Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PERBEDAAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK YANG MENEMPUH PAUD DAN TIDAK PAUD PADA USIA PRE-SCHOOL


Pengarang : Berlyana Tyas Devyani, Mokhamad Arifin


Kata Kunci   :Perkembangan bahasa, PAUD dan Tidak PAUD, Pre-school

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus,2023
ABSTRAK
Perbedaan Perkembangan Bahasa pada Anak yang Menempuh PAUD dan
Tidak PAUD pada Usia Pre-School
Berlyana Tyas Devyani, Mokhamad Arifin
Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang
berkelanjutan, proses tumbuh kembang dimulai saat bayi berusia tiga bulan dalam
kandungan dan berlanjut hingga tiga tahun periode ini disebut dengan periode
golden age, aspek tumbuh kembang anak yang dapat dipantau yaitu motorik kasar,
motorik halus, keterampilan berbicara, bahasa, sosialisasi dan kemandirian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan bahasa anak
yang menempuh PAUD dan tidak PAUD pada anak Pre-School.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian dengan penelitian deskriptif
komparatif dengan pendekatan cross sectional. Tehnik Pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah sejumlah
48 siswa TK dari TK Pertiwi Wonorejo Kec.Wonopringgo. Perkembangan bahasa
diukur menggunakan kuesioner perkembangan bahasa anak (3-6 tahun) milik ibu
Zuraidah Mulqiah tahun 2017 yang meliputi 48 item pertanyaan. Skoring dalam
kuesioner ini adalah jawaban YA diberikan skor 1 dan jawaban TIDAK
mendapatkan skor 0. Data dianalisis menggunakan uji komparatif Man-Whitney
Test.
Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sejumlah 24 anak (50,%) anak yang
pernah PAUD didapatkan hasil mengalami perkembangan bahasa yang sesuai
sedangkan anak yang tidak PAUD mendapatkan hasil 22 anak (45,8%) anak yang
mengalami perkembangan bahasa yang meragukan dan 2 anak (4,2%) anak yang
mengalami perkembangan bahasa yang menyimpang. Hasil uji Man-Whitney Test
(p-value 0,000) didapatkan ada perbedaan perkembangan bahasa antara anak yang
menemph PAUD dengan yang tidak PAUD pada Usia Pre-School.
Simpulan : Adanya perbedaan perkembangan bahasa anak yang menempuh PAUD
dan tidak menempuh PAUD pada usia Pre-School
Kata kunci : Perkembangan bahasa, PAUD dan Tidak PAUD, Pre-school
Daftar Pustaka : 30 (2014-2022)

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2023
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia