Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Penerapan Budaya Islami Dalam Pemberian Asuahan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsi Pku Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan


Pengarang : Riza Helmi, Nur Izzah


Kata Kunci   :Penerapan Budaya Islam,Kepuasan Pasien, Rawat Inap

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024
ABSTRAK
Riza Helmi1, Nur Izzah2
Hubungan Penerapan Budaya Islami dalam Pemberian Asuhan Keperawatan dengan
Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
Pekalongan
Latar Belakang: Perilaku budaya islami merupakan pelayanan keperawatan yang diberikan
dalam bentuk ibadah berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits untuk mencapai keridhaan Allah
SWT dengan sifat profesional, ramah, amanah, konsisten, sabar dan ikhlas. Dalam hal ini
menjadikan aspek spiritual dapat mendorong seseorang memperoleh kepuasan pelayanan
yang berkaitan dengan tujuan penelitian kesehatan harapannya dalam memberikan asuhan
keperawatan dapat menerapakan budaya Islami agar dapat meningkatkan kepuasan pasien
rawat inap
Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasi dengan
pendekatan cross-sectional. Alat ukurnya menggunakan kuesioner penerapan budaya islami
dan Kepuasan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling. Sampel
penelitian adalah pasien rawat inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan yang
berjumlah 73 orang. Analisis data menggunakan Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian Penerapan budaya Islami 54,8% masuk dalam kategori penerapan
budaya Islami baik. Kepuasan pasien Pasien rawat inap 58,9% masuk dalam kategori
kepuasan pasien puas. Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan budaya islami
dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI
PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan p value = 0,001 < 0,05
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan budaya islami dalam
memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI PKU
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Perawat diharapkan dapat menjadi masukan dalam
memberikan asuhan keperawatan pada keluarga pasien rawat inap dalam penerapan budaya
islami dalam meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci: Penerapan Budaya Islam, Kepuasan Pasien, Rawat Inap
Daftar Pustaka: 25 (2014 – 2024)
Undergraduate Program in Nursing
Faculty of Health Sciences
University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
August, 2024
ABSTRACT
Riza Helmi1, Nur Izzah2
The Correlation Between the Implementation of Islamic Culture in Nursing Care and
Patient Satisfaction in the Inpatient Ward of RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
Pekalongan
Background: Islamic cultural behavior in nursing care involves services provided as acts of
worship based on the Quran and Hadith, aiming to achieve God’s blessing through
professionalism, friendliness, trustworthiness, consistency, patience, and sincerity.
Incorporating spiritual aspects is believed to enhance patient satisfaction with the care
provided. This research aims to examine the implementation of Islamic cultural practices in
nursing care and its effect on the satisfaction of inpatient clients.
Method: This research employs a descriptive correlational design with a cross-sectional
approach. The measurement tools used were questionnaires on the implementation of Islamic
culture and patient satisfaction. Samples were selected with accidental sampling, consisting
of 73 inpatients at RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Data were analyzed
by the Chi-Square test.
Results: The study revealed that 54.8% of respondents rated the implementation of Islamic
culture in nursing care as good. Additionally, 58.9% of inpatients expressed satisfaction with
their care. There was a significant correlation between the application of Islamic cultural
practices in nursing care and patient satisfaction in the inpatient ward of RSI PKU
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, with a p-value of 0.001, which is less than 0.05.
Conclusion: There is a significant correlation between the implementation of Islamic culture
in nursing care and patient satisfaction in the inpatient ward of RSI PKU Muhammadiyah
Pekajangan Pekalongan. Nurses are encouraged to consider Islamic cultural practices in
nursing care to enhance patient satisfaction.
Keywords: Islamic Cultural Practices, Patient Satisfaction, Inpatient Care
References: 25 (2014 – 2024)

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit, PT. Rineka Cipta, Jakarta

 

Bakar, 2022, Caring Islami: Dasar Pelayanan Keperawatan Nyaman Psikospiritual pada Pasien Jantung Koroner, Airlangga University Press, Surabaya

 

Darmin, 2021, Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Perawat di RSUD Kota Kotamobagu, Jurnal Info Kesehatan Volume 11 Nomor 2, https://doi.org/10.30643/info%20kesehatan.v11i2.265 

 

Dermawan, 2019, Proses Keperawatan: Penerapan Konsep dan Kerangka Kerja, Penerbit Gosyen Publishing, Yogyakarta

 

Fardhoni, 2023, Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawatan Terhadap Kepuasan Pasien, Penerbit NEM, Pekalongan

 

Fatrida dkk, 2023, Strategi Pelayanan Kesehatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien, Penerbit Adanu Abimata, Indramayu

 

Firmansyah, 2023, Manejemen Pemasaran, Penerbit UMSurabaya Publishing, Surabaya

 

Gasper dkk, 2023, Bunga Rampai Caring, Penerbit Media Pustaka Indo, Cilacap

 

Hasanah, 2022, Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Survei pada Pasien Rawat Inap di Klinik PT. Bridgeston Sumatra Rubber Estate Tahun 2022, Jurnal Kesehatan Tambusai Volume 4 Nomor 2,  https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16068

 

Hastono, 2018, Analisa Data Pada Bidang Kesehatan, Penerbit Pt Rajawali, Jakarta

 

Hidayat, 2017, Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan, Penerbit Salemba Medika, Jakarta

 

Indrayadi, 2023, Manajemen Kesehatan di Era Transformasi Digital, Penerbit Mafy Media Literasi Indonesia, Soloks

 

Kurniawan dan Pratiwi, 2023, Kepuasan Pasien Pelayanan Rumah Sakit,  Penerbit, Lakeshia, Kediri

 

Nababan dkk, 2021, Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum, Penerbit, Zahir Publishing, Sleman

 

Notoatmodjo, 2018,  METODE PENELITIAN KESEHATAN. PENERBIT RINEKA CIPTA,  JAKARTA

 

Nurhayati, 2018, Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Islam di Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar, Universitas Alauddin Makasar, http://repositori.uin-alauddin.ac.id/21474/   

 

Nursalam, 2017, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Penerbit Salemba Medika, Jakarta

 

Pasinringi & Rivai, 2022, Budaya Keselamatan Pasien dan Kepuasan Kerja, Penerbit Nasional Media Indonesia, Yogyakarta

 

Priyoto, 2020, Teori,  Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan, Penerbit Nuha Medika, Yogyakarta

 

Puspitasari dkk , 2022, Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas, Penerbit NEM, Pekalongan

 

Samsualam & Hidayah, 2022, Asuhan Keperawatan Spiritual Berdasarkan Perspektif Islam Teori dan Praktik, Penerbit Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas, Makasar

 

Siregar, 2021, Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya

 

Suciati, 2022, Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022, Jurnal Kesehatan Masyarakat ITEKES Cendekia Utama Kudus Volume 11 Nomor 1,  https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/1444

 

Sulistyowati, 2019, Gambaran Pelaksanaan Indikator Mutu Syariah Perawat di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI, Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Volume 2 Nomor 1, DOI: http://dx.doi.org/10.32584/jkmk.v2i1.214 

 

Sutopo, 2019, Statistik Inferensial, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

 

Syahrir, 2018, Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan, Jurnal MSDM Volume 5 Nomor 1, https://ejournal.ipdn.ac.id/JMSD/article/view/466

 

Talibo, 2019. Penerapan Bentuk Perilaku Islami Terhadap Kemampuan Perawat Mengimplementasi Asuhan Keperawatan Islami di Ruang Rawat Inap, Journal of Telenursing Volume 1 Nomor 2, DOI: https://doi.org/10.31539/joting.v1i2.966

 

Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang  Rumah Sakit

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia