Hubungan Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Lia Rizqi Khoiruliza, Mokhamad Arifin, Benny Arief Sulistyan
Kata Kunci   :Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien
Kinerja perawat mempunyai kedudukan penting dalam menghasilkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga kinerja perawat sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan bersifat deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat pelaksana dan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD Kabupaten Pekalongan. Pengambilan sampel pada perawat dengan total sampling sedangkan pada pasien dengan accidental sampling. Jumlah sampel perawat 71 responden dan pasien 50 responden. Analisa univariat didapatkan hasil kinerja perawat sangat baik 32 (45,1 %), kinerja perawat baik 39 (54,9 %), kepuasan pasien sangat puas 21 (42,0 %), kepuasan pasien puas 29 (58,0 %). Analisa bivariat dalam penelitian ini menggunakan chi square dengan p value 1,000 > α (0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan perawat mampu memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan standar asuhan keperawatan yang berlaku. Meskipun kinerja perawat tidak berhubungan dengan kepuasan pasien.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2013 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |