litrerature review : Gambaran persepsi masyarakat mengenai social distancing pada masa pandemi Covid-19
Kata Kunci   :persepsi, social distancing, COVID-19
ABSTRAK Muhammad Galih1 Wiwiek Natalya2 LITERATURE REVIEW GAMBARAN PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI SOCIAL DISTANCING PADA MASA PANDEMI COVID-19 Latar Belakang : Pencegahan penyebaran COVID-19 dapat dilakukan dengan (social distancing). Persepsi merupakan suatu pengetahuan atau gagasan positif dan negatif kepada masyarakat sekitar. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana gambaran persepsi masyarakat mengenai social distancing pada masa pandemi Covid-19. Metode : Peneliti ini menggunakan metode literature review data base yang digunakan untuk pencarian artikel adalah Google Scholar dan PubMed. Artikel diseleksi berdasarkan kata kunci “Perception “ AND” Social Distancing”. Hasil pencarian literature review didapatkan artikel sebanyak 5 artikel. Dan melalui batasan tahun, abstrak, dan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditentukan. Hasil : Karakteristik responden social distancing pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan 5 artikel memiliki jumlah responden sebanyak 8.667 responden yang terdiri dari jenis kelamin laki-laki sebanyak 3.626 (41,8%), perempuan 5.025 (58%), dan lainnya 16 (0,2%) dengan hasil persepsi social distancing yang baik sebanyak 7.557 (87,1%) dan yang memiliki social distancing buruk sebanyak 1.039 (12%) dan sisanya memiliki social distancing yang netral sebanyak 53 (0,9%). Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis 5 artikel menyatakan bahwa persepsi masyarakat mengenai social distancing pada masa pandemi Covid-19 dengan persepsi social distancing baik sebanyak 7.557 (87,1%) dan yang memiliki social distancing buruk sebanyak 1.039 (12%) dan sisanya memiliki social distancing yang netral sebanyak 53 (0,9%). Kata kunci : Persepsi, Social Distancing. COVID-19. Daftar Pustaka : 34 (2011-2021).
ABSTRAK Muhammad Galih1 Wiwiek Natalya2 LITERATURE REVIEW GAMBARAN PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI SOCIAL DISTANCING PADA MASA PANDEMI COVID-19 Latar Belakang : Pencegahan penyebaran COVID-19 dapat dilakukan dengan (social distancing). Persepsi merupakan suatu pengetahuan atau gagasan positif dan negatif kepada masyarakat sekitar. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana gambaran persepsi masyarakat mengenai social distancing pada masa pandemi Covid-19. Metode : Peneliti ini menggunakan metode literature review data base yang digunakan untuk pencarian artikel adalah Google Scholar dan PubMed. Artikel diseleksi berdasarkan kata kunci “Perception “ AND” Social Distancing”. Hasil pencarian literature review didapatkan artikel sebanyak 5 artikel. Dan melalui batasan tahun, abstrak, dan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditentukan. Hasil : Karakteristik responden social distancing pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan 5 artikel memiliki jumlah responden sebanyak 8.667 responden yang terdiri dari jenis kelamin laki-laki sebanyak 3.626 (41,8%), perempuan 5.025 (58%), dan lainnya 16 (0,2%) dengan hasil persepsi social distancing yang baik sebanyak 7.557 (87,1%) dan yang memiliki social distancing buruk sebanyak 1.039 (12%) dan sisanya memiliki social distancing yang netral sebanyak 53 (0,9%). Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis 5 artikel menyatakan bahwa persepsi masyarakat mengenai social distancing pada masa pandemi Covid-19 dengan persepsi social distancing baik sebanyak 7.557 (87,1%) dan yang memiliki social distancing buruk sebanyak 1.039 (12%) dan sisanya memiliki social distancing yang netral sebanyak 53 (0,9%). Kata kunci : Persepsi, Social Distancing. COVID-19. Daftar Pustaka : 34 (2011-2021).
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2021 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |