Hubungan Penerapan Budaya Islami Dalam Pemberian Asuahan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsi Pku Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Pengarang : Riza Helmi, Nur Izzah
Kata Kunci   :Penerapan Budaya Islam,Kepuasan Pasien, Rawat Inap
Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024
ABSTRAK
Riza Helmi1, Nur Izzah2
Hubungan Penerapan Budaya Islami dalam Pemberian Asuhan Keperawatan dengan
Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
Pekalongan
Latar Belakang: Perilaku budaya islami merupakan pelayanan keperawatan yang diberikan
dalam bentuk ibadah berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits untuk mencapai keridhaan Allah
SWT dengan sifat profesional, ramah, amanah, konsisten, sabar dan ikhlas. Dalam hal ini
menjadikan aspek spiritual dapat mendorong seseorang memperoleh kepuasan pelayanan
yang berkaitan dengan tujuan penelitian kesehatan harapannya dalam memberikan asuhan
keperawatan dapat menerapakan budaya Islami agar dapat meningkatkan kepuasan pasien
rawat inap
Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasi dengan
pendekatan cross-sectional. Alat ukurnya menggunakan kuesioner penerapan budaya islami
dan Kepuasan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling. Sampel
penelitian adalah pasien rawat inap RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan yang
berjumlah 73 orang. Analisis data menggunakan Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian Penerapan budaya Islami 54,8% masuk dalam kategori penerapan
budaya Islami baik. Kepuasan pasien Pasien rawat inap 58,9% masuk dalam kategori
kepuasan pasien puas. Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan budaya islami
dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI
PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan p value = 0,001 < 0,05
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan budaya islami dalam
memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI PKU
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Perawat diharapkan dapat menjadi masukan dalam
memberikan asuhan keperawatan pada keluarga pasien rawat inap dalam penerapan budaya
islami dalam meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci: Penerapan Budaya Islam, Kepuasan Pasien, Rawat Inap
Daftar Pustaka: 25 (2014 – 2024)
Undergraduate Program in Nursing
Faculty of Health Sciences
University of Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
August, 2024
ABSTRACT
Riza Helmi1, Nur Izzah2
The Correlation Between the Implementation of Islamic Culture in Nursing Care and
Patient Satisfaction in the Inpatient Ward of RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan
Pekalongan
Background: Islamic cultural behavior in nursing care involves services provided as acts of
worship based on the Quran and Hadith, aiming to achieve God’s blessing through
professionalism, friendliness, trustworthiness, consistency, patience, and sincerity.
Incorporating spiritual aspects is believed to enhance patient satisfaction with the care
provided. This research aims to examine the implementation of Islamic cultural practices in
nursing care and its effect on the satisfaction of inpatient clients.
Method: This research employs a descriptive correlational design with a cross-sectional
approach. The measurement tools used were questionnaires on the implementation of Islamic
culture and patient satisfaction. Samples were selected with accidental sampling, consisting
of 73 inpatients at RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Data were analyzed
by the Chi-Square test.
Results: The study revealed that 54.8% of respondents rated the implementation of Islamic
culture in nursing care as good. Additionally, 58.9% of inpatients expressed satisfaction with
their care. There was a significant correlation between the application of Islamic cultural
practices in nursing care and patient satisfaction in the inpatient ward of RSI PKU
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, with a p-value of 0.001, which is less than 0.05.
Conclusion: There is a significant correlation between the implementation of Islamic culture
in nursing care and patient satisfaction in the inpatient ward of RSI PKU Muhammadiyah
Pekajangan Pekalongan. Nurses are encouraged to consider Islamic cultural practices in
nursing care to enhance patient satisfaction.
Keywords: Islamic Cultural Practices, Patient Satisfaction, Inpatient Care
References: 25 (2014 – 2024)
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit, PT. Rineka Cipta, Jakarta
Bakar, 2022, Caring Islami: Dasar Pelayanan Keperawatan Nyaman Psikospiritual pada Pasien Jantung Koroner, Airlangga University Press, Surabaya
Darmin, 2021, Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Perawat di RSUD Kota Kotamobagu, Jurnal Info Kesehatan Volume 11 Nomor 2, https://doi.org/10.30643/info%20kesehatan.v11i2.265
Dermawan, 2019, Proses Keperawatan: Penerapan Konsep dan Kerangka Kerja, Penerbit Gosyen Publishing, Yogyakarta
Fardhoni, 2023, Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawatan Terhadap Kepuasan Pasien, Penerbit NEM, Pekalongan
Fatrida dkk, 2023, Strategi Pelayanan Kesehatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien, Penerbit Adanu Abimata, Indramayu
Firmansyah, 2023, Manejemen Pemasaran, Penerbit UMSurabaya Publishing, Surabaya
Gasper dkk, 2023, Bunga Rampai Caring, Penerbit Media Pustaka Indo, Cilacap
Hasanah, 2022, Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Survei pada Pasien Rawat Inap di Klinik PT. Bridgeston Sumatra Rubber Estate Tahun 2022, Jurnal Kesehatan Tambusai Volume 4 Nomor 2, https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16068
Hastono, 2018, Analisa Data Pada Bidang Kesehatan, Penerbit Pt Rajawali, Jakarta
Hidayat, 2017, Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan, Penerbit Salemba Medika, Jakarta
Indrayadi, 2023, Manajemen Kesehatan di Era Transformasi Digital, Penerbit Mafy Media Literasi Indonesia, Soloks
Kurniawan dan Pratiwi, 2023, Kepuasan Pasien Pelayanan Rumah Sakit, Penerbit, Lakeshia, Kediri
Nababan dkk, 2021, Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum, Penerbit, Zahir Publishing, Sleman
Notoatmodjo, 2018, METODE PENELITIAN KESEHATAN. PENERBIT RINEKA CIPTA, JAKARTA
Nurhayati, 2018, Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Islam di Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar, Universitas Alauddin Makasar, http://repositori.uin-alauddin.ac.id/21474/
Nursalam, 2017, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Penerbit Salemba Medika, Jakarta
Pasinringi & Rivai, 2022, Budaya Keselamatan Pasien dan Kepuasan Kerja, Penerbit Nasional Media Indonesia, Yogyakarta
Priyoto, 2020, Teori, Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan, Penerbit Nuha Medika, Yogyakarta
Puspitasari dkk , 2022, Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas, Penerbit NEM, Pekalongan
Samsualam & Hidayah, 2022, Asuhan Keperawatan Spiritual Berdasarkan Perspektif Islam Teori dan Praktik, Penerbit Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas, Makasar
Siregar, 2021, Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya
Suciati, 2022, Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022, Jurnal Kesehatan Masyarakat ITEKES Cendekia Utama Kudus Volume 11 Nomor 1, https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/1444
Sulistyowati, 2019, Gambaran Pelaksanaan Indikator Mutu Syariah Perawat di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI, Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Volume 2 Nomor 1, DOI: http://dx.doi.org/10.32584/jkmk.v2i1.214
Sutopo, 2019, Statistik Inferensial, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
Syahrir, 2018, Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan, Jurnal MSDM Volume 5 Nomor 1, https://ejournal.ipdn.ac.id/JMSD/article/view/466
Talibo, 2019. Penerapan Bentuk Perilaku Islami Terhadap Kemampuan Perawat Mengimplementasi Asuhan Keperawatan Islami di Ruang Rawat Inap, Journal of Telenursing Volume 1 Nomor 2, DOI: https://doi.org/10.31539/joting.v1i2.966
Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |