Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2025
ABSTRAK
Kundiyah1, Neti Mustikawati2
Pengaruh Terapi Mewarnai Terhadap Kecemasan Anak Usia 3-6 Tahun
di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Latar Belakang : Anak yang menjalani perawatan di rumah sakit umumnya mengalami kecemasan akibat perubahan lingkungan, prosedur medis yang harus dijalani, serta keterbatasan aktivitas sehari-hari. Kecemasan ini dapat berdampak negatif pada kondisi psikologis anak sehingga mengganggu proses penyembuhan. Salah satu intervensi non-farmakologis yang dapat diberikan untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan adalah terapi mewarnai. Terapi ini memungkinkan anak mengekspresikan emosi, mengalihkan perhatian dari rasa sakit maupun ketakutan, serta menumbuhkan perasaan tenang dan nyaman selama proses hospitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi mewarnai terhadap kecemasan anak usia 3-6 tahun di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Metode : Penelitian ini mengaplikasikan metode Pra- Eksperimental dengan desain one group pre-post test. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 3-6 tahun di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan yang berjumlah 30 anak. Tingkat kecemasan responden diukur menggunakan skala kecemasan prasekolah (Preschool Anxiety Scale -PAS) dengan intervensi terapi mewarnai.
Hasil :.Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum terapi mewarnai nilai rata-rata skor kecemasan 47,93 dan setelah terapi mewarnai dengan rata-rata 19,30. Penelitian ini menggunakan uji non parametrik dengan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test, diperoleh p = 0,000 (< 0,05), yang artinya terapi mewarnai yang diberikan berpengaruh terhadap tingkat kecemasan anak
Simpulan : Ada pengaruh terapi mewarnai terhadap kecemasan anak usia 3-6 tahun. Perawat anak diharapkan dapat memberikan intervensi untuk mengatasi kecemasan anak yang menjalani perawatan di rumah sakit.
Kata Kunci : Anak 3-6 tahun, kecemasan,terapi mewarnai
Daftar Pustaka : 37 (2001-2025)
Andi Akifa Sudirman, Dewi Modjo, R. A. A. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi. Jig, 1(2), 100–112.
Andriyani, S. (2021). Keperawatan Anak (S. Novianti (ed.); 1 ed.). UPI Press. https//press.upi.edu
Anggeriyane. (2022). Tumbuh Kembang Anak (Sari M (ed.); 1 ed.). PT Global Eksekutif Tehnologi. www.globaleksekutiftehnologi.coid
Ariani Ayu. (2018). Aplikasi Metodologi Enelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi (2nd ed.). Nuha Medika. www.nuhamedika.gu.ma
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan. Kabupaten Pekalongan Dalam Angka2024.https://pekalongankab.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/e8ad44f40e3585f5dbda5517/kabupaten-pekalongan-dalam-angka-2024.html, Diakses 23 Maret 2025.
Daniel, Righo, A., & Priyono, D. (2021). Terapi bermain terhadap Tingkat kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi?: a literature review. Jurnal ProNers, 6(1), 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/48661
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2023). Profil kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Diakses dari http://www.dinkesjatengprov.go.id,Diakses 23 Maret 2025.
Fadillah. (2019). buku ajar bermain dan permainan (3rd ed.). www.prenadamedia.com
Gerungan, N., & Welelang, E. (2020). Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dirawat Di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 105–113.
Hidayat, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan (T. Utami (ed.)). http//www.penerbitsalemba.com
Indah Kurnia Sari, Aida Rusmariana, A. B. (2023). Penerapan Terapi BermainMewarnai Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Di Ruang Melati RSUD Tugurejo Semarang In Preschool Children In The Jasmine Room At Tugurejo Hospital , Semarang. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 6, 522–527.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2024). Profil kesehatan ibu dan anak tahun 2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Diakses dari https://www.bps.go.id,Diakses 23 Maret 2025.
Kyle, T. & Carman ,S (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatri (T. E (ed.); 2nd ed.). Buku Kedokteran EGC. https://doi.org/10.1234/abcdefg.123456
Marni, M., & Ambarwati, R. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan GSH,7(1),2429.http://journal.akpergshwng.ac.id/index.php/gsh/article/view/65
Manurung, N. (2016). Terapi Reminicence (I. Taufik (Ed.); 1st ed.). CV.Trans Info Media.
Mansur A.R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah (Neherta M dkk (ed.); 1 ed.). Andalas University Press.
Mendri, ni ketut, & Prayogi, agus sarwo. (2018). asuhan keperawatan pada anak sakit dan bayi berisiko (1st ed.). pustaka baru press.
Mujiyanti, S., Ris Rismawati, R., Studi Profesi Ners STIKes Faletehan, P., Raya Cilegon, J. K., Kramatwatu-Serang, P., & Studi Ilmu Keperawatan STIKes Faletehan Jl Raya Cilegon, P. K. (2019). Pengaruh Terapi Aktivitas Bermain Lego terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah (3-6 tahun) Akibat Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia•, 3(1), 2580–3077. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jik/index57
Nurhidayah, nurjanah dan. (2023). terapi bermain anak (Wigansandra (ed.); 1st ed.). politehnik negeri indramayu.
Nursalam. (2020), (11112 B.C.E.). Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan:Pendekatan praktis (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Novietha Indra Sallama. http//www.penerbitsalemba.com
Oktiawati, A. dkk. (2017). Teori dan Konsep Keperwatan Pediatrik (1 ed.). www.transifotim.blogspot.com. www.transifotim.blogspot.com
Pamuji, N. S., & Sodikin, S. (2020). Hubungan Jenis Kelamin, Usia, dan Urutan Kelahiran dengan Kemampuan Mengkombinasikan Warna Menggunakan Media Finger Painting. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 333–338. https://doi.org/10.30651/jkm.v0i0.5762
Patandung, V. P., Langingi, A. R. C., & Rembet, I. Y. (2024). Picture Coloring Play Therapy Affects Pre-School Children’s Anxiety Levels During Hospitalization in St. Theresia Room Gunung Maria Tomohon Hospital. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(8), 3499–3512. https://doi.org/10.55927/eajmr.v3i8.10546
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2015
https://peraturan.bpk.go.id/Download/106702/Permenkes%20Nomor%2025%20Tahun%202015.pdf, Diakses 27 Maret 2025.
Preschool Anxiety Scale Revised (PASR) Indonesian Translation. Translated by:MelvaUtama(2015),https://www.mq.edu.au/__data/assets/pdf_file/0004/137164/PASR__Indonesian_copyright_2015.pdf
Rachmat M. (2018). Metodologi Penelitian Gizi & Kesehatan (Yuda E (ed.). egc.
Rekam Medis.(2024).Jumlah Pasien Anak Umur 3-4 Tahun Yang Dirawat Inap Diruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Riski Nadian Wardani, Marisca Agustina, & Aisyah Safitri. (2023). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi Di Ruang Jasmine Rs Yadika Kebayoran Jakarta Selatan Tahun 2022. The Journal General Health and Pharmaceutical Sciences Research, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.57213/tjghpsr.v2i1.144
Riyanto Agus. (2017). Pengolahan dan anlisis Data kesehatan (2nd ed.). Nuha Medika.
Setyaningrum, saptutyningsih dan. (2019). Penelitian kuantitatif metode dan alat anaisis. Gosyen. www.osyenpublising
Sugiyarto. (2021). Pengantar Biostatistika. Program Studi Matematika Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan Universitas Ahmad Dahlan, 5–24.
Suprapto Haddy. (2020). Penerapan Metodologi Penelitian dalamKarya Ilmiah (1st ed.). Gosyen. http//www.gosyenpublishing.web.id
Timbun, Y., Mangihut, R., Simarmata, R., L, M. E. N., Fanny, L., Kale, P., & Tangkonda, E. (2025). Mewarnai Gambar Hewan Dan Bermain Peran Bersama Anak Paud Tunas Harapan , Desa Napan ( Coloring Animal Pictures and Role-Playing with Children of Tunas Harapan Pre-School , Napan Village ). 5(1), 5–9.
Triwiyanti, Ardina, T., & Maghfira, R. (2019). Wilcoxon Test , Dependent Test and Independent Test. Universitas Gajah Mada, June, 28. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34721.07525
Yazia, Velga?; Suryani, U. (2024). Jurnal Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 16(4), 1381–1392.
Zhou, S., Creswell, C., Spence, S. H., & Reardon, T. (2024). Measurement Invariance of the Higher-Order Model of Preschool Anxiety Scale (PAS) Across Child Age, Gender, Parental Anxiety, and Pandemic Period in England. Psychological Assessment, 36(9), 526–537. https://doi.org/10.1037/pas0001325
Zulfajri dkk. (2021). Pedidikan anak pra sekolah (Nurkholik (Ed.); 1st ed.). Edu Publisher
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |