Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap dan Perilaku Remaja Tentang Bullying Di SMP Negeri 1 Kajen


Pengarang : Shinta Deviana Putri, Hana Nafiah


Kata Kunci   :pengetahuan, sikap, perilaku,remaja, bullying

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024
ABSTRAK
Shinta Deviana Putri1
, Hana Nafiah2
Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap dan Perilaku Remaja Tentang Bullying Di SMP
Negeri 1 Kajen
Latar belakang: Bullying biasa atau sering terjadi dilingkungan sekolah dan bisa juga terjadi
di sosial media. bullying merupakan tindakan bermusuhan yang dilakukan secara sadar dan
disengaja yang bertujuan untuk menyakiti orang lain. pengetahuan yang rendah sangat
mempengaruhi terjadinya bullying di sekolah. salah satu faktor yang seseorang melakukan
tindakan bullying adalah teman sebaya dimana anak tersebut sudah terbiasa melakukan
tindakan negatif karena menurut anak tersebut hal itu sudah biasa dilakukan teman temannya.
pengetahuan yang baik akan mampu membuat remaja paham dan mengerti bahaya bullying
pengetahuan juga akan berpengaruh pada sikap remaja supaya lebih berhati-hati
Metode: penelitian ini menggunakan deskriptif dan correlative digunakan untuk
menggambarkan karakteristik fenomena dan populasi. Oleh karena itu bisa menguraikan sifat
dan juga ciri variabel tersebut. Yang bertujuan menjelaskan karakteristik orang, lingkungan,
objek dan masih banyak lagi, selain itu bisa menggambarkan situasi melalui pertanyaan apa,
dimana, siapa, kapan, mengapa.
Hasil: hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik jenis kelamin rata-rata yaitu
perempuan sebanyak 89 responden. Analisa bivariat diperoleh bahwa tidak terdapat
hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap remaja di SMP Negeri 1 Kajen p
Value: 0,741 > 0,05 dan tidak tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan
dan perilaku remaja di SMP Negeri 1 Kajen p Value: 1,000 > 0,05.
Simpulan: Pengetahuan dan sikap tentang bullying umumnya baik, ini tidak selalu
berdampak langsung pada perilaku bullying. Pengetahuan yang lebih baik tidak selalu berarti
sikap atau perilaku yang lebih baik. penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain
yang mungkin mempengaruhi perilaku bullying, pengawasan yang lebih baik di lingkungan
sekolah
Kata Kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, remaja, bullying
Daftar Pustaka: 31 (2013-2023)
Undergraduate Program in Nursing
Faculty of Health Sciences
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
August, 2024
ABSTRACT
Shinta Deviana Putri1
, Hana Nafiah2
The Relationship Between Knowledge, Attitude, and Behavior of Adolescents
Regarding Bullying at SMP Negeri 1 Kajen
Background: Bullying commonly occurs in school environments and can also happen on
social media. Bullying is a deliberate hostile act intended to harm others. Low knowledge
significantly influences the occurrence of bullying in schools. One factor contributing to
bullying behavior is peer influence, where adolescents become accustomed to negative
actions because they perceive such behavior as normal among their peers. Adequate
knowledge can help adolescents understand the dangers of bullying, influencing their
attitudes to be more cautious.
Methods: This study used a descriptive and correlative research design to describe the
characteristics of phenomena and populations, aiming to explain the traits of individuals,
environments, and objects. The descriptive approach answers questions like what, where,
who, when, and why to illustrate the situation comprehensively.
Results: The results showed that the majority of respondents were female, with 89
participants. Bivariate analysis indicated no significant relationship between knowledge and
attitudes among adolescents at SMP Negeri 1 Kajen (p-value: 0.741 > 0.05) and no
significant relationship between knowledge and behavior (p-value: 1.000 > 0.05).
Conclusion: Knowledge and attitudes about bullying are generally good, but this does not
always directly impact bullying behavior. Better knowledge does not necessarily translate to
better attitudes or behaviors. Other factors, such as better supervision in school environments,
should be considered when addressing bullying behavior.
Keywords: knowledge, attitude, behavior, adolescents, bullying
References: 31 (2013-2023)

Referensi

Agus, dan Budiman.(2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika. Arofa, I.Z., Hudaniah, H. and Zulfiana, U. (2018) ‘Pengaruh perilaku bullying terhadap empati ditinjau dari tipe sekolah’, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT), 6(1), pp. 74–92. Arsela. 2013. Gambaran sikap remaja terhadap perilaku bullying di kota maju. Askrening dkk, (2022).Modul Peningkatan Life Skill Untuk Membentuk Duta Remaja Sadar Reproduksi Yang Sehat Dan Sadar Covid-19. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management Anggota IKAPI Azwar, S. ( 2016 ). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Buanasari A. ( 2021 ). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa Pada Kelompok Usia Remaja. Makassar: CV. Tohar Media Budiana, A. A. M., Shalahuddin, I., & Maulana, I. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Di SMA Tamansiswa Rancaekek. Malahayati Nursing Journal, 4(4), 919–927. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i4.6124 Cook, C., Williams, K. R., Guerra, N. G., Kim, T., & Sadek, S. (2010). Predictors of bullying and victimization in childhood and adolescence: A meta-analytic investigation. School Psychology Quarterly, 25, 65–83 Dalia adrianus 2022.Pengetahuan dan Kesadaran Keterlibatan Umat Dalam Penerimaan. Sumatera barat: CV. AZKA PUSTAKA Deva Prayunika,2016, GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG BULLYING DI SMP NEGERI 11 DAN SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA Faustyna & Rudianto ( 2022 ). Filsafat komunikasi. Medan: UMSU PRESS Gainau B. M. (2019). Pengembangan potensi diri anak dan remaja . Yogyakarta: PT KANISIUS Anggota IKAPI ( ikatan penerbit indonesia ) Giyati, & Cut Assyiatir (2020). Ciri-Ciri Kepribadian Dan Kepatutan Sosial Sebagai Prediktor.Analitika. 8(1), 10-24. Harahap, 2017. H Hermalinda dkk, 2017, hubungan karakteristik remaja dengan perilaku bullying pada siswa smp di kota padang, Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 12, No.1 Maret 2017,Universitas Andalas Hymel, S., & Swearer, S. M. (2015).Four decades of research on school bullying: An introduction. American Psychologist, 70, 293–299. Irmayanti, N., & Agustin, A. ( 2023 ). Bullying Dalam Perspektif Psikologi.PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI Anggota IKAPI No. 033/SBA/2022. Juliani, i ( 2022 ). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajement( Penerbit NEM-Anggota IKAPI ) Juvonen, J., & Graham, S. (2014). Bullying in schools: The power of bullies and the plight of victims. Annual Review of Psychology, 65, 159–185. Kasanah, U.S dkk, ( 2023 ). Pendidikan Anti Bullying. Pasuruan: CV Basya Media Utama Anggota IKAPI No. 283/JTI/2021, 85-86. Koswanto Alvin 2020. Memahami perilaku dan kejiwaan manusia. Bogor: Linden Bestari KPAI ( 2019 ). KPAI :Kasus Kekerasan Di Sekolah Mencoreng Dunia Pendidikan. Diakses pada tanggal 21 juli 2018 dari :Https://WWW.Kiblat. Net/ 2021/06/8/Kpai-Kasus-Kekerasan Di-Sekolah-Mencoreng-Dunia-Pendidikan/ Meinarno, S. A & Sarwono, S. W ( 2019 ). Psikologi sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika 2, 101-106. Mutia, D. M dkk, ( 2022 ), Pengantar Metodologi Penelitian, Sumatera Barat: Get Press Indonesia Anggota IKAPI No. 033/SBA/ 2022. Manuntung alfeus 2018.Terapi perilaku kognitif pada pasien hipertensi. Malang: Wineka Media Masturoh, L, dan N. Anggita (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Ningsih, Serly Widia. (2017). Pengaruh Pelatihan Pencegahan Bullying terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Bullying di SMP N 11 Yogyakarta. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Nurjannah 2023.Bullying mencederai hakikat manusia. Sumatera barat: CV. AZKA PUTAKA. Nursalam.( 2015 ). penelitian ilmu keperawatan pendekatan praktis. Jakarta Selatan: Salemba merdeka 2 Edisi 4 Nursalam.( 2017 ). Metodologi penelitian ilmu keperawatan pendekatan praktis. Jakarta Selatan: Salemba merdeka 2 Octavia Shyphy.A 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA Pradana, Erita Widya. (2019). Hubungan pengetahuan dengan perilaku bullying pada remaja di SMK PI Ambarukmo 1 Depok Sleman Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa. Prawirohartono, E.P ( 2023 ). Memahami penelitian epidemiologi klinis secara mudah. Depok: Gadjah Mada University Press Anggota IKAPI dan APPTI Rasyid puspita S, Zakaria rabia& Munaf ade Z.T. 2022. Remaja dan Stunting. NEM Rejeki, Sri. (2016). Pendidikan Psikologi Anak “Anti Bullying” pada Guru-Guru PAUD. Dimas, Vol. 16, no. 2, November 2016. Salmivalli, C., Kaukiainen, A., Kaistaniemi, L., & Lagerspetz, K.M. 2016. Self-Evaluated Self Esteem, Peer-Evaluated Self-Esteem, And Defensive Egotism as Predictors of Adolescents’ Participation in Bullying Situations. Journal of Psychology. University of Turku, Finland. Sandu,Siyoto. ( 2015), Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing Sapitri A. W. ( 2020 ). Cegah dan Stop Bullying Sejak dini.Semarang : Guepedia The first On publisher in Indonesia Sulaiman, H dkk, 2020.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.PT REMAJA ROSDAKARYA Jln. Ibu Inggit Garnasih No.40 Bandung 40252. Suwanti, I., & Aprilin, H. (2017).Studi Korelasi Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Penularan Hepatitis Dengan Perilaku Cuci Tangan. Jurnal Keperawatan, 10(2), 13-13. Suwendra I wayan, 2017.Murid Bandel Salah Siapa. Bali: NILACAKRA Tawalujan, A.P., Kundre, R & Rompas, S. 2018. Hubungan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja di SMP N 10 Manado. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol.6. No. 1. Tripriantini, S. I., Hidayati, Nu. O., & Emaliyawati, E. (2019). Gambaran tingkat kecemasan siswa SMA korban cyberbullying di SMA Negeri 27 Bandung. 7. Witjara Edi, 2019.Digital business valuation. Jakarta timur: RAYYANA Komunikasindo. Yuliani, S., Widianti, E. and Sari, S. P. (2018) ‘Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying’, Jurnal Keperawatan BSI, 6(1), pp. 77–86. Yuniliza (2020) ‘Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja terhadap Bullying di SMAN 3 Kota Bukittinggi’, Maternal Child Health Care Journal, 2(3), pp. 1–7. Available at: https://ojs.fdk.ac.id/index.php/MCHC/article/view/1053. Yuyarti.(2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif, 8(2), 168–173. 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia