GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA NEGERI 1 BATANG
Pengarang : Laili Khairunnisa, Aisyah Dzil Kamalah
Kata Kunci   :Cognitive Emotion Regulation Questionnare (CERQ), Regulasi emosi
Laili Khairunnisa, Aisyah Dzil Kamalah
Gambaran Karakteristik dan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA Negeri 1
Batang
Latar belakang: Regulasi emosi merupakan bentuk kontrol emosi yang dilakukan
oleh seseorang terhadap emosinya. Hal ini terjadi pada remaja yang masih belum
dapat mengontrol emosinya sehingga mengakibatkan remaja sering mengalami
kenakalan dikalangan remaja.
Metode: Penelitian ini menggunakan kuesioner Cognitive Emotion Regulation
Questionnare (CERQ) untuk mengukur masalah regulasi emosi remaja. Data di
analisis dengan menggunakan distribusi frekuensi. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kelas responden
sebesar kelas 10 sebanyak 132 siswa (46,6%) dan kelas 11 sebanyak 151 siswa
(53,4%), jenis kelamin terbanyak perempuan 199 siswa (70,3%). Repsonden yang
mengikuti ekstrakurikuler sebanyak 193 siswa (68,2%). Responden yang tinggal
bersama dengan orang tua sebanyak 280 siswa (98,9). Responden yang jarang
bersecerita mengenai masalahnya kepada orang tua sebanyak 160 siswa (56,5%).
Responden yang memiliki sahabat dekat sebanyak 235 siswa (83%). Kategorisasi
skor regulasi emosi siswa nilai sedang sebanyak 178 responden (62.9%), nilai
rendah sebanyak 77 responden (27.2%), dan nilai tinggi sebanyak 28 responden
(9.9%).
Simpulan: Regulasi emosi siswa berada pada nilai sedang, sehingga perlu
dilakukan penyuluhan terkait regulasi emosi untuk menguatkan kemampuan siswa
dalam mengelola emosi.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |