Kemajuan teknologi khususnya Artificial Intelligence (AI) telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. ChatGPT sebagai salah satu inovasi AI memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi ini masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan ChatGPT oleh mahasiswa FASTIKOM UMPP, menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan memperoleh 77 responden yang memenuhi syarat. Analisis data dilakukan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habit memiliki dampak paling signifikan (0,647) terhadap Behavioral Intention (BI), diikuti oleh Social Influence (0,180) dan Hedonic Motivation (0,180), dengan nilai R² untuk BI sebesar 76,7%. Sementara itu, Habit juga memiliki pengaruh paling signifikan (0,611) terhadap Actual Usage (AU), diikuti oleh Facilitating Condition (0,287) dan Behavioral Intention (-0,485), dengan nilai R² untuk AU sebesar 22,7%. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi institusi pendidikan dalam memanfaatkan teknologi AI untuk mendukung pembelajaran. Institusi diharapkan dapat memberikan panduan penggunaan ChatGPT yang efektif serta mengintegrasikan teknologi ini secara bijak untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa. Rekomendasi ini dapat membantu Universitas dalam mengembangkan kebijakan akademik yang lebih adaptif terhadap kemajuan teknologi AI.
A’ini, F. N., & Sartika, Intan, Maghfiroh, Eris, Mursityo, Y. T. (2024). Faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Chat GPT pada Mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI), 5(1), 1–12.
Almahri, F. A. J., Bell, D., & Merhi, M. (2020). Understanding Student Acceptance and Use of Chatbots in the United Kingdom Universities: A Structural Equation Modelling Approach. IEEE International Conference on Information Management, March, 284–288. https://doi.org/10.1109/ICIM49319.2020.244712
Camilleri, M. A., & Camilleri, A. C. (2024). The acceptance and usage of ChatGPT: An Information Adoption Model perspective. https://www.researchgate.net/publication/383219721
Furadantin, N. R. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018. Academia (Accelerating the world’s research), 2. https://scholar.google.com/scholar?q=related:2uQwPffimx4J:scholar.google.com/&scioq=analisis+data+menggunakan+smartPLS&hl=id&as_sdt=0,5
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 4(1).
Hadian et al. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Tasikmalaya, Jawa Barat: Edu Publisher.
Haidir, H., Muhamad, T., Roviati, R., Evi, E., & Deka, D. (2024). Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Sosial Teknologi, 4(3), 182–189. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1064
Handoyo, E. R., Handoyo, E. R., Sugiarto, J., Lolo, A., & Chai, K. (2023). Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2), 342–352. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241
Hasanein, A. M., & Sobaih, A. E. E. (2023). Drivers and Consequences of ChatGPT Use in Higher Education?: Key Stakeholder Perspectives. Eur. J. Investig. Health Psychol. Educ., 13(11), 2599–2614. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ejihpe13110181
Ramli, M. (2023). Mengeksplorasi Tantangan Etika dalam Penggunaan Chat GPT sebagai Alat Bantu Penulisan Ilmiah?: Pendekatan Terhadap Integritas Akademik. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61456/tjie.v4i1.129
Romero-Rodríguez, J. M., Ramírez-Montoya, M. S., Buenestado-Fernández, M., & Lara-Lara, F. (2023). Use of ChatGPT at University as a Tool for Complex Thinking: Students’ Perceived Usefulness. Journal of New Approaches in Educational Research, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.7821/naer.2023.7.1458
Sobaih, A. E. E., Elshaer, I. A., & Hasanein, A. M. (2024). Examining Students’ Acceptance and Use of ChatGPT in Saudi Arabian Higher Education. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 14(3), 709–721. https://doi.org/10.3390/ejihpe14030047
Strzelecki, A. (2024). Students’ Acceptance of ChatGPT in Higher Education: An Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Innovative Higher Education, 49(2), 223–245. https://doi.org/10.1007/s10755-023-09686-1
Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Suharmawan, W. (2023). PEMANFAATAN CHAT GPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Education Journal?: Journal Education Research and Development, 7(November 2022), 158–166. https://doi.org/Education Journal?: Journal Education Research and Developmentp-ISSN?: 2548-9291e-ISSN?: 2548-9399https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Sundari, E. (2024). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MODERN. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Venkatesh et al. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly.
Zein, A. (2023). Dampak Penggunaan ChatGPT Pada Dunia Pendidikan. JITU: Jurnal Informatika Utama, 1(2), 19–24. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/jitu/article/view/151
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |