Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Gambaran Keluhan Musculoskeletal Pada Komunitas Pemain Game Online Di Pekalongan
Pengarang : Retno Novia Sari, Muhammad Ghilang Maulud Setyawan
Kata Kunci   :Komunitas pemain game online,keluhan musculoskeletal, nordic body map

Program Studi Sarjana Fisioterapi
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2025

ABSTRAK

Retno Novia Sari¹, M Ghilang Maulud S²
Gambaran Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Komunitas Pemain Game Online Di Pekalongan

Pendahuluan : Musculoskeletal disorder merupakan kondisi yang mempengaruhi otot, tulang, sendi, dan jaringan lunak tubuh, yang disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kelelahan, ketegangan berlebihan, postur yang buruk, dan aktivitas yang repetitive. Gerakan pada pemain game online melibatkan gerakan berulang pada lengan, tangan, jari, untuk berinteraksi dilingkungan virtual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keluhan muskuloskeletal pada komunitas pemain game online di pekalongan.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif adalah suatu jenis penelitian yang bertujuan untuk memberikan Gambaran Keluhan Musculoskeletal Dirsorders Pada Komunitas Pemain Game Online di Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling di peroleh 102 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM). Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2025.
Hasil : Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa komunitas pemain game online di Pekalongan terdapat keluhan dengan presentase terbanyak terdapat pada bagian leher bawah 10,8%, pinggang 8,8%, bokong 10,8%, pergelangan tangan kanan dan pergelangan tangan kiri 17,6% dan tangan kiri 12,7%.
Diskusi : Sebagian besar responden mengalami keluhan musculoskeletal berkaitan dengan postur tubuh saat bermain game yang tidak ergonomis, durasi bermain yang panjang, serta minimnya peregangan otot. Keluhan yang paling banyak dirasakan pada pemain game online pada bagian pergelangan tangan kanan dan pergelangan tangan kiri 17,6% dan tangan kiri 12,7%.

Kata Kunci : Komunitas pemain game online,keluhan musculoskeletal, nordic body map
Daftar Pustaka : 43 (2016-2024)
NASKAH PUBLIKASI
Referensi
DAFTAR PUSTAKA

 

Agung Sidhiq Hidayat, Diyono and Warih Anjari Dyah K (2024) ‘Hubungan Durasi Bermain Game Online Terhadap Nyeri Carpal Tunnel Syndrome Pada Pengguna Wifi Corner Di Telkom Sragen’, Physio Journal, 4(1), pp. 6–13. 

Alamdini Purnama Duri, A.F.N. (2021) ‘Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Musculoskeletal Disorders Pada Pemain Esport Tim Onic Di Jakarta’, pp. 1–15.

Anggraini, D.A. and Bati, N.C. (2016) ‘Analisa Postur Kerja Dengan Nordic Body Map & Reba Pada Teknisi Painting Di Pt. Jakarta Teknologi Utama Motor Pekanbaru’, Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 7(01), pp. 87–97. 

Anggraini, S. and Rudi Yanto, A. (2022) ‘Edukasi Pencegahan Bahaya Kecanduan Game Onlinepada Remajadi Smpn Alok Maumere’, J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), pp. 1–8.

Anggreni, D. (2022) Penerbit STIKes Majapahit Mojokerto buku ajar.

APJII (2023) ‘Survei Penetrasi dan Perilaku Internet’, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indoneisa[Preprint].

Aprianto, B. et al. (2021) ‘Faktor Risiko Penyebab Musculoskeletal Disorders (Msds) Pada Pekerja: A Systematic Review’, Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(2), pp. 16–25. 

Arthamevia, S.M. (2022) ‘Hubungan Antara Durasi Penggunaan Smartphone Dan Keluhan Nyeri Leher Pada Tim E-Sport Mobile Legend’, Jurnal Fisioterapi Terapan Indonesia, 1(2). 

Dewi, N.F. (2020) ‘Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map Terhadap Perawat Poli RS X’, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2). 

Difrancisco-Donoghue, J. et al. (2019) ‘Managing the health of the eSport athlete: An integrated health management model’, BMJ Open Sport and Exercise Medicine, 5(1). 

Fembi, P.N. et al. (2022) ‘Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur Siswa-Siswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), pp. 679–688. 

Fransisca Wago, Engelina Nabuasa, D.T. (2021) ‘Hubungan Faktor Risiko Individu Dan Ergonomi Dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Pengguna Game Online (Studi pada pengguna Game Online di Kota Kupang)’, Media Kesehatan Masyarakat, 3(1), pp. 63–71.

Jayusman, I. and Shavab, O.A.K. (2020) ‘Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah’, Jurnal Artefak, 7(1), p. 13. 

Kalantari, R. (2025) ‘Musculoskeletal Disorders among Smartphone Play to Earn Gamers?: An Emerging Concern Musculoskeletal Disorders among Smartphone Play to Earn Gamers?: An’, (March), pp. 10–12. 

Ketut, D., Kurnia, Y. and Vitasari, P. (2023) ‘Identifikasi Keluhan Fisik Pada Karyawan Pencetakan Gula Menggunakan Nordic Body Map’.

Kurniawan, A.A. et al. (2024) ‘Comparing health risks and musculoskeletal issues between professional and casual mobile esports players: a cross-sectional descriptive study in Jakarta’, Frontiers in Sports and Active Living, 6(July), pp. 1–15.

Lam, W.K. et al. (2022) ‘Health Risks and Musculoskeletal Problems of Elite Mobile Esports Players: a Cross-Sectional Descriptive Study’, Sports Medicine - Open, 8(1). 

Maheswara Rakasiwi, A.A. (2021) ‘Physiotherapy intervention on cervical root syndrome with traction modalities transcutaneous electrical nerve stimulation (tens) and exercise therapy to improve functional activity’, JUrnal Kesehatan, 9(2), pp. 93–100.

Mandaha, H. et al. (2022) ‘Gambaran Faktor Risiko Keluhan Muskuloskeletal Pada Pengrajin Tenun Motif Sumba Di Desa Rindi Kabupaten Sumba Timur’, Media Kesehatan Masyarakat, 4(1), pp. 115–121. 

Masturah Imas, T.N.A. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan.

Nagorsky, E. and Wiemeyer, J. (2020) The structure of performance and training in esportsPLoS ONE

Nazhira, F. et al. (2023) ‘Upaya Peningkatan Pengetahuan Mengenai Risiko Nyeri Leher Akibat Bermain Game Online’, Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), p. 586. 

Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novrialdy, E. (2019) ‘Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya’, Buletin Psikologi, 27(2), p. 148. 

Obiyanto-Muhaimin, A. (2022) ‘Motif Bermain Game Online Studi Kasus Pada Remaja Desa Sumbersari Banyuwangi Motif Bermain Game Online Studi Kasus Pada Remaja Desa Sumbersari Banyuwangi’, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(1), pp. 1–17.

Ondang, G.L., Mokalu, B.J. and Goni, S.Y.V.I. (2020) ‘Dampak game online terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Sosiologi FISPOL UNSRAT’, Jurnal Holistik, 13(2), pp. 1–15.

Pramandani, N.L.M.S. and Wirawan, I.M.A. (2021) ‘Faktor Risiko Carpal Tunnel Syndrome Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Pemain Game Online Di Kota Denpasar’, Archive of Community Health, 8(1), p. 91. 

Purnamasari1, N.M.D. and Amaliah Sabrina (2020) ‘Tinjauan Kriminologis Terhadap Anak Pecandu Game Online Khusus Nya Di Kota Balikpapan’, II(September), pp. 153–167.

Rahma, P. yunita (2019) ‘positif negatif game online pengaruh Fenomena Game Online Terhadap Prestasi Belajar’, LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG [Preprint].

Ratnawati, D. et al. (2020) ‘Hubungan Perilaku Bermain Game Online Dengan Carpal Tunnel Syndrome Pada Remaja’, 2(1).

Rewasan, R.B.H., Endaryanto, A.H. and Priasmoro, D.P. (2022) ‘Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Tingkat Nyeri Punggung Bawah Pada Komunitas E-Sport’, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(1), pp. 102–106.

Rosadi, R. et al. (2021) ‘Gambaran Keluhan Muskuloskeletal Pada Pegawai yang Menggunakan Personal Computer di Rsud Dr. Murjani Sampit’, Jurnal Ilmiah Fisioterapi, 4(02), pp. 8–15. 

Santosa, A. and Ariska, D.K. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Musculoskeletal Disorders pada Pekerja Batik di Kecamatan Sokaraja Banyumas’, Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, 16(1), pp. 42–46.

Sucipto, C.D. (2020) Metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sucipto, Rita Dwi Pratiwi and Ida Listiana (2022) ‘Hubungan Intensitas Bermain Game Online Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Nyeri Pergelangan Tangan Pada Siswa Smk Insan Kamil Tartila’, Frame of Health, 1(2), pp. 1–10.

Sumardiyono et al. (2023) ‘Strategi Mengurangi Gangguan Muskuloskeletal Pembatik Tulis Melalui Kursi Ergonomis’, Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(3), pp. 522–541. 

Supit, N.B., Suoth, L.F. and Joseph, W.B.S. (2019) ‘Gambaran Keluhan Muskuloskeletal serta Faktor Risikonya pada Online Gamer di Warung Internet Kota Manado’, Medical Scope Journal, 1(1), pp. 26–30. 

Tholl, C. et al. (2022) ‘Musculoskeletal disorders in video gamers – a systematic review’, BMC Musculoskeletal Disorders, 23(1), pp. 1–16. 

Tiranda, YTiranda, Y. (2023) M.P.: L.P. (Pemula) M.P.K.J.T.T.I.M. uliu. (2023) Metodologi Penelitian?: Langkah Praktis (Pemula) Merancang Penelitian Kuantitatif. Jakarta Timur: Trans Info Media.

Tjahayuningtyas, A. (2019) ‘Factors Affecting Musculoskeletal Disorders (Msds) In Informal Workers’, Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 8(1), pp. 1–10. 

Ulfa F, D & Faidullah, H. z. (2023) ‘Analisis Biomekanik POstur Penggunaan Smartphone Terhadap Keluhan Musculoskeletal Pada Mahasiswa Fisioterapi’.

Wahyuni, W. and Putra, P.H.B. (2023) ‘Hubungan Antara Durasi Bermain Game Online Dengan Kejadian Carpal Tunnel Syndrome’, Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 8(1), pp. 104–110. 

Wirajaya, I.M.A. and Rahim, A.F. (2024) ‘Hubungan Lama Duduk Terhadap Terjadinya Nyeri Musculoskeletal Disorder’, Medic Nutricia Jurnal Ilmu kesehatan, 2(4), pp. 21–29. 

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia