HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DALAM LIMA DIMENSI PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PERAWATAN KESESI I
Pengarang : Cipto Roso Saputra, Aida Rusmariana, Man, Nurul Aktifah, Skep.
Kata Kunci   :Mutu pelayanan, Kepuasan pasien, Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, Responsiveness
Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting yang harus dijaga maupun ditingkatkan kualitasnya sesuai standar pelayanan yang berlaku. Kualitas pelayanan kesehatan dapat diketahui dari lima dimensi pelayanan yaitu reliability, assurance, tangible, empathy dan responsiveness. rnTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dalam lima dimensi pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Perawatan Kesesi I Kabupaten Pekalongan.rnPenelitian ini mengunakan deskriptif korelasi, data diambil secara cross sectional, sampel yang diambil sebanyak 30 responden, teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling, metode analisis yang digunakan dengan speraman rank dengan taraf signifikan a = 0,05, diketahui nilai P (0,004) < a (0,05) maka Ho ditolak.rnHasil penelitian menyimpulkan ada hubungan antara mutu pelayanan dalam lima dimensi pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Perawatan Kesesi I Kabupaten Pekalongan.rnMutu pelayanan harus ditingkatkan dalam rangka untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien atas layanan yang diberikan.rn
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2012 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |