PERBANDINGAN SISTEM PENGAPIAN CONTACT POINT, TRANSISTOR CONTROLLED IGNITION (TCI-K) DAN PENGAPIAN FULL TRANSISTOR TERHADAP EMISI GAS BUANG MOBIL L300 BENSIN 1500 CC
Pengarang : Alif Ainun Ikbal, Budiyono, Imam Praset
Kata Kunci   :Alifnunbal123
PERBANDINGAN SISTEM PENGAPIAN CONTACT POINT, TRANSISTOR CONTROLLED IGNITION (TCI -K) DAN PENGAPIAN FULL TRANSISTOR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOBIL L300 BENSIN 1500 CC
Alif Ainun Ikbal1, Budiyono2, Imam Prasetyo3
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Jl. Pahlawan No.10 Gejlig – Kec. Kajen Kab. Pekalongan
ABSTRAK
Pada dasarnya setiap mesin yang mengalami sistem pembakaran untuk menghasilkan tenaga memungkinkan adanya emisi gas buang. Emisi gas buang yaitu sisa hasil pembakaran bahan bakar (bensin) dan udara didalam mesin pembakaran yang di keluarkan melalui sistem pembuangan mesin. Oleh sebab itu salah satu upaya untuk mengurangi kadar gas buang yaitu dengan berinovasi menciptakan sistem pengapian yang lebih sempurna. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari perbandingan sistem pengapian Contact point, TCI dan Full Transistor terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat gas analyzer pada Mitsubishi L300 bensin dengan variasi putaran mesin 700 rpm, 1000 rpm, 2000 rpm dan 3000 rpm untuk mengetahui nilai kosentrasi CO dan HC. Berdasarkan dari hasil pengujian didapat bahwa penggunaan sistem pengapian TCI menghasilkan penurunan kosentrasi paling rendah yaitu pada putaran mesin 3000 rpm dengan kadar CO 1,43% dan HC 115 ppm.
Kata Kunci : Contact point, TCI, Full transistor, Emisi Gas Buang
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2022 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |