ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, experiential marketing, dan layanan antar jemput terhadap minat pembelian ulang jasa pada Modiste Oemah Jahit Hidayah Kedungwuni, baik secara parsial (masing-masing variabel) maupun simultan (secara bersama-sama). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya strategi mempertahankan pelanggan dalam industri jasa, khususnya di bidang jasa jahit, agar pelanggan tetap loyal dan bersedia menggunakan kembali jasa yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Modiste Oemah Jahit Hidayah, dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, ketiga variabel independen— kualitas pelayanan, experiential marketing, dan layanan antar jemput— berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang jasa. Begitu pula secara simultan, ketiganya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelayanan yang baik, pengalaman yang menyenangkan, serta kemudahan dalam proses antar jemput dapat meningkatkan kepuasan dan mendorong pelanggan untuk kembali menggunakan jasa di masa mendatang.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Experiential Marketing, Layanan Antar Jemput, Minat Pembelian Ulang
DAFTAR PUSTAKA
Akdon, & Ridwan. (2018). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung?: ALfabeta.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang?: BP Universitas. Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang?: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibi, H., & Mardhiyah, A. (2021). Analisi Penerapan Layanan Pickup and Delivery terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi pada Cuci Sepatu Medan ). Jurnal Publik Reform Universitas Dharmawangsa Medan, X, 51–68.
Hair, J. F. B., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Factor Analysis. In: Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Education Inc.
Harfaina, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek SA ’ I Yogyakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 581–591.
Hasan, A. (2018). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta?: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Hendayana, Y., & Solichati, U. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Bekasi. Jurnal MANAJERIAL, 20(2), 233–241. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29998
Istijanto. (2018). Aplikasi Praktis Riset. Jakarta?: Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. jakarta?: Raja Grafindo Persada.
Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta?: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). anajemen Pemasaran Edisi ke. Tigabelas Jilid 1. Jakarta?: Erlangga.
Limanseto, H. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. Kementerian Koordinator Bidang EKonomi.
Mauladdawil, T., & Nugroho, R. H. (2023). The Effect Of Experiential Marketing And Service Quality On Repurchase Intention With Customer Satisfaction as an Intervening Variable (Case Study Of Lazada Application Users In Surabaya) Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 3152–3161.
Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10161
Mulyati, & Hidayah, A. F. (2023). Strategi Jemput Bola Dalam Meningkatkan Minat Nasabah:(Studi Kasus Pada Bprs Metro Madani Cabang Kalirejo). Journal of Islamic Economis and Banking, 2(1), 47.
Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.
Natalia, N. (2019). Pengaruh Pelayanan Jasa Antar Jemput Uang Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt.Bprs Safir Bengkulu Cabang Curup. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 59–70. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.59-70
Nisak, K. (2020). Analisis Peramalan Produksi Pakaian Pada Usaha Fadli Tailor Di Desa Buddagan Pamekasan. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Madura.
Octaviana, R. A., & Nugrahaningsih, H. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt. Meratus Line Jakarta). Jurnal Online Internasional & Nasional, 6(2), 57–72.
Pacsi, D., & Szabó, Z. (2018). Experiential Marketing, Interactivity And Gamification — Differences And Similarities Among The World-Trends. Marketing Of Science and Research Organization, 1–23.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2018). Perilaku Konsumen dan Marketing. Strategy. Jakarta?: Salemba Empat.
Pratiwi, I. (2022). Pengaruh Pick Up Delivery dan Cash On Delivery Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang ( Studi Kasus Pengguna Jasa PT . Citra Van Titipan Kilat ( TIKI ) Kabupaten Purbalingga ). Ekonomis: Journal of Economics and Business.
Putra P, I. B. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4983. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p10
Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167–181. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p167-181
Rahman, I., & Supriadi, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang yang Dimediasi Kepercayaan Pelanggan pada Mc Donald’s di Kota Serang. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1219–1230.
Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer experience and experiential marketing: A critical review. In Review of Marketing Research (Vol. 10). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1548-6435(2013)0000010006
Setyono, D., Widyanata, O. Y., Siaputra, H., & Jokom, R. (2017). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Konig Coffee & Bar. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(1), 1689–1699.
Sinabela, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231–240.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung?: Alphabeta.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta?: Penerbit Andy.
Trisnayani, P. E., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Product Quality, Brand Image Dan Location Terhadap Repurchase Intention Pada Konsumen Restoran Happy Chappy Canggu Plaza. Emas, 4(1), 147–160.
Yansyah, R., Yunsepa, Y., & Malini, H. (2023). Pengaruh Lokasi Usaha dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penjahit Pakaian di Kecamatan Baturaja Timur. Kolegial, 11(1), 56–68.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |