Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Resep dan PIO di Puskesmas Kecamatan Tersono Kabupaten Batang
Pengarang : Nurul Hidayah, St Rahmatullah
Kata Kunci   :Kepuasan pasien, Pelayanan Resep,PIO, Puskesmas
Kepuasan pasien dalam menerima Pelayanan Resep dan Pelayanan Informasi Obat (PIO) merupakan hal yang penting karena kepuasan pasien yang tinggi akan menggambarkan baiknya Pelayanan Resep dan Pelayanan Informasi Obat (PIO) yang diberikan apoteker. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan rancangan cross-sectional. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Tersono Kabupaten Batang berdasarkan dimensi Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness (RATER). Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan periode penelitian Juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66% pasien sangat puas dengan pelayanan resep dan 63% pasien sangat puas dengan pelayanan informasi obat yang dilakukan oleh apoteker, hal ini menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Tersono Kabupaten Batang sudah bagus.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |