Program Studi Sarjana Kebidanan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Juli, 2025
ABSTRAK
Hubungan Pengalaman Bullying dengan Kesehatan Mental Remaja di SMA Negeri 1 Kedungwuni
Sinta Mubarokah1, Nur Intan Kusuma2
Latar Belakang: Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan psikologis yang sering terjadi di lingkungan remaja, khususnya di sekolah. Dampak yang muncul akibat bullying adalah gangguan psikologis seperti kecemasan, depresi, dan stres. Jika tidak ditangani secara dini, hal ini dapat menghambat perkembangan emosional, prestasi akademik, dan relasi sosial remaja.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengalaman bullying dengan kesehatan mental remaja di SMA Negeri 1 Kedungwuni.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelatif, menggunakan desain cross-sectional. Sampel berjumlah 243 siswa yang diambil secara random sampling. Instrumen berupa kuesioner pengalaman bullying dan DASS-42. Analisis data dilakukan secara univariat untuk menggambarkan distribusi tiap variabel, serta bivariat menggunakan uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Hasil: Sebanyak 87,7% responden diketahui pernah mengalami bullying. Hasil uji menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara pengalaman bullying dengan gejala kecemasan (p = 0,001). Namun, tidak terdapat hubungan signifikan dengan gejala depresi (p = 0,092) maupun stres (p = 0,490). Sedangkan hubungan yang signifikan antara pengalaman bullying dengan kesehatan mental remaja, ditunjukkan dengan nilai p = 0,015 (p<0,05).
Simpulan: Terdapat hubungan pengalaman bullying dengan kecemasan, namun tidak terdapat hubungan signifikan antara pengalaman bullying dengan depresi dan stres pada remaja.
Kata kunci: Bullying, kesehatan mental, depresi, kecemasan, stres.
Daftar pustaka: 55 (2015–2025)
Anderson, J. R., Mayes, T. L., Fuller, A., Hughes, J. L., Minhajuddin, A., & Trivedi, M. H. (2022). Experiencing bullying’s impact on adolescent depression and anxiety: Mediating role of adolescent resilience. Journal of Affective Disorders, 310, 477–483. https://doi.org/10.1016/j.jad.2022.04.003
Astutik, W., & Dewi, N. L. M. A. (2022a). Mental Health Problems Among Adolescent Students. Jurnal Keperawatan Indonesia, 25(2), 85–94. https://doi.org/10.7454/jki.v25i2.848
Astutik, W., & Dewi, N. L. M. A. (2022b). Mental Health Problems Among Adolescent Students. Jurnal Keperawatan Indonesia, 25(2), 85–94. https://doi.org/10.7454/jki.v25i2.848
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan 2023, B. P. S. K. (n.d.). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Kecamatan di Kabupaten Pekalongan, 2022/2023—Tabel Statistik. Retrieved 5 March 2025, from https://pekalongankab.bps.go.id/id/statistics-table/3/YTFsRmNubEhOWE5ZTUZsdWVHOHhMMFpPWm5VMFp6MDkjMw==/jumlah-sekolah--guru--dan-murid-sekolah-menengah-atas--sma--di-bawah-kementerian-pendidikan--kebudayaan--riset--dan-teknologi-menurut-kecamatan-di-kabupaten-pekalongan--2022-2023.html
Bahari, K., Widiani, E., & Prabowo, R. Y. (2024). Deteksi Dini Gangguan Jiwa?; Konsep & Aplikasinya Berbasis Android. Nas Media Pustaka.
Christiana, 2024. (n.d.).
Christorofa, 2024. (2024). Mengenal Jenis-Jenis Bullying dan Bagaimana Mencegahnya. Penerbit Andi.
CIAR, D. D. J. S., S. E. ,. M. I. Pol ,. CIQnR ,. CIQaR, M.M, T., S. E., & M.Si, F. S., S. Pd. (2023). Metode Penelitian Terapan. Deepublish.
Dewanti, L. (2025). Edukasi Di Era Digital: Peran Teknologi, Kesehatan Mental, Motivasi Dalam Mencapai Prestasi. Deepublish.
Eleanora Btari Xaviera et al,2024. (n.d.).
Fatimah, & Muamar, M. R. (2024). Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Peserta Didik. Deepublish.
Goh, agius, & Agius, M. (2010). The stress-vulnerability model how does stress impact on mental illness at the level of the brain and what are the consequences? Psychiatria Danubina, 22(2), 198–202.
Hanis, N., Marthoenis, Maidar, Abdullah, A., & Saputra, I. (2021). Hubungan Bullying dan Literasi Kesehatan Mental dengan Status Kesehatan Mental Remaja pada Sekolah Boarding di Banda Aceh. NASUWAKES: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 14(2), Article 2.
Hasanah, W. O., & Haziz, F. T. (2021). Implementasi Teori Humanistik Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v2i02.841
Helmy Astiza Rut Hanani. (2024). Kekerasan Mental (Bullying) sebagai Isu Kesehatan Masyarakat di Indonesia. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(3). https://doi.org/10.47467/visa.v4i3.4579
Hidayat, A. (2012, August 12). Sampel Menghitung Besar Penelitian. Statistikian. https://www.statistikian.com/2012/08/menghitung-besar-sampel-penelitian.html
Jones, K., Boschen, M., Devilly, G., Vogler, J., Flowers, H., Winkleman, C., & Wullschleger, M. (2024). Risk and protective factors that predict posttraumatic stress disorder after traumatic injury: A systematic review. Health Sciences Review, 10, 100147. https://doi.org/10.1016/j.hsr.2023.100147
Karyanti, A. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Penerbit K-Media.
Kemenkes RI. (2022). Siklus Hidup Remaja Kelompok Usia Remaja 10-18 Tahun. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/remaja
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2018). (n.d.). Retrieved 23 July 2025, from https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/4606/1/Pedoman_Kues_Rkd_2018_1.pdf
Khaira, W. (2023). Does Bullying Behavior Impact The Victim’s Mental Health? 1(2).
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI),2020. (2020, February 10). Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Kusumadewi, S., & Wahyuningsih, H. (2020). Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Untuk Penilaian Gangguan Depresi, Kecemasan Dan Stress Berdasarkan Dass-42.
Låftman, S. B., Grigorian, K., Lundin, A., Östberg, V., & Raninen, J. (2024). Bullying experiences before and after the transition from lower to upper secondary school: Associations with subsequent mental health in a Swedish cohort. BMC Public Health, 24(1), 27. https://doi.org/10.1186/s12889-023-17443-4
Lund, C. (2023). Global mental health and its social determinants: How should we intervene? Behaviour Research and Therapy, 169, 104402. https://doi.org/10.1016/j.brat.2023.104402
Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R. (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di kota Yogyakarta. 33(1).
Mawaadah, U. N. H. P., Nur’aini, Armita Sari, Shofia. (2022). Model Kesehatan Mental. Cv. Azka Pustaka.
Moore, S. E., Norman, R. E., Suetani, S., Thomas, H. J., Sly, P. D., & Scott, J. G. (2017). Consequences of bullying victimization in childhood and adolescence: A systematic review and meta-analysis. World Journal of Psychiatry, 7(1), 60. https://doi.org/10.5498/wjp.v7.i1.60
Nadhira, S. (2024). Dampak Bullying Terhadap Gangguan Ptsd (Post- Traumatic Stress Disorder) Pada Siswa Sekolah Dasar. TRAUMATIC STRESS.
Norfai, S. K. (2022). Analisis Penelitian Data (Analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat). Penerbit Qiara Media.
Nur Alita, N. A., Lilis Maghfuroh, Alphyyanto Eko Sutrisno, RR Arum Ariasih, Lanova Dwi Arde, Ratno Widoyo, Onetus Fifsi Putra, Alyxia Gita Stellata, Yolanda Handayani, Pattola, Feby Oldfisra, Fifi Dwijayanti, Musafaah, Dr Vivi Silawati, & Diani Aliansy. (2023). Biostatistik Dasar. Kaizen Media Publishing.
Panggalo, I. S., Arta, S. K., Qarimah, S. N., Adha, M. R. F., Laksono, R. D., Aini, K., Kirana, S. A. C., & Judijanto, L. (2024). Kesehatan Mental. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168
Pratiwi, R., & Kartika Sari, A. P. (2022). Stress, Kecemasan dan Depresi selama Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 5(1), 440. https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v5i1.14586
Purwanto, A. (2022). Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Penerbit P4I.
Puteri, S. D. A., & Santoso, B. W. J. (2025). Language Patterns and Social Support In Individuals With Learned Helplessness In France Mental Health Communities | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/6703
Rafiq Tri Belan Harjun et al, 2021. (n.d.).
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Salmiyati, S., Sulistyaningsih, W., & Ervika, E. (2020). Kecemasan Anak Korban Bullying: Efektifitas Terapi Menulis Ekspresif Menurunkan Kecemasan. Psychopolytan?: Jurnal Psikologi, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.36341/psi.v4i1.1307
Setiawan, L. (2025). Uji Exact Fisher dalam Menentukan Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa SMA Banda Aceh untuk Melanjutkan Studi di Universitas Syiah Kuala.
Siregar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., Panma, Y., Hanaruddin, D. Y., Adhiwijaya, A., Akbar, H., Agustiawan, Nugraha, D. P., & Renaldi, R. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sukmawati, A. suci, Rusmayadi, G., Amalia, M. M., Hikmah, H., Rumata, N. A., P, M. A. C., Abdullah, A., Sari, A., Hulu, D., Wikaningtyas, R., Munizu, M., & Sa’dianoor, S. (2023). Metode penelitian kuantitatif: Teori dan Penerapan Praktis Analisis Data berbasis Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Tuhin Biswas 2020. (n.d.).
UNICEF Indonesia. (2024). Cara Membicarakan Bullying dengan Anak Anda. https://www.unicef.org/indonesia/id/cara-membicarakan-bullying-dengan-anak-anda
Vanesa, C. (2024). Stop Bullying! Siapa Takut!: Ayo Lawan Perundungan! Untuk SMA/MA/SMK/MAK. Penerbit Andi.
Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), Article 1.
Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. EduCurio Jurnal, 1(1), 198–203.
Wang, W., Wang, Y., Shao, K., Lei, Z., Cheng, L., Wang, F., Wen, X., Xiao, P., Qin, X., & Yang, L. (2024). Global, regional, and national burden of bullying related mental disorders of adolescent from 1990 to 2019: A systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2019. Psychiatry Research, 341, 116154. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2024.116154
Wawan Kurniawan, A. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan?; Buku Lovrinz Publishing. LovRinz Publishing.
WHO. (2024). Mental health. https://www.who.int/health-topics/mental-health#tab=tab_1
Widiarta, M. B. O., Rahayuni, I. G. A. R., Putra, I. P. G. Y. S., Riyanto, D., Rahmi, C., Ariyani, I., Agustiningsih, A., pertiwi, E. riana, Surudani, C. J., & Welly. (146 C.E.). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wulansari, A. D. (2023). Aplikasi Statistika Nonparametrik dalam Penelitian. Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Zuhriyah, U. (2024, December 30). Data Kasus Bullying Terbaru 2024, Apakah Meningkat? tirto.id. https://tirto.id/data-kasus-bullying-terbaru-2024-apakah-meningkat-g621
Anderson, J. R., Mayes, T. L., Fuller, A., Hughes, J. L., Minhajuddin, A., & Trivedi, M. H. (2022). Experiencing bullying’s impact on adolescent depression and anxiety: Mediating role of adolescent resilience. Journal of Affective Disorders, 310, 477–483. https://doi.org/10.1016/j.jad.2022.04.003
Astutik, W., & Dewi, N. L. M. A. (2022). Mental Health Problems Among Adolescent Students. Jurnal Keperawatan Indonesia, 25(2), 85–94. https://doi.org/10.7454/jki.v25i2.848
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pekalongan 2023, B. P. S. K. (n.d.). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Kecamatan di Kabupaten Pekalongan, 2022/2023—Tabel Statistik. Retrieved 5 March 2025, from https://pekalongankab.bps.go.id/id/statistics-table/3/YTFsRmNubEhOWE5ZTUZsdWVHOHhMMFpPWm5VMFp6MDkjMw==/jumlah-sekolah--guru--dan-murid-sekolah-menengah-atas--sma--di-bawah-kementerian-pendidikan--kebudayaan--riset--dan-teknologi-menurut-kecamatan-di-kabupaten-pekalongan--2022-2023.html
Bahari, K., Widiani, E., & Prabowo, R. Y. (2024). Deteksi Dini Gangguan Jiwa?; Konsep & Aplikasinya Berbasis Android. Nas Media Pustaka.
Christorofa, 2024. (2024). Mengenal Jenis-Jenis Bullying dan Bagaimana Mencegahnya. Penerbit Andi.
CIAR, D. D. J. S., S. E. ,. M. I. Pol ,. CIQnR ,. CIQaR, M.M, T., S. E., & M.Si, F. S., S. Pd. (2023). Metode Penelitian Terapan. Deepublish.
Dewanti, L. (2025). Edukasi Di Era Digital: Peran Teknologi, Kesehatan Mental, Motivasi Dalam Mencapai Prestasi. Deepublish.
Eleanora Btari Xaviera et al,2024. (n.d.).
Fatimah, & Muamar, M. R. (2024). Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Peserta Didik. Deepublish.
Hasan, A., Alsulami, A., Obaid Albadrani, B., Babear, A. G., Shadad, A. M., Mosaaed Aljohani, M., Hamad Almutairi, K. M., & Shudayyid Almutairi, B. (2025). The psychological effects of bullying behavior on mental health status among adolescents at secondary school. Alexandria Journal of Medicine, 61(1), 1–7. https://doi.org/10.1080/20905068.2025.2459869
Hasanah, W. O., & Haziz, F. T. (2021). Implementasi Teori Humanistik Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v2i02.841
Hidayat, A. (2012, August 12). Sampel Menghitung Besar Penelitian. Statistikian. https://www.statistikian.com/2012/08/menghitung-besar-sampel-penelitian.html
Jones, K., Boschen, M., Devilly, G., Vogler, J., Flowers, H., Winkleman, C., & Wullschleger, M. (2024). Risk and protective factors that predict posttraumatic stress disorder after traumatic injury: A systematic review. Health Sciences Review, 10, 100147. https://doi.org/10.1016/j.hsr.2023.100147
Karyanti, A. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Penerbit K-Media.
Kemenkes RI. (2022). Siklus Hidup Remaja Kelompok Usia Remaja 10-18 Tahun. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/remaja
Khaira, W. (2023). Does Bullying Behavior Impact The Victim’s Mental Health? 1(2).
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI),2020. (2020, February 10). Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Kurniasihanto, A. S. (n.d.). PENGARUH KONSEP DIRI DAN STRES TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA SMAN 06 JAKARTA.
Kusumadewi, S., & Wahyuningsih, H. (2020). Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Untuk Penilaian Gangguan Depresi, Kecemasan Dan Stress Berdasarkan Dass-42.
Laftman, S. B., Grigorian, K., Lundin, A., Östberg, V., & Raninen, J. (2024). Bullying experiences before and after the transition from lower to upper secondary school: Associations with subsequent mental health in a Swedish cohort. BMC Public Health, 24(1), 27. https://doi.org/10.1186/s12889-023-17443-4
Lund, C. (2023). Global mental health and its social determinants: How should we intervene? Behaviour Research and Therapy, 169, 104402. https://doi.org/10.1016/j.brat.2023.104402
Luo, X., Zheng, R., Xiao, P., Xie, X., Liu, Q., Zhu, K., Wu, X., Xiang, Z., & Song, R. (2022). Relationship between school bullying and mental health status of adolescent students in China: A nationwide cross-sectional study. Asian Journal of Psychiatry, 70, 103043. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2022.103043
Mawaadah, U. N. H. P., Nur’aini, Armita Sari, Shofia. (2022). Model Kesehatan Mental. Cv. Azka Pustaka.
Moore, S. E., Norman, R. E., Suetani, S., Thomas, H. J., Sly, P. D., & Scott, J. G. (2017). Consequences of bullying victimization in childhood and adolescence: A systematic review and meta-analysis. World Journal of Psychiatry, 7(1), 60. https://doi.org/10.5498/wjp.v7.i1.60
Nadhira, S. (2024). Dampak Bullying Terhadap Gangguan Ptsd (Post- Traumatic Stress Disorder) Pada Siswa Sekolah Dasar. TRAUMATIC STRESS.
Norfai, S. K. (2022). Analisis Penelitian Data (Analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat). Penerbit Qiara Media.
Nur Alita, N. A., Lilis Maghfuroh, Alphyyanto Eko Sutrisno, RR Arum Ariasih, Lanova Dwi Arde, Ratno Widoyo, Onetus Fifsi Putra, Alyxia Gita Stellata, Yolanda Handayani, Pattola, Feby Oldfisra, Fifi Dwijayanti, Musafaah, Dr Vivi Silawati, & Diani Aliansy. (2023). Biostatistik Dasar. Kaizen Media Publishing.
Panggalo, I. S., Arta, S. K., Qarimah, S. N., Adha, M. R. F., Laksono, R. D., Aini, K., Kirana, S. A. C., & Judijanto, L. (2024). Kesehatan Mental. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168
Purwanto, A. (2022). Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Penerbit P4I.
Puteri, S. D. A., & Santoso, B. W. J. (2025). Language Patterns and Social Support In Individuals With Learned Helplessness In France Mental Health Communities | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/6703
Redaksi. (2023, September 27). Kasus Perundungan Kian Marak, Melibatkan Siswa Senior dengan Junior – Radar Pekalongan ID. https://radarpekalongan.id/2023/09/27/kasus-perundungan-kian-marak-melibatkan-siswa-senior-dengan-junior/
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Sharifnia, A. M., Kpormegbey, D. E., Thapa, D. K., & Cleary, M. (2025). A Primer of Data Cleaning in Quantitative Research: Handling Missing Values and Outliers. Journal of Advanced Nursing, jan.16908. https://doi.org/10.1111/jan.16908
Siregar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., Panma, Y., Hanaruddin, D. Y., Adhiwijaya, A., Akbar, H., Agustiawan, Nugraha, D. P., & Renaldi, R. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Skala DASS - Depression Anxiety Stress Scale. (n.d.). Retrieved 26 July 2025, from https://nsd.co.id/posts/10002-skala-dass-depression-anxiety-stress-scale.html
Sukmawati, A. suci, Rusmayadi, G., Amalia, M. M., Hikmah, H., Rumata, N. A., P, M. A. C., Abdullah, A., Sari, A., Hulu, D., Wikaningtyas, R., Munizu, M., & Sa’dianoor, S. (2023). Metode penelitian kuantitatif: Teori dan Penerapan Praktis Analisis Data berbasis Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Tuhin Biswas 2020. (n.d.).
UNICEF Indonesia. (2024). Cara Membicarakan Bullying dengan Anak Anda. https://www.unicef.org/indonesia/id/cara-membicarakan-bullying-dengan-anak-anda
Vanesa, C. (2024). Stop Bullying! Siapa Takut!: Ayo Lawan Perundungan! Untuk SMA/MA/SMK/MAK. Penerbit Andi.
Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), Article 1.
Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. EduCurio Jurnal, 1(1), 198–203.
Wang, W., Wang, Y., Shao, K., Lei, Z., Cheng, L., Wang, F., Wen, X., Xiao, P., Qin, X., & Yang, L. (2024). Global, regional, and national burden of bullying related mental disorders of adolescent from 1990 to 2019: A systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2019. Psychiatry Research, 341, 116154. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2024.116154
Wawan Kurniawan, A. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan?; Buku Lovrinz Publishing. LovRinz Publishing.
WHO. (2024). Mental health. https://www.who.int/health-topics/mental-health#tab=tab_1
WHO 2024. (n.d.). Adolescent health. Retrieved 15 April 2025, from https://www.who.int/health-topics/adolescent-health
Widiarta, M. B. O., Rahayuni, I. G. A. R., Putra, I. P. G. Y. S., Riyanto, D., Rahmi, C., Ariyani, I., Agustiningsih, A., pertiwi, E. riana, Surudani, C. J., & Welly. (146 C.E.). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wulansari, A. D. (2023). Aplikasi Statistika Nonparametrik dalam Penelitian. Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Ye, Z., Wu, D., He, X., Ma, Q., Peng, J., Mao, G., Feng, L., & Tong, Y. (2023). Meta-analysis of the relationship between bullying and depressive symptoms in children and adolescents. BMC Psychiatry, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12888-023-04681-4
Zuhriyah, U. (2024, December 30). Data Kasus Bullying Terbaru 2024, Apakah Meningkat? tirto.id. https://tirto.id/data-kasus-bullying-terbaru-2024-apakah-meningkat-g621
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |