GAMBARAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD AISYIYAH PENCONGAN KECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Desryana Saraswati, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :Perkembangan, Balita, Usia Prasekolah
Perkembangan anak usia prasekolah menentukan perkembangan suatu bangsa. Perkembangan anak dipengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah lingkungan. Anak usia prasekolah merupakan anak usia 0 sampai 6 tahun dan biasanya mengikuti pendidikan usia dini. Sekolah merupakan lingkungan kedua bagi anak, di sekolah anak berinteraksi antara anak dengan pendidik PAUD dan anak dengan teman sebayanya dapat mempengaruhi perkembangan anak meliputi aspek gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tingkat pencapaian perkembangan anak usia Prasekolah di PAUD Aisyiyah Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif. Sampel penelitian adalah balita usia prasekolah di PAUD Aisyiyah Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan sebanyak 91 anak. Teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Analisis data menggunakan uji distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pencapaian perkembangan anak usia sekolah yaitu sebagian besar (69,2%) responden mempunyai tingkat perkembangan sesuai dan sebagian kecil (30,8%) responden dengan tingkat pencapaian meragukan. Perawat disarankan untuk bekerja sama dengan PAUD untuk melakukan penjaringan bagi perkembangan anak usia prasekolah
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2019 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |