Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH TERAPI MEWARNAI TERHADAP KECEMASAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DI RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN
Pengarang : Kundiyah, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :Anak 3-6 tahun, kecemasan,terapi mewarnai

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2025

ABSTRAK

Kundiyah1, Neti Mustikawati2
Pengaruh Terapi Mewarnai Terhadap Kecemasan Anak Usia 3-6 Tahun
di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Latar Belakang : Anak yang menjalani perawatan di rumah sakit umumnya mengalami kecemasan akibat perubahan lingkungan, prosedur medis yang harus dijalani, serta keterbatasan aktivitas sehari-hari. Kecemasan ini dapat berdampak negatif pada kondisi psikologis anak sehingga mengganggu proses penyembuhan. Salah satu intervensi non-farmakologis yang dapat diberikan untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan adalah terapi mewarnai. Terapi ini memungkinkan anak mengekspresikan emosi, mengalihkan perhatian dari rasa sakit maupun ketakutan, serta menumbuhkan perasaan tenang dan nyaman selama proses hospitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi mewarnai terhadap kecemasan anak usia 3-6 tahun di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Metode : Penelitian ini mengaplikasikan metode Pra- Eksperimental dengan desain one group pre-post test. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 3-6 tahun di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan yang berjumlah 30 anak. Tingkat kecemasan responden diukur menggunakan skala kecemasan prasekolah (Preschool Anxiety Scale -PAS) dengan intervensi terapi mewarnai.
Hasil :.Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum terapi mewarnai nilai rata-rata skor kecemasan 47,93 dan setelah terapi mewarnai dengan rata-rata 19,30. Penelitian ini menggunakan uji non parametrik dengan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test, diperoleh p = 0,000 (< 0,05), yang artinya terapi mewarnai yang diberikan berpengaruh terhadap tingkat kecemasan anak
Simpulan : Ada pengaruh terapi mewarnai terhadap kecemasan anak usia 3-6 tahun. Perawat anak diharapkan dapat memberikan intervensi untuk mengatasi kecemasan anak yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Kata Kunci : Anak 3-6 tahun, kecemasan,terapi mewarnai
Daftar Pustaka : 37 (2001-2025)
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

 

 

Andi Akifa Sudirman, Dewi Modjo, R. A. A. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi. Jig, 1(2), 100–112.

Andriyani, S. (2021). Keperawatan Anak (S. Novianti (ed.); 1 ed.). UPI Press. https//press.upi.edu

Anggeriyane. (2022). Tumbuh Kembang Anak (Sari M (ed.); 1 ed.). PT Global Eksekutif Tehnologi. www.globaleksekutiftehnologi.coid

Ariani Ayu. (2018). Aplikasi Metodologi Enelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi (2nd ed.). Nuha Medika. www.nuhamedika.gu.ma

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan. Kabupaten Pekalongan Dalam Angka2024.https://pekalongankab.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/e8ad44f40e3585f5dbda5517/kabupaten-pekalongan-dalam-angka-2024.html, Diakses 23 Maret 2025.

Daniel, Righo, A., & Priyono, D. (2021). Terapi bermain terhadap Tingkat kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi?: a literature review. Jurnal ProNers, 6(1), 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/48661

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2023). Profil kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Diakses dari http://www.dinkesjatengprov.go.id,Diakses 23 Maret 2025.

Fadillah. (2019). buku ajar bermain dan permainan (3rd ed.). www.prenadamedia.com

Gerungan, N., & Welelang, E. (2020). Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dirawat Di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 105–113.

Hidayat, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan (T. Utami (ed.)). http//www.penerbitsalemba.com

Indah Kurnia Sari, Aida Rusmariana, A. B. (2023). Penerapan Terapi BermainMewarnai Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Di Ruang Melati RSUD Tugurejo Semarang In Preschool Children In The Jasmine Room At Tugurejo Hospital , Semarang. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 6, 522–527.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2024). Profil kesehatan ibu dan anak tahun 2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Diakses dari https://www.bps.go.id,Diakses 23 Maret 2025.

Kyle, T. & Carman ,S (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatri (T. E (ed.); 2nd ed.). Buku Kedokteran EGC. https://doi.org/10.1234/abcdefg.123456

Marni, M., & Ambarwati, R. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap  Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan GSH,7(1),2429.http://journal.akpergshwng.ac.id/index.php/gsh/article/view/65

Manurung, N. (2016). Terapi Reminicence (I. Taufik (Ed.); 1st ed.). CV.Trans Info Media.

Mansur A.R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah (Neherta M dkk (ed.); 1 ed.). Andalas University Press.

Mendri,  ni ketut, & Prayogi,  agus sarwo. (2018). asuhan keperawatan pada anak sakit dan bayi berisiko (1st ed.). pustaka baru press.

Mujiyanti, S., Ris Rismawati, R., Studi Profesi Ners STIKes Faletehan, P., Raya Cilegon, J. K., Kramatwatu-Serang, P., & Studi Ilmu Keperawatan STIKes Faletehan Jl Raya Cilegon, P. K. (2019). Pengaruh Terapi Aktivitas Bermain Lego terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah (3-6 tahun) Akibat Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia•, 3(1), 2580–3077. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jik/index57

Nurhidayah,  nurjanah dan. (2023). terapi bermain anak (Wigansandra (ed.); 1st ed.). politehnik negeri indramayu.

Nursalam. (2020), (11112 B.C.E.). Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan:Pendekatan praktis (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Novietha Indra Sallama. http//www.penerbitsalemba.com

Oktiawati, A. dkk. (2017). Teori dan Konsep Keperwatan Pediatrik (1 ed.). www.transifotim.blogspot.com. www.transifotim.blogspot.com

Pamuji, N. S., & Sodikin, S. (2020). Hubungan Jenis Kelamin, Usia, dan Urutan Kelahiran dengan Kemampuan Mengkombinasikan Warna Menggunakan Media Finger Painting. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 333–338. https://doi.org/10.30651/jkm.v0i0.5762

Patandung, V. P., Langingi, A. R. C., & Rembet, I. Y. (2024). Picture Coloring Play Therapy Affects Pre-School Children’s Anxiety Levels During Hospitalization in St. Theresia Room Gunung Maria Tomohon Hospital. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(8), 3499–3512. https://doi.org/10.55927/eajmr.v3i8.10546

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2015

https://peraturan.bpk.go.id/Download/106702/Permenkes%20Nomor%2025%20Tahun%202015.pdf, Diakses 27 Maret 2025.

Preschool Anxiety Scale Revised (PASR) Indonesian Translation. Translated by:MelvaUtama(2015),https://www.mq.edu.au/__data/assets/pdf_file/0004/137164/PASR__Indonesian_copyright_2015.pdf

Rachmat M. (2018). Metodologi Penelitian Gizi & Kesehatan (Yuda E (ed.). egc.

Rekam Medis.(2024).Jumlah Pasien Anak Umur 3-4 Tahun Yang Dirawat Inap Diruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan 

Riski Nadian Wardani, Marisca Agustina, & Aisyah Safitri. (2023). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi Di Ruang Jasmine Rs Yadika Kebayoran Jakarta Selatan Tahun 2022. The Journal General Health and Pharmaceutical Sciences Research, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.57213/tjghpsr.v2i1.144

Riyanto Agus. (2017). Pengolahan dan anlisis Data kesehatan (2nd ed.). Nuha Medika.

Setyaningrum,  saptutyningsih dan. (2019). Penelitian kuantitatif metode dan alat anaisis. Gosyen. www.osyenpublising

Sugiyarto. (2021). Pengantar Biostatistika. Program Studi Matematika Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan Universitas Ahmad Dahlan, 5–24.

Suprapto Haddy. (2020). Penerapan Metodologi Penelitian dalamKarya Ilmiah (1st ed.). Gosyen. http//www.gosyenpublishing.web.id

Timbun, Y., Mangihut, R., Simarmata, R., L, M. E. N., Fanny, L., Kale, P., & Tangkonda, E. (2025). Mewarnai Gambar Hewan Dan Bermain Peran Bersama Anak Paud Tunas Harapan , Desa Napan ( Coloring Animal Pictures and Role-Playing with Children of Tunas Harapan Pre-School , Napan Village ). 5(1), 5–9.

Triwiyanti, Ardina, T., & Maghfira, R. (2019). Wilcoxon Test , Dependent Test and Independent Test. Universitas Gajah Mada, June, 28. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34721.07525

Yazia, Velga?; Suryani, U. (2024). Jurnal Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 16(4), 1381–1392.

Zhou, S., Creswell, C., Spence, S. H., & Reardon, T. (2024). Measurement Invariance of the Higher-Order Model of Preschool Anxiety Scale (PAS) Across Child Age, Gender, Parental Anxiety, and Pandemic Period in England. Psychological Assessment, 36(9), 526–537. https://doi.org/10.1037/pas0001325

Zulfajri dkk. (2021). Pedidikan anak pra sekolah (Nurkholik (Ed.); 1st ed.). Edu Publisher

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia