Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Salafiyah Kota Pekalongan
Pengarang : Irwanti Yunita Ababil, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :Bullying, Pengetahuan, Perilaku, Remaja

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Febuari 2025

ABSTRAK
Irwanti Yunita Ababil, Neti Mustikawati
Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMP Salafiyah Kota Pekalongan


Latar Belakang : Bullying merupakan masalah signifikan di kalangan remaja. Perilaku bullying tidak hanya berdampak negatif pada korban, tetapi juga dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan sosial pelaku. Rendahnya pengetahuan tentang bullying dapat memicu terjadinya perilaku bullying, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban.
Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Salafiyah Kota Pekalongan,
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Tempat penelitian di SMP Salafiyah Kota Pekalongan dengan jumlah sampel sebanyak 267 siswa dengan menggunkaan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan bullying dan kuesioner OBVQ untuk perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan uji korelasi spearman rank.
Hasil : Hasil penelitian didapatkan sebesar 241 responden (90,3%) memiliki pengetahuan bullying baik, dan didapatkan hasil sebesar 228 responden (85,4%) merupakan perilaku bullying. Hasil uji spearman rank didapatkan p Value=0,766>0,05, dapat diartikan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Salafiyah Kota Pekalongan.
Simpulan : Pengetahuan bullying yang baik tidak menjadi jaminan untuk remaja tidak melaklukan perilaku bullying, karena masih banyak faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan perilaku bullying. Sehingga diharapkan untuk institusi terkait selain memberikan informasi tentang bullying, juga dapat memberikan bimbingan konseling dan tetap memperkuat pengawasan remaja dalam menciptakan sekolah anti bullying.

Kata Kunci : Bullying, Pengetahuan, Perilaku, Remaja
Daftar Pustaka : 38 (2014-2024)
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

 

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. ngurah, & Sari, M. eka. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan penerbit muhammad zaini.

Agustina, H. saparidah, Nuraeni, A., & Khoerunisa, T. (2024). Pelaku Bullying Pada Remaja di SMP Negeri Kabupaten Subang: Studi Deskriptif. Jurnal Keperawatan Cikini, 5, 133–142. di unduh pada 20 juli 2024 dari https://jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC

Agustina, S. (2023). Sekolah perempuan. Cahaya harapan.

Alwi, S. (2021). Perilaku bullying di kalangan santri dayah terpadu kota lhokseumawe. CV. Pusdikra mitra jaya.

Aurora, M. jireh, & Dayita, H. (2024). Gambaran profil pelaku dan korban bullying di SMPN X Kota Bekasi. Volume 1. di unduh pada 28 januari 2025 dari http://jurnal.yoii.ac.id/index.php/pspp/article/view/323

Azizah, N. sulisti, & Hartutik, S. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying di SMPN 1 Sidoharjo. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2, 120–129. https://journal-mandiracendikia.com/jikmc

Badan Pusat Statistik (2024). Jumlah anak (usia 0-18 tahun) korban kekerasan per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2022-2023. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. di unduh 23 juli 2024 dari https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyNiMy/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html

Badan Pusat Statistik (2024). Jumlah penduduk usia 15 tahun ke atas menurut golongan umur. di unduh 20 November 2024 dari: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzE1IzI=/jumlah-penduduk-usia-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur.html

Buanasari, A. (2021). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa Pada Kelompok Usia Remaja. CV Tohar Media.

Budiana, A. A., Maulana, I., & Shalahuddin, I. (2022). Gambaran tingkat pengetahuan remaja tentang bullying di SMA Tamansiswa Rancaekek. Malahayati Nursing Journal, Volume 4. di unduh 28 januari 2025 dari https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/manuju/article/view/6124

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada remaja awal. Nursing News, 4. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1473/1047

Damayanti, A., & Suryani, K. (2023). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku bullying pada remaja di SMP Santo Louis Palembang. Sains Dan Teknologi, 2. di unduh 18 januari 2025 dari: https://journal.literasisains.id/index.php/INSOLOGI

Federasi Serikat Guru Indonesia (2023). Federasi serikat guru akui perundungan di pendidikan masih memarak. di unduh 22 November 2024 dari: https://www.voaindonesia.com/a/federasi-serikat-guru-akui-perundungan-di-satuan-pendidikan-masih-marak/7212413.html

Galaresa, A. V., & Kasanah, A. Al. (2022). Hubungan Pengetahuan Terhadap Tindakan Bullying Pada remaja. Jurnal Keperawatan, 14–19.

Gasper, I., Febriyani, C., Hamka, Ezalina, Ermawati, M., Oktaria, R., Metanfanuan, R., Tetelepta, D., Suyamto, Rara, R., Lombogia, M., Prawata, N. made, Metekohy, F., & Yuniyanti, T. ayu. (2024). Bunga rampai perilaku caring. PT Media Pustaka INDO.

Gonçalves, F. G., Peixoto, B. N., Heldt, E., Rodrigues, G. A., Filipetto, M., & Guimarães, L. S. P. (2016). Construct validity and reliability of olweus bully/victim questionnaire– Brazilian version. Psicologia: Reflexão e Crítica.

Ilhami, M., Nito, P. J., Tjomiadi, C. E., & Ariani, M. (2024). Hubungan tingkat pengetahuan siswa terhadap kejadian bullying. Jurnal Keperawatan Jiwa, volume 12. Di unduh pada 28 januari 2025 dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/16351/pdf

Iskandar, A., Johanis, A. ridow, Mansyur, Fitriani, R., Ida, N., & Hendra, P. (2023). Dasar metodologi penelitian. Cendekia inovasi digital Indonesia.

Kasanah, U. (2023). Pendididkan anti bullying. Basya Media Utama.

Kemenkes. (2022). Retrieved from Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Kelompok usia remaja 10-18 tahun di unduh 20 juli 2024 dari https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/remaja

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (2024). Hardiknas bergerak serentak wujudkan perlindungan anak pada satuan pendidikan. di unduh 22 November 2024 dari: https://www.kpai.go.id/publikasi/hardiknasbergerak-serentak-wujudkan-perlindungan-anak-pada-satuan-pendidikan

Laoh, J. M., Kurniawan, C., & Pesak, E. (2023). Bunga Rampai Kesehatan Remaja. PT Media Pustaka INDO.

Nugroho, T., & Hadi, M. (2024). Penanganan bullying di sekolah. Kaizen media publishing.

Nursalam. (2022). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba medika.

Ruspita, R., Susanti, K., & Rahmi, R. (2022). Kesehatan Reproduksi Pada Remaja. Gosyen Publishing.

Sapitri, W. A. (2020). Cegah Dan Stop Bullying Sejak Dini. Guepedia.

Sarwono, A. edy, & Handayani, A. (2021). Metode kuantitatif. UNISRI press.

Sugiyono, & Puspandhani, M. E. (2020). Metode penelitian kesehatan (Edisi ke 1). Alfabeta, CV.

Sukmawati, A., Sabur, F., Nur, M., Darmawan, A., Mahbub, K., Irmawati, Silviana, Tawil, M., Wibowo, S., & Aziz, A. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Sonpedia Publishing Indonesia.

Swarjana, I. K. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit Andi.

Syapitri, H., Amila, & Aritonang, J. (2021). buku ajar metodologi penelitian. Ahlimedia press.

Tumurung, M. (2023). Metodologi penelitian. PT Media Pustaka INDO.

United Nations International Childern's Emergency Fund (2017)  Perundungan di Indonesia di unduh 20 juli 2024 dari https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/FactSheetPerkawinanAnakdiIndonesia.

Wahyuni, P. I., Sumanjaya, G., & Gusty, S. (2022). Teori dan profil kewirausahaan bidang teknik sipil. CV.Tohar media.

 Wardhana, K. (2014). Buku panduan melawan bullying. Sudah Dong.

World Health Organization. (2024) Kesehatan remaja di unduh 20 juli 2024 dari https://www.who.int/health-topics/adolescent-health

Wulandari, R., & Putri, D. Y. (2023). Literature review of bullying assessment: A critical review of the inventory of bullying scale in schools. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial, Volume 12(No.2).

Yatimah, D., & Malisi, C. (2024). Anti bullying: pendekatan pendidikan terpadu. CV Bayva Cendekia Indonesia.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia