Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat Kepuasan Pengguna terhadap website SIMASMU di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode ini dipilih karena dapat mengevaluasi Kepuasan Pengguna menggunakan lima variabel utama EUCS, yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah belum diketahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website SIMASMU serta belum diketahui variabel-variabel dalam EUCS yang mempengaruhi Kepuasan Pengguna website SIMASMU.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dan alumni UMPP, dan berhasil diisi oleh 101 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM), yang memungkinkan peneliti untuk menilai hubungan antara variabel EUCS dan pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga variabel EUCS, yaitu Content, Ease of Use, dan Timeliness memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, sedangkan variabel Accuracy dan Format memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan. Secara keseluruhan, kelima variabel berkontribusi sebesar 82,6% terhadap Kepuasan Pengguna. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa dan alumni merasa puas dengan SIMASMU, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan.
Aisyah, S., Saputra, E., Evrilyan Rozanda, N., & Khairil Ahsyar, T. (2021). Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(2), 125–132.
Amalia, N., Saut, J., Hapsoro, W., Widya, S., Pekalongan, P., Patriot, J., 25 Pekalongan, N., & Tengah, J. (2021). Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction). XVI(1). http://ejournal.stmik-wp.ac.id
Amalia, Z. N., Ulya, R. W., Hastuti, D. R., & Mardianto, M. F. F. (2021). Structural Equation Modeling in Motivation Analysis for Millennial Participation Related to General Elections in Indonesia. ESTIMASI: Journal of Statistics and Its Application, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.20956/ejsa.v2i1.12479
Aminah, S., & Utamajaya, J. N. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Media Online, 3(4), 347–354. https://djournals.com/klik
Astuti, W., & Waluyo, R. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Metode Eucs. Jurnal Rekayasa Informasi, 11(1), 9–16.
Bowoleksono, F. H. B., Kusumawardani, D. M., & Fathoni, M. Y. (2022). Evaluasi Kinerja Aplikasi PakBudi Terhadap Minat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Perguruan Tinggi Swasta. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(1), 13. https://doi.org/10.30595/jrst.v6i1.9916
Budi Pratomo, A., Ade Kurnia Harahap, M., Oswari, T., Mahyu Akhirianto, P., Widarman, A., & Nusa Megarkencana, S. (2023). The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 5(1), 78–83. https://doi.org/10.37034/JSISFOTEK.V5I1.205
Darwati, L. (2022). ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Vol. 12, Issue 2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
Dewi Larantika, & Siti Annisa Wahdiniawati. (2023). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Telkom Akses Bekasi. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 143–152. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.845
Dr Zainuddin Iba, SE, M., & Aditya Wardhana. (2023). METODE PENELITIAN (Mahir Pradana (ed.)). CV. Eureka Media Aksara. https://www.researchgate.net/publication/382052367_Pengolahan_Data_Dengan_SMART-PLS
Fahlevi, R. (2024). ANALISIS KEPUASAN WEBSITE E-LEARNING NEW GENERATION (ELANG) DENGAN SISTEM EUCS (END USER COMPUTING SATISFACTION). Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Fitri, A., & Ibrahim, M. (2023). Pengaruh Financial Literacy dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Pelaku UMKM Sektor Kuliner di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. ECo-Buss, 6(1), 262–270. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.755
Gobel, U. T., Katili, M. R., & Polin, M. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 2(1), 143–149. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/view/13423
Hidayati, S., Hadi, S., Kiranaa, K. C., & Hermawan, H. D. (2022). Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Kompensasi terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui Etos Kerja. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4651–4667. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3008
Husin, N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SDN Jatisampurna X. Jurnal Esensi Infokom?: Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 3(2), 13–17. https://doi.org/10.55886/infokom.v3i2.331
Kanthi, Y. A., Gumilang, K., & Aminah, S. (2024). Evaluasi Kepuasan Pengguna BRImo Menggunakan EUCS. Teknika, 13(1), 155–163. https://doi.org/10.34148/TEKNIKA.V13I1.772
Kurniasih, I., & Pibriana, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 181–198. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.787
Marwati, E., & Krisbiantoro, D. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEB STUDENTS UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO MENGGUNAKAN METODE EUCS. In Journal of Information System Management (Vol. 4, Issue 2).
Niqotaini, Z. (2021). SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Sistemasi:, 10(3), 637–661. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
Nisa, M., Sudarno, S., & Sugito, S. (2021). Moderating Structural Equation Modeling Dengan Partial Least Square Pada Pemodelan Penerimaan Dan Penggunaan Dompet Digital Di Kota Semarang. Jurnal Gaussian, 10(1), 66–75. https://doi.org/10.14710/j.gauss.v10i1.30044
Novita, D. (2020). Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(1), 29–41. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i1.290
Nurlaila, L., Bastian, A., & Rahmat, A. (2022). Terhadap kompetensi digital guru SMP Negeri di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu pada masa pandemi covid-19. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 323–332. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2256
Parama Yoga, T., Sari Dahlia Tanjung, U., & Alamsyah, N. (2023). Analysis of E-learning user Acceptance using the Technology Acceptance Model (TAM) and end-User Computing Satisfaction (EUCS). Formosa Journal of Applied Sciences, 2(8), 1873–1892. https://doi.org/10.55927/FJAS.V2I8.5405
Pibriana, D., & Fitriyani, L. (2022). Penggunaan Metode EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning di MTs N 2 Kota Palembang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 81–95. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2182
Pratama, D. F. (2021). PENGARUH HARGA, PELAYANAN, LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Bengkel Makmur Motor). JISO?: Journal of Industrial and Systems Optimization, 4(2), 102. https://doi.org/10.51804/jiso.v4i2.102-108
Purwanti, P., & Seltiva, E. S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Risk Tolerance dan Overconfidence pada Keputusan Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.51263/jameb.v6i2.142
Relwandani, Eryanto, H., & Wolor, C. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Negeri 40 Jakarta. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(3), 615–625. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v3i3.446
Romadhon, M. H., Yudhistira, Y., & Mukrodin, M. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus?: CV Kopja Mandiri: Array. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 2(1), 30–36. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/756
Romelus Anigomang, F., Aristarkus Tang, S., Maruli, E., Ekonomi Universitas Tribuana Kalabahi, F., & Abstract, N. (2023). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 698–709. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7639297
Saputra, R., & Sanjaya, M. R. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Media Online), 4(2), 792–802. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1218
Seah, J., & Ridho, M. R. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN SUKU CADANG UNTUK ALAT BERAT BERBASIS DESKTOP PADA CV BATAM JAYA. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 3(2), `1-9. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/2029
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375
Sihotang, F. P., & Putri, D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Di Kota Palembang Dengan Metode EUCS. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 498–507. http://jurnal.mdp.ac.id
Toha, C. J., & Mulyati, M. (2022). ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI GREATDAY. Klik -Jurnal Ilmu Komputer, 3(2), 82–89.
Wibisono, A., Destryana, R. A., & Ghufrony, A. (2021). Pelatihan Partial Least Square (PLS) Bagi Mahasiswa. Jurnal ABDIRAJA, 4(2), 24–30. https://doi.org/10.24929/adr.v4i2.1542
Yang, M. Z., & Sihotang, J. I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat. Informatics and Digital Expert (INDEX), 4(2), 53–60. https://doi.org/10.36423/index.v4i2.1110
Zahri, C., Sharipuddin, & hartiwi, yessi. (2023). Analisis Kualitas Layanan Website Sistem Informasi Akademik STIKBA Jambi terhadap Kepuasan Pengguna menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM), 3(2), 600–609. https://doi.org/10.33998/JAKAKOM.2023.3.2.1333
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |