Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Free Shipping Terhadap Pembelian Tidak Terencana Pada Marketplace Shopee
Pengarang : Ana Safitri, Yohani, Muhammad Arifiyan
Kata Kunci   :Live streaming, Online customer review, Free Shipping, Pembelian tidak terencana
ABSTRAK
Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat, belanja online
telah menggantikan belanja konvensional secara bertahap. Fenomena belanja online
yang sedang terjadi salah satunya pada platform marketplace Shopee. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, online customer review dan
free shipping terhadap pembelian pembelian tidak terencana pada marketplace
Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive
sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden
merupakan warga berdomisili di wilayah Pemalang dan Pekalongan yang pernah
melakukan pembelian di aplikasi Shopee. Dengan alat analisis menggunakan SPSS
26. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah variabel live streaming
berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana, free shipping
berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Adapun online
customer review tidak berpengaruh terhadap pembelian tidak terencana pada
marketplace Shopee. Karena temuan di lapangan menunjukan bahwa online
customer review hanya berupa bintang saja, sangat sedikit yang memberikan ulasan
secara detail sehingga menyebabkan konsumen baru ragu-ragu dalam berbelanja di
Shopee.
Kata Kunci: Live streaming, Online customer review, Free shipping, pembelian
tidak terencana
ix
Referensi
Rahma, N. A. (2022). Analisis Pengaruh Pesan Kelangkaan dan Live Commerce
terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Empiris pada Mahasiswa
Pelanggan Marketplace Shopee di Kota Semarang). Diponegoro
Journal of Management, 11(5).
Akbar, M. d. (2020). E-commerce teori dalam bisnis digital. Yayasan Kita
Menulis. .
apjii.or.id. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta
Orang.
https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di
Indonesia-tembus-215-juta-orang.
Ardin, W. N. (2020). Pengaruh Flash Sale dan Tagline "Gratis Ongkir" Shopee
Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online. JURNAL ILMU
ADMINISTRASI BISNIS.
Arfad Syauqi Hikam AlJonet, S. P. (2024). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming
terhadap Pembelian Impulsif pada Marketplace Shopee di Kota Surabaya
. Jurnal Manajemen dan Sains, 285-292 .
Ariska, Y. I. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash
Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying
secara Online. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/2005, 10(S1), 109-
120.
Intan Febriah1, M. T. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan
Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Ecodemica:
Jurnal
Ekonomi,
Manajemen dan
Bisnis.
Website:
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica .
Irawan, A. M. (2024). Pengaruh Diskon Gratis Ongkos Kirim, Influencer, & Online
Customer Review Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Di ECommerce Shopee Pada Mahasiswa. 364– 371.
Komala, C. (2019). Perilaku Konsumen Impulsive Buying Perspektif Imam Al
Ghazali. Jurnal Perspektif, 2(2), 248. https://doi.org/10.15575/jp.v2i2.31
Melisa, D. &. (2022). Impulse buying pada pengguna e-commerce di
kota Surakarta ditinjau dari online customer.
Muzdalifah, L. (2023). Konsumen Online terhadap Pembelian Impulsif: Sifat
Konsumen dan
Faktor
Situasional.
GREENOMIKA
https://jurnal.umsida.ac.id, 13-28.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |