Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi harga, product knowledge dan content marketing terhadap keputusan pembelian trend thrifting fashion lokal pada generasi Z anak skena di Pekalongan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh generasi Z anak skena yang merupakan penggemar thrifting dan berdomisili atau sering beraktivitas di pekalongan. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan Spss versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga dan product knowledge tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan content marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian trend thrifting fashion lokal pada generasi Z anak skena di Pekalongan.
Abi Melin Monitaria1, Ery Baskoro2. 2021. “Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Gubuk Tiwul.” Pharmacognosy Magazine 75(17):399–405.
Adi Ahdiat. 2024. “Ribuan Ton Pakaian Impor Masuk Indonesia Tiap Bulan.” Databoks 1. Retrieved February 17, 2025 (https://databoks.katadata.co.id/perdagangan/statistik/afb38285ef6ba42/ribuan-ton-pakaian-impor-masuk-indonesia-tiap-bulan).
Ajzen, Icek. 1991. “The Theory of Planned Behavior.” Organizational Behavior and Human Decision Processes 50(2):179–211. doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.
Al-Djufrie, Muhammad Agil. 2022. “Pengaruh Product Knowledge, Harga Produk, Dan Product Packagung Design Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Artfresh.” Performa 6(5):390–98. doi: 10.37715/jp.v6i5.2562.
Alby Ahmada, Rikza, and Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra. 2024. “Pengaruh Social Media Marketing, Content Marketing, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung Dan IPhone Pada Mahasiswa Universitas Di Semarang.” Universitas Dian Nuswantoro Jl. Imam Bonjol No 4(1):50131.
Alfitrianti, Mellinia, and Eko Setyanto. 2023. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Sanksi Pajak Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Umkm Kota Bandung.” Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan Universitas Banten Jaya 6(1):64–76.
Annisa. n.d. “FENOMENA ISTILAH ‘SKENA’ DI KALANGAN ANAK MUDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KRISIS IDENTITAS.”
Arbina, Satria, Sulyana Dadan, and Arizal Mutahir. 2024. “SKENA Dalam Perspektif Mahasiswa FISIP Unsoed.” 4(4):1879–90.
Artika, Riska Nur, Kadori Haidar, and Sutrisno Sutrisno. 2024. “Pengaruh Content Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Komunitas Pelajar Dan Mahasiswa Kabupaten Berau (KPMKB) Di Samarinda.” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies 5(1):32–43. doi: 10.26858/je3s.v5i1.1806.
Bangun, Rancang, Aplikasi Dashboard, Pengunjung Studi, and Teknoform Universitas. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi Dashboard Pengunjung (Studi Kasus Pada Museum Teknoform Universitas Dinamika).” 09(04):1–9.
Bosnjak, Michael, Icek Ajzen, and Peter Schmidt. 2020. “The Theory of Planned Behavior: Selected Recent Advances and Applications.” Europe’s Journal of Psychology 16(3):352–56. doi: 10.5964/ejop.v16i3.3107.
Candra, Kristian Wahyu, and Nurul Hidayatin Nisa. 2023. “Pengaruh Diversifikasi Produk, Strategi Promosi, Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Aplikasi Bisnis 9(1):55–60.
Dewi, Ni Putu Aprilia, Faizatul Fajariah, and I. Made Suardana. 2023. “Pengaruh Content Marketing Dan Electronic of Mouth Pada Platform TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee.” Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 1(4):178–90. doi: 10.57141/kompeten.v1i4.23.
Fatah, Azizan, Deya Alvina Puspita Sari, Isnaini Syifa Irwanda, Lauren Ivena Kolen, and P. Gust. Delima Agnesia. 2023. “Pengaruh Larangan Impor Pakaian Bekas Terhadap Pengusaha Thrift.” Jurnal Economina 2(1):1321–28. doi: 10.55681/economina.v2i1.288.
Fauziah, Yayah, Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo, and Hapzi Ali. 2023. “Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial 1(1):48–64. doi: 10.38035/jkis.v1i1.118.
Hikmah, Jurnal. 2020. “PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN.” Computer Graphics Forum 39(1):672–73. doi: 10.1111/cgf.13898.
Ibrahim, Ridwan, Sahrain Bumulo, and Selvin Apajulu. 2024. “Fenomena Thrifting Fashion Di Era Milenial (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Thrifting Fashion Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.” Selvin Apajulu SOSIOLOGI: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(c):136–45.
Indira, Christera Kuswahyu, Desti Dirnaeni, Irfan Ardiansyah, and Dimas Ardiyansyah. 2025. “Determinan Keputusan Pembelian Netflix?: Perspektif Citra Merek , Persepsi Harga Dan Kualitas Produk.” 3.
Lestari, Anisa Tri, and Septyan Budy Cahya. 2023. “Pengaruh Brand Ambassador Korea Lee Minho, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 11(2):174–86.
Lestari, Dinda Puji, and Wirawan Widjanarko. 2023. “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee.” Jurnal Economina 2(3):753–65. doi: 10.55681/economina.v2i3.398.
Maqfiro, Siska Nawang Ayunda, Irmasanti Fajrin, and Anira Sukmah. 2021. “PELATIHAN PENGUJIAN HIPOTESIS STATISTIKA DASAR DENGAN SOFTWARE R.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) 4(2):307–16.
Nafiudin, Andari, Denny Kurnia, and Andini Tia Safitri. 2021. “Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19.” Sains Manajemen 7(2):155–67. doi: 10.30656/sm.v7i2.4139.
Ni Made Adelia Putri Diandra, Gede Bayu Rahanatha. 2024. “Pengaruh Content Marketing , Harga , Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian PENJUALAN BITTERSWET BY NAJLA BALI PADA E-COMMERCE TAHUN 2023.” 20(September).
Nurjanah. 2021. “Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda Nurjanah.” Jurnal Mahasiswa 1:h. 5.
Pakaian, Pembelian, Bekas Impor, Generasi Muda, and L. Di. 2024. “Neraca Manajemen, Ekonomi.”
Priansa, Donni Juni, and Dinda Annisa. 2024. “The Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion UMKM Kisa Gallery.” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) 7(3):6109–13. doi: 10.31539/costing.v7i3.7077.
Purba, Sjafei Djuli, Jontarudi Wico Tarigan, Mahaitin Sinaga, and Vitryani Tarigan. 2021. “Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Karya Abdi 5(2):202–8.
Putri Adilla, and Christiawan Hendratmoko. 2023. “Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya.” Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK) 2:455–66. doi: 10.36441/snpk.vol2.2023.152.
Rahman, Maulana, Dias Setianingsih, Muhammad Rizal, and Dyah Ayu. 2024. “Pengaruh Pengetahuan Produk , Religiusitas Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal.” 8.
Ramadhani, Dhimas Enggar, and Dien Vidia Rosa. 2024. “Fashion Skena: Kontestasi Tampilan Kaum Muda Di Coffee Shop Jember.” Jurnal Studi Pemuda 12(1):66. doi: 10.22146/studipemudaugm.92966.
Rosita, Esi, Wahyu Hidayat, and Wiwin Yuliani. 2021. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(4):279. doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.
Ryananda, Muhammad Hafizh, Ida Bagus Nyoman Udayana, and Bernadetta Diansepti Maharani. 2022. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Manajemen 14(2):461–69. doi: 10.30872/jmmn.v14i2.11099.
Sanita, Santi, Aini Kusniawati, Marlina Nur Lestari, Fakultas Ekonomi, and Universitas Galuh. 2019. “Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention.” Business Management and Entrepreneurship Journal 1(3):169–84.
Shabrina, Yuniar Nur, Adi Santoso, and Wahna Widhianingrum. 2024. “Social Support, Product Knowledge, Consumer Ethnocentrism, and Buying Decisions on Batik Products in Ponorogo East Java.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 8(1):213. doi: 10.33087/ekonomis.v8i1.1304.
Subyu, Abdi, and Titin Hargyatni. 2025. “Pengaruh Persepsi Harga , Preferensi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Obat OBH Combi.” 8:6593–6600.
Sukri, Saipul Al. 2024. “Pengaruh Brand Image , Fashion Lifestyle Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved The Influence of Brand Image , Fashion Lifestyle , and Price Perception on the Purchase Decision of Branded Preloved Clothing.” 3:44–52.
Taluke, Dryon, Ricky S. M. Lakat, Amanda Sembel, Ekosistem Mangrove, and Menjelaskan Bahwa. 2019. “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat.” Spasial 6(2):531–40.
Tertia, Nandinani Siti, Indira Devanny, Raulia Bunga Afifah, and Vina Meliana. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Content Marketing, Customer Engagement, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Zisallection.” Streaming 1(2):54–62. doi: 10.53008/streaming.v1i2.1594.
Ubaidi, Ibnu Auf, and Reminta Lumban Batu. 2021. “Pengaruh Product Involvement Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio.” Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis) 5(2):121–30. doi: 10.33005/mebis.v5i2.116.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. 2019. “Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Sustainability (Switzerland) 11(1):1–14.
Wibawa Lafaila, Amalia Aisya, Ramadoni Adam Alfino, Huda Khoirul Muhammad, Alimi Fakhrudin, and Larassaty Ayu Lucy. 2022. “Jalur Nugraha Ekakurir Counter Agen Park Royal Siduarjo.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 9(2):19–24.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |