Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian dan Komunikasi Informasi & Edukasi (KIE) Obat di Puskesmas Doro II
Pengarang : Linda Ariyani, St Rahmatullah
Kata Kunci   :Error, Kefarmasian, Pelayanan, Standar.
Standar pelayanan kefarmasian di puskesmas terakhir diperbaharui dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 tahun 2020. Masih terdapat beberapa pelayanan kefarmasian di puskesmas belum sesuai berdasarkan PMK No. 26 tahun 2020 karena sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih belum memadai. Menurut WHO, banyaknya kejadian kesalahan pengobatan menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan masalah global. Medication error dapat terjadi pada 4 tahap, yaitu kesalahan peresepan (prescribing error), kesalahan penerjemahan resep (transcribing error), kesalahan menyiapkan dan meracik obat (dispensing error), dan kesalahan penyerahan obat kepada pasien (administration error) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Doro II, serta tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap KIE Obat di Puskesmas Doro II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Chi Square dengan pengumpulan data purposive sampling. Dengan jumlah sampel yang akan diteliti 98 responden. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian yaitu 79,70% (Cukup Baik) sedangkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap komunikasi informasi & edukasi obat adalah 80% (Baik). Kesimpulan adanya hubungan pada tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian dengan komunikasi informasi & edukasi Obat.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |