–10.

 

Amanda, I.G.O.S., Agushybana, F. and Sudiro, S. (2020) ‘Hubungan Implementasi Sistem Resep Elektronik Terhadap Kepuasan Pengguna’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(3), pp. 161–167.

 

Ariani, A.P. (2014) Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

 

Arifin, H.S., Fuady, I. and Kuswarno, E. (2017) ‘Analisis faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa untirta terhadap keberadaan perda syariah di Kota Serang’, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21(1), pp. 88–101.

 

Asyary, A., Kusnanto, H. and Fuad, A. (2014) ‘Sistem peresapan elektronik pada keselamatan pengobatan pasien’, Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 8(3), pp. 119–124.

 

Azwar, S. and Pelajar, P. (2016) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit’.

 

Bell, D.S. and Friedman, M.A. (2014) ‘E-prescribing and the medicare modernization act of 2003’, Health Affairs, 24(5), pp. 1159–1169.

 

Bimo Walgito, B.W. (2015) ‘Pengantar Psikologi Umum’. Andi.

 

Delia, A.C., Yuniarti, P. and Setya, E.R. (2020) ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum (RSU) Ummi Bengkulu’. Stikes Al-Fatah Bengkulu.

 

Djollong, A.F. (2014) ‘Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif’, Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1).

 

Donsu, J.D.T. (2017) ‘Psikologi Keperawatan; Aspek-aspek Psikologi’.

 

Esthi, F.S., Mindarsih, E. and Murni, M. (2019) ‘Faktor-Faktor Mutu Pelayanan Kebidanan yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Poli Kebidanan RSUD Wonosari’.

 

Farida, S. et al. (2018) ‘Implementation of Electronic Prescribing’, eJournal Kedokteran Indonesia [Preprint].

 

Febry, P.S. (2018) ‘Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK. IV Madiun Tahun 2018’.

 

Fuady, I., Arifin, H.S. and Kuswarno, E.E. (2017) ‘Factor Analysis That Effect University Student Perception in Untirta About Existence of Region Regulation in Serang City-Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang’, Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), p. 123770.

 

Gagnon, M.-P. et al. (2014) ‘Barriers and facilitators to implementing electronic prescription: a systematic review of user groups’ perceptions’, Journal of the American Medical Informatics Association, 21(3), pp. 535–541.

 

Gultom, D.K., Arif, M. and Fahmi, M. (2020) ‘Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan’, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), pp. 171–180.

 

Hendrawan, A. (2019) ‘Gambaran tingkat pengetahuan tenaga kerja PT’X’tentang undang-undang dan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja’, Jurnal Delima Harapan, 6(2), pp. 69–81.

 

Heryanto, I., Sidharta, I. and Mulyawan, A. (2016) ‘Pharmaceutical service quality and loyalty at public hospital in bandung Indonesia’, International Journal of PharmTech Research, 7(9), pp. 154–160.

 

Ihsan, S., Amir, S.A. and Sahid, M. (2015) ‘Evaluasi Pengelolaan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna Tahun 2014’, Pharmauho, 1(2), pp. 23–28.

 

Irnawati, Y. and Rahmawati, F. (2022) ‘Implementasi Teori HBM (Health Belief Model) Dalam Pencegahan Perilaku HIV/AIDS Pada Wanita Usia Subur (WUS)’, Jurnal Pengemas Kesehatan, 1(01), pp. 13–17.

 

Kemenkes, R.I. (2019) ‘Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit’, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta [Preprint].

 

Kesehatan, D.B.K. dan A. (2014) ‘Keputusan Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan tentang Pedoman Penerapan Formularium Nasional’, Jakarta: Dirjen Binfar dan Alkes [Preprint].

 

Lontaan, V., Rumayar, A.A. and Tucunan, A.A.T. (2019) ‘Hubungan antara Persepsi Pasien terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara’, KESMAS, 7(5).

 

Malinggas, N.E.R., Posangi, J. and Soleman, T. (2015) ‘Analysis of Logistics Management Drugs In Pharmacy Installation District General Hospital Dr. Sam Ratulangi Tondano’, JIKMU (Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat UNSRAT), 5(2), pp. 448–460.

 

Mutmainnah, U. and Ahri, R.A. (2021) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020’, Journal of Muslim Community Health, 2(1), pp. 52–74.

 

Ningrum, W.A. et al. (2020) ‘Hubungan Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan Responden Prolanis Terhadap Pengobatan Diabetes Melitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Wonopringgo Kabupaten Pekalongan’, in Prosiding University Research Colloquium, pp. 26–30.

 

Ningsih, D.A., Imron, A. and Triwiyanto, T. (2018) ‘Hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa sekolah menengah kejuruan negeri’, JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), pp. 245–254.

 

Notoatmodjo, S. (2018) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Nurkholis, N. (2015) ‘Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi’, Jurnal kependidikan, 1(1), pp. 24–44.

 

Permadi, Y.W. (2020) ‘Gambaran Swamedikasi Batuk Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Kabunan di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang’, CHMK Pharmaceutical Scientific Journal, 3(3), pp. 2016–2212.

 

Qomusuddin, I.F. and Romlah, S. (2021) Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish.

 

Rahayuningtyas, W. et al. (2023) ‘Kepuasaan Pelayanan Resep Konvensional dan Elektronik Pasien Rawat Jalan: Studi Perbandingan di Instalasi Farmasi RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan’, in PROSIDING SEMINAR KESEHATAN MASYARAKAT, pp. 44–50.

 

Rahmatullah, S. et al. (2023) ‘PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMBINA PONDOK PADA PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR TENTANG DAGUSIBU (DAPATKAN, GUNAKAN, SIMPAN DAN BUANG) OBAT DI PONDOK PESANTREN IMBS MIFTAHUL ULUM PEKAJANGAN KEL. AMBOKEMBANG KEC. KEDUNGWUNI KAB. PEKALONGAN’, Jurnal Batikmu, 3(2), pp. 74–80.

 

Reed-Kane, D. et al. (2014) ‘E-prescription errors and their resolution in a community compounding pharmacy.’, International Journal of Pharmaceutical Compounding, 18(2), pp. 159–161.

 

Roflin, E. and Zulvia, F.E. (2021) Kupas tuntas analisis korelasi. Penerbit NEM.

 

Roumeliotis, N. et al. (2019) ‘Effect of electronic prescribing strategies on medication error and harm in hospital: a systematic review and meta-analysis’, Journal of general internal medicine, 34, pp. 2210–2223.

 

Rukajat, A. (2018) Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

 

Samadbeik, M., Ahmadi, M. and Asanjan, S.M.H. (2017) ‘A theoretical approach to electronic prescription system: lesson learned from literature review’, Iranian Red Crescent Medical Journal, 15(10).

 

Schleiden, L.J., Odukoya, O.K. and Chui, M.A. (2015) ‘Older adults’ perceptions of e-prescribing: impact on patient care’, Perspectives in health information management, 12(Winter).

 

Sidharta, I., Affandi, A. and Priadana, S. (2016) ‘Service quality of pharmaceutical service at public hospital in Bandung, Indonesia’, International Journal of PharmTech Research, 9(4), pp. 142–146.

 

Sri Muliani, D.P. (2021) ‘PERSEPSI PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KONTRASEPSI METODE OPERATIF PRIA DI DESA DARMASABA TAHUN 2021’. Jurusan Kebidanan.

 

Stephen, R. and Judge, T.A. (2015) ‘Perilaku organisasi’, Penerbit Salemba Empat, Jakarta [Preprint].

 

Subagyo, A.K. and Pambudi, A.F. (2015) ‘PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR TERHADAP PENDEKATAN TEMATI K INTEGRATI F PADA KURIKULUM 2013’, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1).

 

Sugiono, S., Noerdjanah, N. and Wahyu, A. (2020) ‘Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation’, Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), pp. 55–61.

 

Sugiyono (2019) ‘Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D’, Alfabeta, Bandung [Preprint].

 

Suhardi & Cahyo, F.N. (2014) ‘Persepsi siswa SMK Negeri 2 kabupaten Wonosobo terhadap nilai-nilai sosial dalam kegiatan ekstrakurikuler permainan sepakbola’, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10, pp. 19–22.

 

Sujarweni, V.. W. (2015) Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

 

Sumarandak, M.E.N., Tungka, A.E. and Egam, P.P. (2021) ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado’, Spasial, 8(2), pp. 255–268.

 

Thoha, M. (2014) Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Cetakan 24. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

 

Wati, D.C. (2020) ‘Hubungan Persepsi Pasien pada Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2020’. Universitas Islam Kalimantan MAB.

 

Zetira, Z. (2019) ‘Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Peresepan Elektronik Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung’.

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia