Hadirnya media sosial menjadi kemudahan sebagai strategi pemasaran untuk mempromosikan produk dipasar. Strategi influencer marketing, content marketing dan online customer review dianggap mampu mempengaruhi opini hingga minat beli konsumen di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh influencer marketing, content marketing dan online customer review terhadap minat beli konsumen lipstik wardah di aplikasi TikTok. Penelitian ini dilakukan di Pekalongan. Jumlah responden yang diambil yaitu 118 responden, dengan menggunakan metode Purposive sampling dihitung menggunakan rumus Hair. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google formulir. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 26 digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Influencer marketing berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen lipstik Wardah di aplikasi TikTok, (2) Content marketing berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen lipstik Wardah di aplikasi TikTok. (3) Online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen lipstik wardah di aplikasi tiktok.
Afrina, A., Margery, E., & Seri, S. 2024. “Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pt. Makmur Dekorindo Lestari Medan”. Kukima: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 207-218.
Adelia, R., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 325-333.
Antika, A. Lu’Lu Ul Maknunah.(2023). Pengaruh Konten Marketing Terhadap Minat Beli Pengguna Tik Tok Shop. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 11-22.
Febriana, A. M., & Pernama, I. 2024. “Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ud Sakinah Hedar”. Dinamika Kreatif Manajemen Strategis, 6(3).
Fitri & Syaefulloh. 2023.“ Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Online Customer Review pada Fashion Terkini di Tiktok Shop.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17 (6): 3946 - 3971.
Giles, D. C., & Edwards, L. 2018. “Instagram and the rise of the social media ‘influencer’. Tewnty- first century celebrity: fame in digital culture”. Emerald publishing limited. doi: 10.1108/9781787437081
Kamanda, Shandrya Victor. 2024. "Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Cimory Pada Sinar Mart." Jurnal Al-Amal 2 (1) : 66 -72.
Khammash, M. 2008. “Electronic Word-of-Mouth: Antecedents of Reading Customer Review in On-line Opinion Platforms: A Quantitative Study From the UK Market”. ADIS International Conference.
Lien-Ti Bei, dan Yu-Ching Chiao. 2001. “An Integrated Model For The Effects Of Perceived Product, Perceived Service Quality, And Perceived Price Fairness On Consumer Satisfaction And Loyalty”. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior, hal. 125-139.
Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. 1986. Communication and Persuasion Central and Peripheral Routes to Attitude Change. New York: SpringerSutanto, Monica Adhelia dan Atik Aprianingsih. 2016. “The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: A Study of Premium Cosmetic in Indonesia”. Journal of International Conference on Ethics of Business, Economics and Social Science
Pratama, H., & Solihin, I. 2023. “Pengaruh content marketing dan sosial media marketing Terhadap minat beli konsumen sarung pada market place (lazada)”. Cakrawala Repositori IMWI, 6 (2): 1124 - 1132
Pulizzi, J. 2013. “Epic Content Marketing”. Amerika Serikat: MC Graw Hill Education
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. 2022. “Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc”. Agora, 10(1), 358477.
Sa’diyah, C. 2024. Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Marketplace Shopee. BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 165-178.
Setiawan, J. A., & Asiyah, B. N. 2023 .“Pengaruh Influencer Marketing, Collaboration Branding, dan Harga terhadap Minat Beli Virtual Skin pada Pemain Game Online Mobile Legends: Bang Bang di Kabupaten Blitar”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 20 (1): 09 - 23
Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. 2016. “The effect of online consumer review toward purchase intention: A study in premium cosmetic in Indonesia”. In International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science (Vol. 53, No. 2, pp. 1689-1699).
Tambunan, P. P. Y., & Hikmah, H. 2024. “Pengaruh Influencer Marketing, Digital Marketing, dan Brand Image Pada Minat Beli Konsumen Tokopedia. eCo-Buss”, 7(2), 926-938.
Tarigan, Ertika Br, Nofiawaty Nofiawaty, & Aslamia Rosa. 2024. "Pengaruh Influencer Marketing terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms Glow." Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6 (3): 1618 – 1629.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |