Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Free Shipping Terhadap Pembelian Tidak Terencana Pada Marketplace Shopee


Pengarang : Ana Safitri, Yohani, Muhammad Arifiyan


Kata Kunci   :Live streaming, Online customer review, Free Shipping, Pembelian tidak terencana

ABSTRAK
Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat, belanja online
telah menggantikan belanja konvensional secara bertahap. Fenomena belanja online
yang sedang terjadi salah satunya pada platform marketplace Shopee. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, online customer review dan
free shipping terhadap pembelian pembelian tidak terencana pada marketplace
Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive
sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden
merupakan warga berdomisili di wilayah Pemalang dan Pekalongan yang pernah
melakukan pembelian di aplikasi Shopee. Dengan alat analisis menggunakan SPSS
26. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah variabel live streaming
berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana, free shipping
berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Adapun online
customer review tidak berpengaruh terhadap pembelian tidak terencana pada
marketplace Shopee. Karena temuan di lapangan menunjukan bahwa online
customer review hanya berupa bintang saja, sangat sedikit yang memberikan ulasan
secara detail sehingga menyebabkan konsumen baru ragu-ragu dalam berbelanja di
Shopee.
Kata Kunci: Live streaming, Online customer review, Free shipping, pembelian
tidak terencana
ix

Referensi

Rahma, N. A. (2022). Analisis Pengaruh Pesan Kelangkaan dan Live Commerce

terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Empiris pada Mahasiswa

Pelanggan Marketplace Shopee di Kota Semarang). Diponegoro

Journal of Management, 11(5).

Akbar, M. d. (2020). E-commerce teori dalam bisnis digital. Yayasan Kita

Menulis. .

apjii.or.id. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta

Orang.

https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di

Indonesia-tembus-215-juta-orang.

Ardin, W. N. (2020). Pengaruh Flash Sale dan Tagline "Gratis Ongkir" Shopee

Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online. JURNAL ILMU

ADMINISTRASI BISNIS.

Arfad Syauqi Hikam AlJonet, S. P. (2024). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming

terhadap Pembelian Impulsif pada Marketplace Shopee di Kota Surabaya

. Jurnal Manajemen dan Sains, 285-292 .

Ariska, Y. I. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash

Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying

secara Online. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis

https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/2005, 10(S1), 109-

120.

Intan Febriah1, M. T. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan

Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Ecodemica:

Jurnal

Ekonomi,

Manajemen dan

Bisnis.

Website:

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica .

Irawan, A. M. (2024). Pengaruh Diskon Gratis Ongkos Kirim, Influencer, & Online

Customer Review Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Di ECommerce Shopee Pada Mahasiswa. 364– 371.

Komala, C. (2019). Perilaku Konsumen Impulsive Buying Perspektif Imam Al

Ghazali. Jurnal Perspektif, 2(2), 248. https://doi.org/10.15575/jp.v2i2.31

Melisa, D. &. (2022). Impulse buying pada pengguna e-commerce di

kota Surakarta ditinjau dari online customer.

Muzdalifah, L. (2023). Konsumen Online terhadap Pembelian Impulsif: Sifat

Konsumen dan

Faktor

Situasional.

GREENOMIKA

https://jurnal.umsida.ac.id, 13-28.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia