PENERAPAN EDUKASI DEMAM BERDARAH DENGAN PERMAINAN MONOPOLI PADA KELOMPOK KHUSUS: ANAK USIA SEKOLAH DI SD N 02 PANTIREJO
Pengarang : Amelya Putri Arista, Sugiharto
Kata Kunci   :Demam Berdarah (DBD); Edukasi; Monopoli
Latar belakang: Kasus Demam Berdarah (DBD) pada tahun 2023 mengalami peningkatan mencapai 6,5 juta. Dari kasus tersebut, > 7.300 mengalami kematian. Kasus DBD di wilayah Indonesia di dominasi oleh usia 5-14 tahun dengan 606 kasus. Untuk mencegah komplikasi DBD, perlu dilakukan upaya preventif dan promotive melalui program edukasi untuk semua usia. Ada banyak strategi pendidikan kesehatan yang digunakan, seperti ceramah, poster, dan video. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cara-cara tersebut kurang efektif bagi anak-anak. Sesuai dengan karakteristik anak, maka edukasi yang tepat adalah menggunakan permainan edukatif. Salah satu alternatif permainan yang dapat dijadikan sebagai program edukasi DBD adalah permainan monopoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi permainan Monopoli Demam Berdarah sebagai media pembelajaran.
Metode: Metode pelaksanaan yang digunakan berupa Studi Kasus dengan pre-test, sosialisasi permainan, melakukan permainan, post-test dan kunjungan rumah sebagai proses evaluasi sumatif.
Hasil: Hasil studi kasus menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan anak mengenai Demam Berdarah dan juga adanya perubahan sikap anak dalam pencegahan Demam Berdarah.
Simpulan: Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Permainan edukatif dengan media Monopoli Demam Berdarah merupakan media yang tepat dan efektif sebagai metode pengajaran bagi anak usia sekolah
Referensi
Ade, H. (2017). Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23–37. Https://Scholar.Google.Co.Id/Citations?View_Op=View_Citation&Hl=En &User=1cbvhjuaaaaj&Citation_For_View=1cbvhjuaaaaj:9yksn-GCB0IC
Aji, S. P., Nugroho, F. S., & Rahardjo, B. (2023). Promosi Dan Pendidikan Kesehatan Di Masyarakat (Strategi Dan Tahapannya). Global Eksekutif Teknologi. In Promosi Dan Pendidikan Kesehatan (1st Ed.). PT Global Eksekutif Teknologi. Https://Eprints.Univetbantara.Ac.Id/Id/Eprint/140/1/2 Buku Promosi Dan Pendidikan Kesehatan Di Masyarakat-1.Pdf
Amalia, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas V Min 29 Kabupaten Bireuen. UIN Ar-Raniry.
Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science And Education Journal (SICEDU), 1(2), 465–471.
Https://Doi.Org/10.31004/Sicedu.V1i2.66
Ariani, A (2017). Ddb Demam Berdarah Dengue. Nuha Mediak : Yogyakarta
Astrianingsih, N., Kristiawati, K., & K. (2019). Permainan Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Anak Sekolah Dasar Dalam Pencegahan Impaksi Serumen Di Sdn Tambaksari Iii Surabaya. Jurnal Keperawatan Medis Dan Bedah Kritis (CMSNJ), 4(1). Https://E- Journal.Unair.Ac.Id/CMSNJ/Article/View/12295
Azzahra, J., Narsa, A. C., & Gama, N. I. (2023). Analisis Karakteristik Dan Profil Pengobatan Pasien Demam Berdarah Dengue Anak Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Samarinda Medika Citra Tahun 2020-2021. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 5(SE-1), 10–18. Https://Doi.Org/10.25026/Jsk.V5ise-1.2049
Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Pada Pendidikan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal On Early Childhood, 5(2), 313–319. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V5i2.346
Dinas Kesehatan Kota Bogor. (2024). Gertak PSN (Pemberantasan Sarang nyamuk) Di Sekolah Se Kota Bogor. Https://Web- Dinkes.Kotabogor.Go.Id/Detailpost/Gertak-Psn-Pemberantasan-Sarang- Nyamuk-Di-Sekolah-Se-Kota-Bogor
Hukmas, R. (2024). Ksus Demam Berdarah Dengue (DBD) Meningkat, Masyarakat Diminta Mengenali Gejala, Fase Dan Pencegahannya. Https://Rsusaifulanwar.Jatimprov.Go.Id/Kasus-Demam-Berdarah-Dengue- Dbd-Di-Rssa-Meningkat-Masyarakat-Diminta-Mengenali-Gejala-Fase- Dan-Pencegahannya/
Hutami, Amelia Rizky, Dewi, N. M., Setiawan, Nur Rohman Putri, N. A. P., & Kaswindarti, S. (2019). Penerapan Permainan Molegi (Monopoli Puzzle Kesehatan Gigi) Sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Sd Negeri 1 Bumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(2).
Https://Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Documents/Detail/1103461
Ifawan, D. (2017). Pengembangan Media Permainan (Game) Monopoli Pada Pembelajaran Fisika Materi Materi Besaran Dan Satuan Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). UIN Ar-Raniry.
Kemenkes RI. (2024). Kasus DBD Sedang Meningkat, Waspada Komplikasinya. Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI. Https://P2p.Kemkes.Go.Id/Kasus-Dbd-Sedang- Tinggi-Waspada-Komplikasi-Nya/
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Strategi Nasional Penanggulangan Dengue 2021-2025. In Kementerian Kesehatan RI. Https://Www.Kemkes.Go.Id/Article/View/19093000001/Penyakit-Jantung- Penyebab-Kematian-Terbanyak-Ke-2-Di-Indonesia.Html
Khotafiatun, Sugiharto, & Natalya, W. (2021). Survei Kepadatan Jentik Nyamuk Aedes Aegypti Pada Penampungan Air Dalam Rumah Dan Implikasinya Terhadap Keperawatan Komunitas. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 7(1), 74–49.
Https://Scholar.Google.Co.Id/Citations?View_Op=View_Citation&Hl=En &User=30mtawyaaaaj&Citation_For_View=30mtawyaaaaj:Zylm7y9caggc
Kosasih, Cecep Eli, Lukman, M., Solehati, T., & Mediani, Henny Suzana. (2021). Effect Of Dengue Hemorrhagic Fever Health Education On Knowledge And Attitudes, In Elementary School Children In West Java,Indonesia. Linguistics And Culture Review, 5(S1), 191-200. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37028/Lingcure.V5ns1.1349
Novita, S. (2019). Efektifitas Penyuluhan Metode Lomba Cerdas Cermat Dengan Modifikasi Puzzle Dibandingkan Dengan Metode Ceramah Dalam Peningkatan Pengetahuan Tentang DBD Pada Siswa SD Kelas V SDN 060885 Dan SDN 060895 Padang Bulan Kota Medan. Anatomica Medical Journal, 2(1), 43–53. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/AMJ/Article/View/2600
Tayal, A., Kabra, S. K., & Lodha, R. (2023). Management Of Dengue: An Updated Review. Indian Journal Of Pediatrics, 90(2), 168–177. Https://Doi.Org/10.1007/S12098-022-04394-8
Timothy J. Schaefer; Prasan K. Panda; Robert W. Wolford. (2024). Dengue Fever.
In Statpearls. Statpearls Publishing LLC. Https://Doi.Org/NBK430685
UNS, H. (2024). Dokter Spesialis Anak RS UNS Jelaskan Tentang Demam Berdarah Dengue Pada Anak. Https://Uns.Ac.Id/Id/Uns-Update/Dokter- Spesialis-Anak-Rs-Uns-Jelaskan-Tentang-Demam-Berdarah-Dengue-Pada- Anak.Html
Wahyu Ratna Wirantika Dan Yuni Susilowati. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Siswa Dengan Persebaran Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Sekolah. Journal Health Sains, Vol. 1, No.
Wirantika, W. R., & Susilowati, Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Siswa Dengan Persebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Sekolah. Journal Health Sainshealth Sains, 1 No 6. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46799/Jhs.V1i6.62
World Health Organization. (2023). Dengue And Severe Dengue.
Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Dengue-And- Severe-Dengue
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |